Machica Mochtar Ditanya soal Pekerjaan Mantan Suami, Benarkah Seorang Pejabat?
Machica Mochtar dan Chalid Mahmud. (Instagram/@machicamochtar70)
17:15
10 September 2024

Machica Mochtar Ditanya soal Pekerjaan Mantan Suami, Benarkah Seorang Pejabat?

Kehidupan seorang Machica Mochtar kembali terbongkar usai sang anak, Iqbal Ramadhan, diketahui menjadi korban kekerasan aparat pasca terlibat dalam demo di DPR RI pada 22 Agustus 2024 lalu.

Sosok Iqbal yang dikenal rekan-rekannya sebagai seorang aktivis pun baru terbongkar identitasnya sebagai putra dari penyanyi lawas Machica Mochtar dan mantan Mensesneg era Presiden Soeharto, Moerdiono.

Machica pun baru menampakkan diri untuk menjemput sang anak di Polda Metro Jaya. Pasca viralnya sosok Iqbal Ramadhan, kini kehidupan sang ibu pun ikut menjadi sorotan. Iqbal dan Machica beberapa kali diundang di podcast dan bercerita soal pejuangan hidup mereka.

Machica sempat menyebut bahwa setelah bercerai dari Moerdiono atas pernikahan sirinya di tahun 1998 lalu. Ia juga sudah menikah lagi dengan pria keturunan Pakistan bernama Chalid Mahmud. Lalu, siapa sosok Chalid Mahmud sebenarnya?

Baca Juga: Menjadi Ibu Tunggal, Machica Mochtar Protektif terhadap Pergaulan Iqbal Ramadhan: Itu yang Terbaik

Kolase Machica Mochtar, Moerdiono dan Chalid Mahmud (Instagram/@machicamochtar70)Kolase Machica Mochtar, Moerdiono dan Chalid Mahmud (Instagram/@machicamochtar70)

Kehidupan Machica Mochtar mulai diketahui publik usai dirinya berseteru dengan mantan suami pertamanya, mendiang Moerdiono yang sempat tidak mengakui Iqbal Ramadhan sebagai putra kandungnya.

Machica memperjuangkan hak sang anak untuk diakui oleh ayahnya. Ia bahkan sempat melapor ke KPAI dan mengajukan uji materi ke Mahkamah Konstitusi (MK) demi mendapatkan status resmi sang anak.

Namun hingga akhir hayatnya, Moerdiono pun tak kunjung mengakui Iqbal sebagai putranya.

Di tengah perjuangannya demi sang putra mendapatkan status sebagai anak kandung Moerdiono, Machica sempat menikah dengan pria asal Pakistan bernama Chalid Mahmud. Suami baru Machica Mochtar saat itu diceritakan sebagai sosok yang taat agama.

"Dia (Chalid) maunya rumahtangga Sakinah Mawaddah, Warahmah. Dia maunya saya harus pake hijab, sementara saya gak mau berhijab kalau bukan dari hati saya," ungkap Machica di sebuah wawancara di acara "Cerita Hati" milik Kompas TV pada tahun 2016 silam.

Baca Juga: Sama-sama Dinikahi Moerdiono, Sumber Kekayaan Poppy Dharsono Vs Machica Mochtar Kontras

Kehidupan rumahtangga Machica Mochtar dan Chalid Mahmud berjalan bahagia selama 13 tahun. Tapi di tahun 2015 saat rumahtangganya memasuki usia 14 tahun, Machica mengajukan gugatan cerai.

Machica mengaku bahwa faktor ekonomi tidak pernah menjadi masalah di rumahnya. Ia mengaku sang suami memiliki pekerjaan tetap. Ustaz Wijayanto sempat mengira kalau Machica Mochtar menikah dengan pejabat lagi. Benarkah?

"Suami pejabat juga?" tanya Ustaz Wijayanto kepada Machica Mochtar masih dalam acara "Cerita Hati".

"Bukan," jawab Machica Mochtar.

Namun sejauh ini belum diketahui secara pasti apa pekerjaan Chalid Mahmud. Ia hanya disebutkan sebagai pria keturunan Pakistan  yang menjadi Warga Negara Indonesia setelah menikah dengan Machica Mochtar.

Machica sendiri mengungkapkan bahwa perbedaan prinsip menjadi dasar dirinya bercerai dengan Chalid Mahmud. Namun setelah 1 tahun bercerai, Machica dan Chalid sempat memutuskan untuk rujuk. 

Setelah 3 tahun rujuk, di tahun 2019 Machica kembali mengajukan gugatan cerai dan memutuskan untuk menjadi single parent hingga saat ini.

Kontributor : Dea Nabila

Editor: Nur Khotimah

Tag:  #machica #mochtar #ditanya #soal #pekerjaan #mantan #suami #benarkah #seorang #pejabat

KOMENTAR