Hamas Tolak Usulan AS Terkait Gencatan Senjata, Usulan AS Lebih Mengakomodasi Tuntutan Netanyahu
Seorang petempur Hamas, membawa panji kebesaran gerakan tersebut. 
08:10
19 Agustus 2024

Hamas Tolak Usulan AS Terkait Gencatan Senjata, Usulan AS Lebih Mengakomodasi Tuntutan Netanyahu

Hamas pada hari Minggu menolak usulan terbaru AS untuk gencatan senjata dan kesepakatan penyanderaan di Gaza , dan menyalahkan Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu karena mengubah tujuan dan AS karena menuruti perintahnya.

Gedung Putih mengklaim kemajuan signifikan telah dicapai selama pembicaraan di Doha selama beberapa hari terakhir.

Penolakan terhadap proposal baru, yang disampaikan kepada para pihak pada hari Jumat, membuat tujuan Presiden Biden untuk mendapatkan kesepakatan minggu ini hampir mustahil.

Kebuntuan dalam negosiasi juga akan meningkatkan kemungkinan serangan Iran dan Hizbullah terhadap Israel.

Baik Teheran maupun Hizbullah telah bersumpah untuk membalas dendam atas pembunuhan Israel di Beirut dan Teheran, tetapi sejauh ini mereka menahan diri.

"Setelah diberi pengarahan oleh para mediator tentang apa yang terjadi pada putaran terakhir perundingan di Doha, kami sekali lagi sampai pada kesimpulan bahwa Netanyahu masih berupaya menghalangi tercapainya kesepakatan, dan menetapkan persyaratan serta tuntutan baru dengan tujuan melemahkan upaya para mediator dan memperpanjang perang," kata Hamas.

Hamas mengatakan usulan baru AS "sejalan dengan" tuntutan Netanyahu.

Lebih khusus lagi, Hamas keberatan dengan fakta bahwa proposal tersebut tidak mencakup gencatan senjata permanen atau penarikan menyeluruh Israel dari Jalur Gaza.

Hal ini juga tidak akan mengizinkan pergerakan bebas warga sipil dari Gaza selatan ke utara karena hal ini mendukung tuntutan Netanyahu untuk mengendalikan "Koridor Netzarim."

Usulan itu juga akan memberikan Israel kendali atas Penyeberangan Rafah dan Koridor Philadelphia di sepanjang perbatasan Mesir-Gaza, seperti yang dituntut Netanyahu, menurut pernyataan Hamas.

Hamas mengatakan Netanyahu juga membatalkan konsesi sebelumnya dan menetapkan persyaratan baru dalam proses pertukaran tahanan.

"Semua ini menghalangi penyelesaian kesepakatan pertukaran," kata Hamas.

Jumlah korban tewas Palestina dalam perang telah melampaui 40.000, menurut Kementerian Kesehatan di Gaza yang dikuasai Hamas.

1.600 warga Israel telah terbunuh sejak 7 Oktober dan 115 sandera masih disandera di Gaza.

Biden mengatakan kepada wartawan pada hari Minggu setelah Hamas merilis pernyataannya bahwa pembicaraan penyanderaan dan gencatan senjata di Gaza masih berlangsung. "Kami tidak menyerah. Itu masih mungkin," kata Biden.

Israel Berusaha untuk Membatalkan Perundingan

Hamas Ungkap Rincian Proposal Baru AS untuk Gencatan Senjata, Kurangi IDF di Koridor Philadelphia

Hamas telah menyatakan bahwa Israel berusaha untuk membatalkan perundingan dan menggunakannya untuk memberikan perlindungan bagi tentaranya.

Sumber-sumber di gerakan Hamas mengungkapkan rincian proposal terbaru AS untuk gencatan senjata di Gaza antara gerakan perlawanan Palestina dan Israel, surat kabar Al-Sharq melaporkan pada 18 Agustus.

Sumber resmi dalam gerakan tersebut mengatakan kepada Al-Sharq bahwa usulan AS termasuk mengurangi kehadiran tentara Israel di wilayah strategis perbatasan Gaza-Mesir yang dikenal sebagai Koridor Philadelphia tetapi bukan penarikan penuh tentara Israel.

