Perang Rusia-Ukraina Hari ke-905: Gegara Invasi Ukraina di Kursk, Rusia Gencar Cari Penggali Parit
Tangkapan layar dari satelit Maxar pada Kamis (15/8/2024), memperlihatkan foto Kursk pada tahun 2022 (foto kiri) dan penggalian parit (2024) yang dilakukan oleh Rusia (foto kanan) untuk membentengi wilayah Kursk setelah pasukan Ukraina berhasil masuk dan menduduki 74 permukiman. Berikut perang Rusia-Ukraina hari ke-905. 
09:50
16 Agustus 2024

Perang Rusia-Ukraina Hari ke-905: Gegara Invasi Ukraina di Kursk, Rusia Gencar Cari Penggali Parit

Berikut ini perkembangan terkini perang Rusia dan Ukraina hari ke-905 pada Jumat (16/8/2024).

Rusia melaporkan adanya serangan di daerah Sevastopol, Kerch, dan Jembatan Krimea pada pukul 05.00 waktu setempat.

Sebelumnya, pada pukul 01.00 dan 03.00 waktu setempat, Ukraina melaporkan serangan di Kyiv dan wilayah timur laut Ukraina, seperti diberitakan Telegraf.

Gara-gara Invasi Dadakan Ukraina di Kursk, Rusia Kelabakan Cari Penggali Parit

Rusia sedang gencar menyebar iklan, militernya membutuhkan penggali parit untuk membangun pertahanan di Kursk setelah invasi mendadak dari Ukraina.

Upah yang ditawarkan setara dengan US$2.500 sebulan atau lebih, menurut laporan BBC Rusia.

"Iklan tersebut menyerukan buruh dan pekerja umum tanpa pengalaman, tetapi juga operator ekskavator, dan menjanjikan pekerjaan akan berada di luar zona pertempuran dengan tanpa bahaya," lapor surat kabar itu, Jumat.

Institut untuk Studi Perang, mengutip citra satelit, mengatakan Rusia sedang terburu-buru mencoba untuk membentengi garis 10 mil (16km) dari garis depan Ukraina di Kursk.

PBB Minta Rusia Buka Koridor Kemanusiaan

Kantor hak asasi manusia PBB (UNHCR) meminta pemerintah Rusia untuk mengizinkannya mengunjungi wilayah Rusia yang terkena dampak kampanye lintas batas Ukraina.

"Sebelumnya, kami telah berulang kali meminta Rusia untuk membuka akses ke wilayah Rusia dan wilayah Ukraina di bawah kendali Rusia, tetapi tidak berhasil," kata Liz Throssell, juru bicara UNHCR, Kamis (15/8/2024).

Sebaliknya, Ukraina mengatakan akan membuka koridor kemanusiaan untuk mengevakuasi warga sipil menuju Rusia dan Ukraina, dan pejabat Ukraina telah menjanjikan akses bagi organisasi kemanusiaan internasional seperti Komite Internasional Palang Merah dan PBB.

Sementara itu, Agence France-Presse (AFP) mengatakan wartawannya melihat sekitar 500 pengungsi dari daerah perbatasan Rusia di Kursk, mengantre untuk mendapatkan makanan dan pakaian yang didistribusikan oleh Palang Merah Rusia.

Ukraina Bangun Kantor Militer di Kursk

Kolonel Jenderal Oleksandr Syrskyi, panglima tertinggi Ukraina, mengatakan Ukraina telah mendirikan kantor komandan militer di Kursk yang diduduki.

"Kami terus maju di wilayah Kursk. Sebuah kantor komandan militer telah dibentuk yang harus memastikan ketertiban dan juga semua kebutuhan penduduk setempat," kata Syrskyi.

Ia mengatakan kantor tersebut akan dipimpin oleh Mayor Jenderal Eduard Moskalyov.

Presiden Ukraina, Volodymyr Zelensky, mengumumkan pasukannya memiliki kendali penuh atas kota Sudzha di Rusia, yang memiliki populasi 5.000 orang sebelum perang dan berisi infrastruktur yang memompa gas Rusia ke Eropa, seperti diberitakan The Guardian.

Rusia Klaim Kuasai Ivanivka

Rusia mengklaim pasukannya telah menguasai Ivanivka, 16 km (10 mil) dari Pokrovsk pada Kamis.

Reuters tidak dapat memverifikasi klaim tersebut secara independen, tetapi mengatakan Ukraina telah melaporkan pertempuran terberat dalam beberapa minggu di dekat Pokrovsk.

Ukraina Tangkap Lebih dari 100 Tentara Rusia

Pasukan khusus Ukraina menangkap sekelompok lebih dari 100 tentara Rusia di Kursk, menurut laporan Dinas Keamanan Ukraina (SBU) pada Kamis.

"Pasukan Ukraina juga mengambil alih benteng perusahaan yang luas, beton dan dibentengi dengan baik, termasuk menangkap 102 prajurit dari Resimen Senapan Bermotor Pengawal ke-488 Rusia dan unit Akhmat," katanya.

Gambar-gambar menunjukkan lusinan prajurit Rusia duduk atau berbaring di tanah di bunker beton dengan helm dan senjata mereka ditumpuk di dekat dinding.

Para tahanan itu akan ditukar dengan tawanan perang Ukraina.

(Tribunnews.com/Yunita Rahmayanti)

Berita lain terkait Rusia dan Ukraina

Editor: Pravitri Retno W

Tag:  #perang #rusia #ukraina #hari #gegara #invasi #ukraina #kursk #rusia #gencar #cari #penggali #parit

KOMENTAR