Anak-anak Hadapi Suhu Panas Ekstrem Dua Kali Lipat dari Suhu yang Dirasakan oleh Kakek-nenek Mereka
Foto Ilustrasi Suhu panas ekstrem 
12:30
14 Agustus 2024

Anak-anak Hadapi Suhu Panas Ekstrem Dua Kali Lipat dari Suhu yang Dirasakan oleh Kakek-nenek Mereka

Hampir setengah miliar anak-anak menghadapi hari-hari panas ekstrem dua kali lebih banyak setiap tahun atau lebih daripada yang dialami kakek-nenek mereka, kata PBB hari Selasa, memperingatkan konsekuensi yang mematikan.

Ketika perubahan iklim terus meningkatkan suhu secara global, satu dari lima anak, sekitar 466 juta anak tinggal di wilayah yang mengalami "setidaknya dua kali lipat jumlah hari yang sangat panas setiap tahun" dibandingkan dengan 60 tahun yang lalu, kata badan anak-anak PBB UNICEF.

"Tubuh anak-anak tidak seperti tubuh orang dewasa, mereka lebih rentan terhadap suhu panas ekstrem," kata kepala advokasi UNICEF, Lily Caprani kepada AFP, yang juga memperingatkan tentang bahaya bagi wanita hamil.

Selain itu, anak-anak kehilangan kesempatan pendidikan ketika sekolah terpaksa ditutup karena suhu tinggi -- yang telah memengaruhi sedikitnya 80 juta anak pada tahun 2024 sejauh ini.

UNICEF menggunakan hari-hari yang mencapai suhu 95 derajat Fahrenheit (35 derajat Celsius) sebagai patokannya, membandingkan suhu rata-rata pada periode 2020-2024 dengan tahun 1960-an.

Hari-hari yang panas seperti itu, dan juga cara untuk mengatasi suhu tinggi, seperti AC memengaruhi seluruh dunia, katanya.

Anak-anak di Afrika Barat dan Tengah merupakan yang paling rentan, dengan 123 juta anak, 39 persen dari anak-anak di wilayah tersebut menghadapi sepertiga tahunnya dengan hari-hari bersuhu 95 derajat atau lebih tinggi.

Di wilayah yang lebih tinggi, di Mali misalnya, di mana pendingin ruangan tidak terjangkau bagi jutaan orang dan pemadaman listrik dapat membuat kipas angin tidak menyala, lebih dari 200 hari dalam setahun suhunya bisa mencapai 95 derajat atau lebih tinggi.

Sementara itu, di Amerika Latin, 48 juta anak menghadapi jumlah hari bersuhu 95 derajat atau lebih dua kali lipat dibandingkan 60 tahun lalu.

Di seluruh dunia, “lintasan semakin memburuk bagi anak-anak ini,” kata Caprani.

Anak-anak “sangat rapuh dan mereka bernapas sangat cepat. Mereka bahkan tidak bisa berkeringat seperti orang dewasa. Mereka jauh lebih rentan terhadap tekanan panas dan itu bisa sangat mematikan,” tambahnya.

Suhu yang tinggi dapat menyebabkan kekurangan gizi pada anak dan membuat anak-anak lebih rentan terhadap penyakit, terutama malaria dan demam berdarah, yang menyebar di iklim hangat, UNICEF memperingatkan.

Panas yang berlebihan juga dapat berdampak negatif pada perkembangan saraf dan kesehatan mental.

UNICEF menyerukan peningkatan edukasi bagi para orang tua untuk mengetahui tanda-tanda serangan panas , pelatihan yang lebih baik bagi tenaga medis, dan investasi dalam pendingin ruangan di sekolah -- di mana, bahkan ketika kelas tidak diliburkan, pembelajaran dapat menjadi sulit karena kondisi panas.

Namun dorongan yang lebih besar tetap ada dalam mengendalikan perubahan iklim, yang disebabkan oleh penggunaan bahan bakar fosil oleh manusia.

"Saat ini pemerintah tengah menyusun rencana aksi iklim nasional, sehingga mereka dapat melakukannya dengan ambisi dan pengetahuan yang harus dimiliki anak-anak saat ini dan generasi mendatang untuk hidup di dunia yang mereka tinggalkan," kata kepala UNICEF Catherine Russell dalam sebuah pernyataan.

SUMBER: Al Arabiya

Tag:  #anak #anak #hadapi #suhu #panas #ekstrem #kali #lipat #dari #suhu #yang #dirasakan #oleh #kakek #nenek #mereka

KOMENTAR