Usulan tersebut juga mencakup pengembalian pengelolaan penyeberangan Rafah kepada Otoritas Palestina (PA) di bawah pengawasan Israel.

Sumber itu menambahkan bahwa usulan AS juga mencakup mengizinkan Israel untuk memantau pengungsi Palestina di Koridor Netzarim saat mereka kembali ke utara Gaza.

Usulan Washington juga mencakup deportasi ke luar Palestina sejumlah besar tahanan Palestina yang akan dibebaskan oleh Israel dalam perjanjian pertukaran, menurut sumber di gerakan Hamas.

Sumber tersebut juga menunjukkan bahwa usulan tersebut memberi Israel hak untuk menolak pembebasan setidaknya 100 tahanan Palestina yang sekarang ditahan di penjara-penjara Israel dengan imbalan sisa tawanan Israel yang ditahan oleh Hamas.

Proposal AS juga menyatakan bahwa “gencatan senjata permanen akan dibahas pada tahap kedua dalam batas tertentu, dan jika Hamas tidak menyetujui tuntutan Israel, tentara akan kembali berperang dan melakukan operasi militernya,” menurut proposal tersebut. sumbernya.

Dia menjelaskan bahwa berdasarkan proposal tersebut, kesepakatan mengenai rekonstruksi Gaza dan pencabutan blokade selama 17 tahun di wilayah kantong tersebut akan dibahas hanya setelah penerapan tahap pertama kesepakatan tersebut.

Usulan AS ini muncul ketika Israel terus melakukan pembantaian rutin terhadap perempuan dan anak-anak di Gaza dan di tengah laporan bahwa Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu berusaha menyabotase kemungkinan kesepakatan gencatan senjata.

Dokumen yang dikutip oleh New York Times (NYT) pada 13 Agustus menegaskan bahwa Netanyahu terus menambahkan persyaratan baru pada tuntutan Israel setiap kali kesepakatan gencatan senjata hampir tercapai.

Dokumen yang tidak dipublikasikan menunjukkan bahwa Israel menyampaikan daftar ketentuan baru pada akhir Juli kepada mediator Amerika, Mesir, dan Qatar yang menambahkan persyaratan yang kurang fleksibel pada serangkaian prinsip yang telah dibuat pada akhir Mei, lapor NYT.

Ia menambahkan bahwa dokumen-dokumen tersebut memperjelas bahwa manuver di belakang layar yang dilakukan oleh pemerintahan Netanyahu sangatlah luas.”

Hamas menyatakan bahwa Netanyahu terus menunda perjanjian gencatan senjata untuk memberi tentara Israel lebih banyak waktu untuk membunuh warga Palestina dan menghancurkan rumah dan infrastruktur di Gaza.

Gerakan perlawanan menyerukan dalam sebuah pernyataan pada 12 Agustus agar para mediator mendorong Israel agar menerima proposal yang telah disetujui pada awal Juli, yang merupakan versi terbaru dari proposal Biden pada bulan Mei.

“Kami menuntut para mediator menyampaikan rencana untuk menerapkan apa yang mereka sampaikan kepada gerakan tersebut dan kami sepakati pada tanggal 2 Juli 2024, berdasarkan visi Biden dan resolusi Dewan Keamanan, dan mewajibkan pendudukan untuk melakukan hal tersebut, alih-alih bertindak lebih jauh. putaran perundingan atau proposal baru yang menutupi agresi pendudukan dan memberikan lebih banyak waktu untuk melanggengkan perang genosida terhadap rakyat kami,” kata Hamas pada 11 Agustus.

Minggu ini, jumlah warga Palestina yang dibunuh oleh Israel di Gaza melebihi 40.000, menurut kementerian kesehatan. Jumlah tersebut mungkin jauh lebih tinggi karena kematian tidak langsung akibat kehancuran infrastruktur kesehatan dan sanitasi di Gaza dan karena orang-orang yang masih hilang, terkubur di bawah reruntuhan bangunan dan rumah yang dihancurkan oleh bom Israel.

SUMBER: AXIOS, THE CRADLE

Tag:  #hamas #tolak #usulan #terkait #gencatan #senjata #usulan #lebih #mengakomodasi #tuntutan #netanyahu

KOMENTAR