Kunci Sukses Jadi Konten Kreator, Panduan Lengkap untuk Pemula
Ilustrasi konten kreator [Envato]
12:12
21 Agustus 2024

Kunci Sukses Jadi Konten Kreator, Panduan Lengkap untuk Pemula

Di era digital yang semakin maju, profesi sebagai konten kreator semakin diminati. Tidak hanya kalangan muda, namun juga orang-orang dari berbagai usia dan latar belakang tertarik untuk terjun ke dunia ini.

Ingin menjadi konten kreator yang sukses dan memiliki banyak pengikut? Dunia konten kreator memang menjanjikan, namun juga penuh persaingan. Untuk bisa menonjol, kamu perlu memiliki strategi yang tepat. Ini dia beberapa tips yang dapat membantu para pemula untuk memulai perjalanan mereka sebagai seorang kontent kreator, seperti diberikan oleh Wynne Armeline, anak muda usia 22 tahun asal Jakarta yang berhasil meraih impiannya sejak menjadi konten kreator di Shopee Video:

1. Pentingnya selalu konsisten dalam membuat konten kreatif

Kesuksesan seorang konten kreator tentunya didasari oleh konsistensi dan kemauan untuk selalu berinovasi. Tidak hanya menentukan tipe konten yang disukai, tapi juga mempelajari konten apa saja yang dicari dan disukai oleh audiens kita. Selain itu, tentukan jadwal posting video secara rutin, dan pastinya sesuaikan juga dengan kesibukan kamu yang lain.

Baca Juga: Siapa Kak Gem yang Viral di TikTok, Konten Kreator dengan Jargon "Paham"

“Konsistensi itu adalah hal terpenting yang harus selalu kamu jaga dalam dunia konten. Jangan sampai kamu kehilangan atensi dari audiens karena jarang posting. Usahakan upload konten secara rutin, dan kalau bisa setiap hari lebih baik lagi," kata Wynne yang sudah posting ratusan video sejak 2022.

Wynne mengakui bahwa respon audiens akan berbeda-beda, ada video yang viewersnya sangat tinggi, tapi ada juga yang rendah. Tapi kuncinya adalah terus rajin upload video, sambil terus belajar dan berinovasi mencari konten yang tepat, baik bagi diri sendiri maupun followers.

2. Aktif menggali informasi dan update dengan tren terbaru

Setelah beberapa tahun jadi content creator, Wynne akhirnya sudah menemukan formula konten yang disukai oleh audiens-nya. Menurutnya, seorang konten kreator harus selalu update dan rajin mencari ide-ide baru dan tren saat ini, sehingga konten yang disajikan bisa menarik buat audiens.
"Semakin kamu ngerti apa yang audiens kamu sukai, semakin mudah bagi kamu untuk membuat rencana konten yang akan membuat mereka betah menonton, mengikuti, dan ikut membeli produk yang kamu rekomendasikan. Jadi, rajin lihat komentar, berinteraksi dan mendengarkan saran dari followers-mu, ya!,” saran Wynne.

3. Pastikan video yang dihasilkan memiliki kualitas yang baik

Baca Juga: Konten Kreator DA Raup Rp 100 Juta Hanya Dalam Kurun Waktu 2 Hari, Intip Caranya

Dalam membuat setiap konten video, pastikan yang kamu buat memiliki kualitas terbaik, mulai dari segi visual, audio, maupun informasi yang disampaikan. Selain itu, jangan takut untuk terus mengeksplorasi kreativitasmu dengan mencoba format konten baru, gaya pengambilan gambar yang berbeda, atau konsep yang belum pernah kamu coba sebelumnya.

“Buat konten dengan kualitas video yang baik, dimana isi review yang kamu berikan harus lengkap dan bahasannya pun detail. Produk yang ditampilkan juga harus terlihat jelas dengan resolusi gambar yang bagus. Pastikan pilihan tulisan bisa terbaca dengan mudah, suara atau VO pastikan ceria biar video jadi lebih menarik, serta pilihlah lagu yang sesuai," tutup Wynne.

Bagaimana, kamu tertarik menjadi konten kreator yang sukses? Silakan diikuti tips dari Wynne di atas, ya.

Editor: Vania Rossa

Tag:  #kunci #sukses #jadi #konten #kreator #panduan #lengkap #untuk #pemula

KOMENTAR