Tanpa Disadari, Pasukan Rusia Diintai 30-an Makhluk Mirip Anjing di Medan Perang Donbass
Personel Ukraina mengoperasikan robot model BAD.2 buatan Brit Alliance, mirip anjing digunakan untuk memata-matai pasukan Rusia di garis depan Donbass 
17:40
14 Agustus 2024

Tanpa Disadari, Pasukan Rusia Diintai 30-an Makhluk Mirip Anjing di Medan Perang Donbass

Perang baterai di Ukraina terus memanfaatkan teknologi yang terus meningkat.

Setelah penggunaan drone yang kini semakin dibutuhkan baik untuk menyerang atau memata-matai oleh kedua belah pihak, kini ada satu jenis 'makhluk' baru yang digunakan oleh Ukraina.

Benda tersebut adalah anjing robot. Barang baru ini memang baru digunakan oleh pasukan Volodymyr Zelensky dalam peperangan di garis depan peperangan di timur Ukraina atau Donbass.

Benda yang bentuknya mirip anjing tersebut dinamakan model BAD.2. Dibuat oleh perusahaan pengembang asal Inggris, Brit Alliance.

Bos Brit Alliance, Kyle Thorburn mengatakan, BAD.2 dibuat untuk memata-matai musuh.

Sejatinya anjing robot ini adalah drone darat yang dilengkai dengan empat kaki untuk melangkah ke arah sasaran.

Benda ini berfungsi mengintai lingkungan sekitar, mendeteksi jebakan, dan melacak pergerakan orang Rusia.

"Mereka bergerak tanpa suara dengan kecepatan hingga 15 km/jam dalam radius 3,5 km selama maksimal lima jam," kata Thorburn kepada tabloid Jerman Bild dikuti dari Strana.

Kelebihan dari 'anjing' ini adalah dilengkapi kamuflase antipanas Jerman, yang membuatnya hampir tidak mungkin dideteksi.

Pasukan pertama yang menguji alat ini adalah pasukan dari brigade ke-28 Ukraina. Thorburn mengatakan, saat ini Ukraina telah mengoperasikan lebih dari 30 unit anjing robot di Donbass, dan pasukan Vladimir Putin belum menyadarinya.

Thorburn mengatakan pengoperasian anjing robot ini karena adanya kekhawatiran makin banyaknya korban di pihak Kiev akibat superiornya serangan drone pasukan Vladimir Putin.

Ia sempat membahas dengan sejumlah pihak untuk melakukan pengintaian yang lebih aman di wilayah berisiko tinggi.

"Hasilnya sangat mencengangkan. Anjing robot kami melakukan tugas pengintaian di garis depan, mengurangi risiko bagi prajurit manusia. Ini tidak hanya meningkatkan efektivitas perang, tetapi juga memperkuat moral tentara," kata Thorburn.

Menurutnya anjing robot yang bisa dibilang sebagai drone darat ini mampu melewati tempat yang tidak bisa dilakukan oleh pesawat nirawak udara. Misalnya, di dalam gedung atau parit Rusia.

Ia mengungkapkan robot-robot tersebut dibanderol antara 4.000 euro (Rp 68 juta) hingga 8.000 euro (Rp 137 juta) tergantung pada modifikasinya.

"Harga ini tidak ada apa-aanya dibandingkan dengan nyawa manusia," ujarnya.

Perang masih Sengit

Sementara itu media Russia, TASS dan media Ukraina Ukrinform mengabarkan peperangan masih sengit di wilayah Donbass.

Tass mengklaim dalam 24 jam pasukannya berhasil menewaskan 570 personel tentara Ukraina. Empat kendaraan tempur lapis baja, termasuk pengangkut personel lapis baja M113 buatan AS dan 13 kendaraan bermotor dihancurkan dalam 24 jam terakhir.

Tank Ukraina di garis depan peperangan di Donbass, Ukraina timur Tank Ukraina di garis depan peperangan di Donbass, Ukraina timur (Kementerian Pertahanan Ukraina)

Sementara Ukrinform memberitakan, sebanyak 121 pertempuran dengan pasukan invasi Rusia telah dilaporkan selama sehari terakhir.

Itu menurut Komando Khortytsia,musuh melancarkan 28 serangan udara terhadap posisi pasukan kami dan daerah berpenduduk menggunakan 28 bom luncur, serta 461 pesawat nirawak kamikaze.

"Selama sehari terakhir, musuh melancarkan 4.206 serangan artileri terhadap posisi kami di zona operasional timur," bunyi pernyataan itu.

Tag:  #tanpa #disadari #pasukan #rusia #diintai #makhluk #mirip #anjing #medan #perang #donbass

KOMENTAR