7 Makanan Kaya Nutrisi Bantu Redakan Gejala Depresi
ilustrasi depresi. [freepik.com/mrmohock]
15:56
9 September 2024

7 Makanan Kaya Nutrisi Bantu Redakan Gejala Depresi

Depresi adalah gangguan kesehatan mental yang mempengaruhi suasana hati, perasaan, dan kemampuan seseorang untuk beraktivitas sehari-hari.

Sebuah studi pada tahun 2017 yang dipublikasikan di BMC Medicine menemukan bahwa gejala depresi sedang hingga berat membaik pada individu yang mengikuti sesi konseling gizi dan mengonsumsi makanan sehat selama 12 minggu.

Selain terapi psikologis dan aktivitas fisik, mengonsumsi makanan kaya nutrisi seperti selenium, vitamin D, dan antioksidan dapat membantu meningkatkan kesehatan mental.

Berikut beberapa makanan kaya nutrisi dapat membantu meningkatkan kesehatan mental, seperti:

1. Ikan

Sumber asam lemak omega-3, ikan seperti salmon dan tuna dapat mendukung fungsi otak dan menurunkan risiko depresi.

2. Sayuran Hijau

Bayam, kangkung, dan brokoli kaya antioksidan dan dapat membantu mengurangi stres serta peradangan di otak.

3. Wortel

Wortel kaya akan beta-karoten, zat gizi yang telah dikaitkan dengan tingkat depresi yang lebih rendah. Melansir WebMD, beberapa penelitian menunjukkan bahwa asupan beta-karoten yang cukup dapat membantu mengurangi gejala depresi dan meningkatkan kesehatan mental secara keseluruhan.

4. Buah-Buahan Beri

Buah beri seperti stroberi, blueberry, dan raspberry adalah sumber serat dan nutrisi yang membantu menjaga keseimbangan mikroba di usus.

Keseimbangan mikroba ini berdampak pada respons tubuh terhadap stres, regulasi neurotransmitter seperti serotonin, dan pengurangan peradangan serta stres oksidatif, yang semuanya dapat berkontribusi pada penurunan gejala kecemasan dan depresi.

5. Dark Chocolate

Cokelat hitam atau dark chocolate dapat membantu meningkatkan mood. Cokelat ini kaya akan antioksidan polifenol yang mendukung fungsi otak dengan mengurangi peradangan saraf dan meningkatkan neurogenesis (proses pembentukan neuron baru), yang dapat membantu meredakan kecemasan dan depresi. Selain itu, rasa cokelat hitam yang enak juga dapat memberikan efek positif pada suasana hati.

6. Makanan Fermentasi

Makanan fermentasi seperti yogurt, kimchi, tempe, miso, dan kombucha mengandung probiotik yang baik untuk kesehatan usus. Probiotik ini membantu produksi neurotransmitter yang mendukung suasana hati yang positif, seperti serotonin. Dengan menjaga kesehatan bakteri baik di usus, makanan fermentasi juga dapat membantu melawan gejala depresi.

7. Kunyit

Kunyit mengandung bahan aktif bernama curcumin yang memiliki sifat antiinflamasi dan antioksidan kuat. Studi yang diterbitkan dalam Journal of American Medical Directors Association menunjukkan bahwa curcumin efektif dalam mengurangi gejala depresi. Kunyit dapat dengan mudah ditambahkan ke dalam makanan sehari-hari seperti sup, kari, atau smoothie.

Editor: Suhardiman

Tag:  #makanan #kaya #nutrisi #bantu #redakan #gejala #depresi

KOMENTAR