Menteri Ben-Gvir Jadi Sasaran Kemarahan karena Desakannya Agar Orang Yahudi Berdoa di Masjid Al-Aqsa
Menteri Keamanan Nasional Israel, Itamar Ben-Gvir saat datang Masjid Al-Aqsa. Foto diambil pada hari Selasa (3/1/2023). 
21:50
13 Agustus 2024

Menteri Ben-Gvir Jadi Sasaran Kemarahan karena Desakannya Agar Orang Yahudi Berdoa di Masjid Al-Aqsa

Tokoh garis keras Israel Itamar Ben-Gvir mengatakan pada hari Selasa bahwa orang Yahudi harus diizinkan untuk berdoa di kompleks Masjid Al-Aqsa, yang dikenal oleh orang Yahudi sebagai Temple Mount, yang memicu tantangan baru terhadap peraturan yang mencakup salah satu situs paling sensitif di Timur Tengah.

Perdana Menteri Benjamin Netanyahu dengan cepat membantah akan ada perubahan pada peraturan yang melarang orang Yahudi untuk berdoa di situs tersebut, yang merupakan tempat suci bagi umat Muslim dan Yahudi, dan menegur Ben-Gvir, menteri keamanan nasional.

"Tidak ada kebijakan pribadi dari menteri mana pun di Temple Mount - baik Menteri Keamanan Nasional maupun menteri lainnya," kata kantor Netanyahu dalam sebuah pernyataan, yang dikeluarkan sehari setelah perdana menteri mengeluarkan teguran terpisah kepada Menteri Pertahanan Yoav Gallant atas perbedaan kebijakan.

Pernyataan tersebut, selama kunjungan ke kompleks tersebut untuk menandai hari berkabung bagi orang Yahudi atas penghancuran kuil-kuil kuno, muncul pada saat yang sangat sensitif, dengan perang di Gaza yang berisiko meningkat menjadi konflik yang lebih luas, yang berpotensi melibatkan Iran dan proksi regionalnya.

Kompleks Al-Aqsa, yang dihormati oleh orang Yahudi sebagai peninggalan dari dua kuil kuno mereka, dikelola oleh yayasan keagamaan Yordania dan berdasarkan peraturan yang berlaku selama beberapa dekade, orang Yahudi diizinkan untuk berkunjung, tetapi tidak boleh berdoa di sana.

“Kebijakan kami adalah mengizinkan doa,” kata Ben-Gvir saat ia melewati barisan pengunjung Yahudi yang bersujud di tanah, sementara yang lain bernyanyi dan bertepuk tangan untuk merayakannya. Waqf, yayasan yang mengelola situs tersebut, mengatakan sekitar 2.250 orang Yahudi memasuki situs tersebut pada hari Selasa.

Juru bicara Presiden Palestina Mahmoud Abbas mengecam kunjungan Ben-Gvir sebagai “provokasi” dan meminta Amerika Serikat untuk campur tangan “jika ingin mencegah wilayah tersebut meledak dengan cara yang tidak terkendali.”

Ben-Gvir, kepala salah satu partai nasionalis-religius dalam koalisi sayap kanan Netanyahu, telah berulang kali berselisih dengan menteri lain atas seruannya untuk mengizinkan doa di kompleks tersebut, yang telah menjadi pemicu konflik berulang dengan Palestina selama bertahun-tahun.

Moshe Gafni, kepala United Torah Judaism, salah satu partai agama dalam pemerintahan, mengkritik kunjungan Ben-Gvir ke kompleks tersebut, yang menurut banyak orang Yahudi Ortodoks merupakan tempat yang terlalu sakral untuk dimasuki orang Yahudi.

"Kerusakan yang ditimbulkannya pada orang-orang Yahudi tidak tertahankan, dan itu juga menimbulkan kebencian yang tidak berdasar pada hari penghancuran Bait Suci," katanya dalam sebuah pernyataan.


Pertengkaran Antarmenteri Israel

Pertengkaran antara para menteri itu sekali lagi menyingkapkan perpecahan yang telah menjadi ciri koalisi Netanyahu sejak berkuasa pada akhir tahun 2022.

Pada hari Senin, Benjamin Netanyahu menegur Yoav Gallant setelah menteri itu dikutip dalam pers Israel yang menolak sebagai "omong kosong" tujuan Netanyahu yang sering diulang-ulang untuk "kemenangan total" dalam perang dengan gerakan Hamas di Gaza, yang sekarang memasuki bulan ke-11.

Ben-Gvir dan Menteri Keuangan Bezalel Smotrich, kepala partai nasionalis-religius lainnya, telah berulang kali berselisih dengan Gallant atas berbagai masalah mulai dari pelaksanaan perang di Gaza hingga kebijakan mengenai Tepi Barat yang diduduki dan langkah-langkah untuk mengekang kekuasaan pengadilan.

Namun, sejauh ini, kalkulasi elektoral telah menjaga koalisi tetap bersatu, sementara Gallant telah bertekad untuk tetap berada di pemerintahan untuk bertindak sebagai penyeimbang bagi blok agama nasionalis.

Pada hari Selasa, Ben-Gvir mengulangi seruannya untuk kemenangan akhir di Gaza, dengan mengatakan bahwa tujuan perang harus mengalahkan Hamas, dan “menundukkan mereka.”

SUMBER: Al Arabiya

Tag:  #menteri #gvir #jadi #sasaran #kemarahan #karena #desakannya #agar #orang #yahudi #berdoa #masjid #aqsa

KOMENTAR