Amerika Siapkan Rudal AIM-174B Penghancur Jet AU Tiongkok, Antisipasi Perang di Laut China Selatan
Militer Amerika Serikat telah mengembangkan rudal udara ke udara (Air to air missile) terbaru dengan jarak jangkau hingga 400 Km. 
15:20
17 Agustus 2024

Amerika Siapkan Rudal AIM-174B Penghancur Jet AU Tiongkok, Antisipasi Perang di Laut China Selatan

Amerika Serikat telah mengembangkan rudal udara ke udara (Air to air missile) terbaru dengan jarak jangkau hingga 400 Km.

Hal ini dilakukan Amerika mengantisipasi ketegangan di Indo-Pasifik dengan China yang juga terus menggenjot kemampuan militernya.

Kehadiran rudal AIM-174B nantinya diharapkan memberikan militer AS dan sekutunya keunggulan kompetitif atas militer China.

Dalam tulisannya, Sakshi Tiwari, analis pertahanan dari India menjelaskan, pada pertempuran modern, kemampuan untuk melakukan serangan jarak jauh menjadi sangat penting secara strategis.

"Terutama ketika musuh Anda adalah China yang membanggakan jaringan Anti Access/Area Denial (A2/AD) yang canggih di sepanjang garis pantainya, yang mengklaim wilayah udaranya hampir tidak dapat ditembus," tulisnya di Eurasian Times.

Ia menyebut, dengan semakin banyaknya negara di kawasan Indo-Pasifik yang memperoleh kemampuan serangan jarak jauh, tampaknya kawasan tersebut berada di titik puncak peperangan rudal baru.

Misalnya, sekutu utama AS di Indo-Pasifik, termasuk Jepang dan Australia, telah memperoleh rudal jarak jauh Tomahawk dan SM-6 dari AS. Korea Selatan juga telah mendapat persetujuan untuk membeli SM-6.

Selain dua rudal permukaan dan laut yang telah mengguncang Tiongkok, Amerika Serikat baru-baru ini memperkenalkan rudal udara-ke-udara jarak jauh, AIM-174B, yang dengan cepat menarik perhatian di kawasan Indo-Pasifik.

AIM-174B, yang secara resmi diakui pada bulan Juli 2024, adalah rudal jarak terjauh yang pernah digunakan oleh Amerika Serikat.

Analis berpendapat bahwa pengenalan rudal udara-ke-udara jarak jauh yang canggih oleh Angkatan Laut Amerika Serikat di Indo-Pasifik berpotensi menetralisir dominasi udara China.

Perkembangan ini merupakan bagian dari peningkatan fokus pada proyeksi kekuatan sebagai respons terhadap meningkatnya ketegangan regional, seperti yang baru-baru ini dirinci dalam laporan Reuters yang komprehensif.

Pada tanggal 2 Juli 2024, dua rudal AIM-174B — versi peluncuran udara dari rudal SM-6 — yang dibawa oleh F/A-18E Super Hornet dari VFA-192 “Golden Dragons” di kapal induk USS Carl Vinson difoto saat pesawat itu meluncur di Pangkalan Gabungan Pearl Harbor-Hickam, Hawaii.

Sebutan AIM-174B pada rudal tersebut menunjukkan bahwa rudal tersebut adalah rudal udara-ke-udara dengan jangkauan yang sangat jauh.

Efektivitas tempur Angkatan Laut AS akan ditingkatkan melalui penggabungan varian rudal yang diluncurkan dari udara dengan pesawat Super Hornet-nya.

Saat diluncurkan dari ketinggian, rudal ini diklaim mampu menghancurkan kapal dan mencegat rudal balistik yang datang dari jarak yang sebanding dengan pesawat musuh yang terletak ratusan mil jauhnya.

"Yang lebih penting, AS membutuhkan rudal yang dapat mengungguli rudal jarak jauh PL-15 milik China, dan kini AS telah memilikinya," kata Tiwari.

Cara China menggerus keunggulan AS

Meningkatnya ketegangan di setidaknya dua titik panas penting di Indo-Pasifik—Laut China Selatan dan Selat Taiwan—telah meningkatkan kemungkinan konflik antara Amerika Serikat dan China.

Akibatnya, kedua belah pihak telah bersiap untuk kemungkinan pertempuran atau setidaknya pertikaian bersenjata terbatas.

Bagi Amerika Serikat, ancaman udara utama Tiongkok adalah rudal udara-ke-udara jarak jauh PL-15 miliknya, yang diklaim memiliki jangkauan 200 hingga 300 kilometer.

Keberadaan rudal PL-15 diakui atau tidak, telah mengubah keseimbangan kekuatan yang merugikan AS.

Sebelumnya, pesawat siluman generasi kelima milik USAF, F-22 Raptor, dan F-35 Lightning II membuat rudal seperti AIM-120 cukup untuk beberapa tahun, mengingat AIM-120 memiliki jangkauan efektif sekitar 150 kilometer.

Selain itu, militer AS berfokus pada peningkatan AMRAAM (Rudal Udara-ke-Udara Jarak Menengah Canggih AIM-120), yang sangat meningkatkan kinerjanya selama bertahun-tahun, sebagaimana dicatat oleh Justin Bronk, pakar kekuatan udara dan teknologi di Royal United Services Institute London, dalam sebuah pernyataan kepada Reuters.

Pesawat siluman yang dilengkapi dengan AIM-120 memiliki keuntungan strategis untuk melancarkan serangan pertama—hingga beberapa tahun yang lalu.

Dominasi Amerika yang mapan ini ditantang dengan diperkenalkannya pesawat tempur siluman J-20 Mighty Dragon milik Tiongkok, sebagaimana disoroti oleh Kelly Grieco, seorang peneliti senior di Stimson Center.

