Suka Mendengarkan Musik? Berikut 4 Cara untuk Merawat Speaker Bluetooth Anda Agar Tidak Cepat Rusak
Ilustrasi orang mendengarkan musik. (The New Times)
23:24
7 September 2024

Suka Mendengarkan Musik? Berikut 4 Cara untuk Merawat Speaker Bluetooth Anda Agar Tidak Cepat Rusak

 

 Mendengarkan musik merupakan cara bagi beberapa orang untuk memperbaiki suasana hati. Kegiatan tersebut juga dilakukan ketika sedang menjalani aktivitas yang padat. 

Cara tiap orang berbeda saat mendengarkan musik. Ada yang langsung memasangnya lewat handphone atau laptop. Bahkan, orang menggunakan speaker agar mereka lebih bersemangat. 

Speaker bluetooth juga banyak digunakan  karena mudah dibawa ke mana saja. Hal tersebut juga bisa membuat speaker anda beresiko untuk cepat rusak.

Berikut adalah tips untuk merawat speaker bluetooth anda, sebagaimana dilansir dari Jete. 

  1. Bersihkan jika terkena debu

Jika anda sering membawa speaker bluetooth ke ruang terbuka, pastikan untuk sering membersihkannya. Penting melakukan hal tersebut karena debu dan kotoran dapat menyumbat saringan suara di dalamnya. 

Untuk melakukannya, cukup gunakan kain mikrofiber agar tidak merusak komponen pada perangkat. Setelah itu, keringkan speaker sebelum digunakan. 

  1. Hindarkan dari segala jenis air

Speaker bluetooth merupakan barang elektronik yang jika terkena cairan seperti air minum akan menimbulkan risiko kerusakan. Untuk menghindari hal tersebut, pastikan untuk meletakkan speaker di tempat yang aman. 

  1. Jangan dipakai jika masih mengisi daya baterai

Selalu pastikan speaker bluetooth anda telah terisi penuh daya baterainya. Jangan biasakan untuk mengisi daya baterai sembari menggunakan speaker bluetooth.  

Bila sudah terisi penuh, jangan lupa untuk mencabutnya agar listrik tidak boros. Selain itu, hindarkan speaker dari paparan sinar matahari langsung karena akan menurunkan kualitas audio dan membuat speaker anda cepat rusak. 

  1. Hindari tempat lembab

Ada orang yang senang mendengarkan musik saat mandi dan membawa speaker bluetooth ke kamar mandi. Tempat lembab seperti itu justru malah membuat kualitas audio menjadi cepat turun. 

Disarankan untuk menggunakan alas kain untuk speaker. Atau anda bisa membeli speaker bluetooth yang tahan air. 

Editor: Bayu Putra

Tag:  #suka #mendengarkan #musik #berikut #cara #untuk #merawat #speaker #bluetooth #anda #agar #tidak #cepat #rusak

KOMENTAR