Iran Kecam Negara-negara Eropa, 'Kami Tidak Perlu Izin untuk Balas Dendam Terhadap Israel'
Presiden terpilih Iran, Masoud Pezeshkian. 
22:00
13 Agustus 2024

Iran Kecam Negara-negara Eropa, 'Kami Tidak Perlu Izin untuk Balas Dendam Terhadap Israel'

Presiden Iran dan juru bicara Kementerian Luar Negeri menolak permintaan Inggris, Prancis, dan Jerman agar Iran tidak membalas dendam terhadap Israel atas pembunuhan pemimpin Hamas Ismail Haniyeh di Teheran.

Presiden Iran Masoud Pezeshkian mengatakan kepada Perdana Menteri Inggris Keir Starmer melalui panggilan telepon bahwa diamnya masyarakat internasional dalam menghadapi "kejahatan Israel yang belum pernah terjadi sebelumnya dan tidak manusiawi" di Gaza mendorong negara itu untuk terus melakukan kekejaman sambil mengancam perdamaian dan keamanan regional dan global, IRNA melaporkan pada 13 Agustus.

Pezeshkian menambahkan bahwa perang di bagian mana pun di dunia bukanlah kepentingan negara mana pun, seraya menekankan bahwa “respons hukuman terhadap agresor adalah hak hukum negara dan cara untuk menghentikan kejahatan dan agresi.”

Juru bicara Kementerian Luar Negeri Iran Nasser Kanaani mengeluarkan pesan serupa pada hari Selasa, mengatakan Republik Islam akan mempertahankan keamanan dan kedaulatan nasionalnya dan tidak meminta izin untuk menjalankan hak-haknya.

Kanaani membuat pernyataan itu sebagai tanggapan atas surat yang diterbitkan oleh Inggris, Prancis, dan Jerman, yang mendesak Iran untuk tidak membalas pembunuhan pemimpin politik Hamas Ismail Haniyeh di Teheran pada 1 Agustus.

Iran juga bertekad kuat untuk membantu membangun stabilitas permanen di kawasan dan menghilangkan penyebab utama terorisme dan ketidakamanan, kata Kanaani.

Juru bicara Kementerian Luar Negeri menambahkan bahwa ketiga negara Eropa tersebut bersikap acuh tak acuh terhadap “tindakan genosida dan kejahatan perang” Israel yang terus berlanjut terhadap warga Palestina yang tidak berdaya.

Kanaani mengkritik PBB dan Dewan Keamanannya karena gagal mencegah Israel melakukan kejahatan mengerikan di Gaza selama lebih dari 10 bulan.

Ia menyatakan bahwa permintaan negara-negara Eropa agar Iran tidak menanggapi pembunuhan pemimpin Hamas akan “mendorong para penjahat untuk melanjutkan pembantaian, genosida, dan kejahatan terhadap kemanusiaan.”

Juru bicara itu mengatakan jika negara-negara yang disebutkan itu benar-benar menginginkan perdamaian dan stabilitas di kawasan, mereka harus menentang Israel dan berusaha mengakhiri perang di Gaza serta pembunuhan terhadap anak-anak dan wanita.

AS dan Israel terus bersiap menghadapi serangan balasan Iran. Menteri Pertahanan AS Lloyd Austin memerintahkan kapal selam berpeluru kendali, USS Georgia, ke Asia Barat dan mempercepat kedatangan kelompok penyerang kapal induk ke wilayah tersebut, kata Pentagon pada hari Minggu.

Di tengah ketegangan, pembicaraan untuk gencatan senjata dan pertukaran tahanan antara Israel dan Hamas tetap dijadwalkan minggu ini.

Misi Iran di PBB mengatakan pihaknya berharap serangannya terhadap Israel “akan dilakukan tepat waktu dan dengan cara yang tidak merugikan potensi gencatan senjata.”

“Saluran resmi langsung dan perantara untuk bertukar pesan selalu ada antara Iran dan Amerika Serikat, yang rinciannya tidak ingin diungkapkan kedua belah pihak,” tambahnya.

SUMBER: Al Arabiya

Tag:  #iran #kecam #negara #negara #eropa #kami #tidak #perlu #izin #untuk #balas #dendam #terhadap #israel

KOMENTAR