Lebih buruk lagi, pesawat tempur ini dilengkapi dengan rudal jarak jauh PL-15.

Dengan pesawat siluman J-20 yang dilengkapi rudal jarak jauh PL-15, seorang pilot pesawat tempur China mungkin dapat mengidentifikasi pesawat AS yang tidak memiliki kemampuan siluman dan menembak jatuh pesawat tersebut jauh melampaui kemampuan mereka untuk membalas.

Lebih jauh lagi, hal itu dapat memaksa pesawat siluman Amerika untuk beroperasi pada jarak yang sangat dekat untuk meluncurkan rudal mereka secara efektif, yang menimbulkan risiko yang signifikan mengingat kemahiran militer Tiongkok dengan sistem pertahanan udara yang canggih.

"Jika pesawat tempur China dapat mengungguli pesawat tempur Amerika, itu berarti mereka dapat memperoleh tembakan pertama," kata Kelly Grieco. "Sulit untuk berlari lebih cepat dari sesuatu yang melaju dengan kecepatan Mach 4."

China dikabarkan telah memproduksi dan mengerahkan sedikitnya 200 jet tempur J-20, yang dilengkapi dengan sejumlah rudal PL-15 baik yang masih ada maupun yang sudah terintegrasi ke dalam pesawat.

Sementara itu, AS tengah berupaya mengembangkan rudal jarak jauh yang sangat rahasia: Rudal Taktis Lanjutan Gabungan AIM-260 (JATM).

Meskipun rudal tersebut pertama kali diumumkan pada tahun 2019, rudal tersebut belum memasuki tahap produksi massal, dan peluncurannya masih jauh dari harapan.

Di sinilah AIM-174B, varian peluncur udara dari SM-6 yang populer, muncul dan mengubah permainan bagi Amerika Serikat, yang terus berselisih dengan Tiongkok di Indo-Pasifik.

AIM-174B Mengungguli PL-15

Dalam pertempuran udara modern, keunggulan serangan pertama sering kali menentukan.

Oleh karena itu, AIM-174B dikembangkan untuk mengatasi masalah tersebut.

Dengan AIM-174B, Super Hornet akan memiliki senjata udara-ke-udara yang dapat menangkal berbagai macam ancaman udara yang berjarak ratusan mil.

Ini merupakan keunggulan utama dibandingkan AIM-120 AMRAAM, seperti yang dijelaskan sebelumnya dalam laporan EurAsian Times.

AIM-174B jauh lebih unggul dibandingkan PL-15 Tiongkok dengan jangkauan sekitar 400 kilometer.

Ini berarti bahwa pesawat tempur Amerika dapat dengan aman menyerang target Tiongkok yang "bernilai tinggi", seperti pesawat komando dan kendali, dan menjauhkan ancaman dari kapal induk jika terjadi konflik.

Selain itu, para ahli militer hampir dengan suara bulat menyoroti tiga keunggulan utama: tidak memerlukan jalur produksi baru, dapat terbang beberapa kali lebih jauh daripada rudal saat ini, AIM-120 AMRAAM, dan dapat digunakan dengan pesawat dari setidaknya satu sekutu, Australia.

Dengan ancaman konflik dengan China yang tidak pernah hilang dan produksi serta penyebaran rudal jarak jauh China yang cepat, induksi AIM-174B akan menjadi dorongan besar bagi kekuatan senjata AS.

Ini akan memungkinkan Angkatan Laut AS untuk menyerang pesawat musuh dan meluncurkan serangan berulang yang ditujukan untuk melumpuhkan sistem Anti Area/Access Denial (A2/AD) yang canggih.

"Yang terpenting, ini akan membantu menggagalkan serangan musuh. Platform peluncuran AIM-174B, yang akan diintegrasikan dengan F-35, Aegis, dan E-2D (pesawat peringatan dini udara taktis Amerika yang mampu beroperasi di kapal induk), akan meningkatkan jangkauan tempur Angkatan Laut untuk mencegat target terbang."

Ini akan dilakukan di bawah arsitektur Naval Integrated Fire Control-Counter Air (NIFC-CA). Angkatan Laut saat ini mencegat target angkatan laut menggunakan SM-6 dasar.

Karena SM-6 awalnya ditujukan untuk peran pertahanan udara yang diluncurkan dari kapal, jalur produksi sudah tersedia, menurut Raytheon.

Namun, pabrikan belum membocorkan informasi apa pun tentang berapa banyak SM-6 yang akan dikonversi ke standar AIM-174B, terutama karena mereka telah memesan SM-6 dari pelanggan asing.

China sudah berupaya menciptakan rudal yang diluncurkan dari udara dengan jangkauan yang melebihi PL-15.

Seperti yang dilaporkan sebelumnya oleh EurAsian Times, PL-17 memiliki jangkauan 400 kilometer, menjadikannya salah satu rudal udara-ke-udara dengan jangkauan terjauh di dunia. Rudal tersebut dipamerkan bersama dengan J-16 akhir tahun lalu.

Namun, para ahli penerbangan mengindikasikan bahwa mungkin perlu waktu sebelum PL-17 terintegrasi secara luas ke dalam jet tempur Angkatan Udara Tentara Pembebasan Rakyat Tiongkok

Untuk saat ini, AS mungkin telah berhasil mengubah keseimbangan demi keuntungannya dengan AIM-174B. AS dan sekutunya, Australia, mengoperasikan Super Hornet di wilayah tersebut.

Tag:  #amerika #siapkan #rudal #174b #penghancur #tiongkok #antisipasi #perang #laut #china #selatan

KOMENTAR