5 Momen Barbar saat Donald Trump Ngobrol Akrab Secara Live di X Bareng Elon Musk
Donald Trump dan Elon Musk (instagram)
13:48
13 Agustus 2024

5 Momen Barbar saat Donald Trump Ngobrol Akrab Secara Live di X Bareng Elon Musk

Donald Trump diduga melakukan kebohongan, melebih-lebihkan, dan menakut-nakuti sejumlah pihak selama bercakap dengan miliarder Elon Musk di platform media sosial X, Senin (12/8).

Obrolan antara kedua pria tersebut, yang satu adalah calon presiden dari Partai Republik dan yang lainnya adalah orang terkaya di dunia, adalah upaya terbaru Trump untuk menarik perhatian para pemilih karena Wakil Presiden Kamala Harris terus mendapatkan dukungan di hari-hari awal pencalonan presidennya dari Partai Demokrat. Musk, yang telah mendukung Trump, mengatakan acara tersebut dimaksudkan untuk memberi orang-orang "rasa" seperti apa mantan presiden tersebut saat ia melakukan percakapan santai.

"Sulit untuk mendapatkan suasana hati ketika orang-orang tidak berbicara dengan cara yang normal," kata Musk.

Berikut adalah lima momen penting dari percakapan mereka.

Baca Juga: Live Interview Donald Trump dan Elon Musk di X Viral, Sempat Tertunda karena Serangan DDOS

1. Trump mengulangi kebohongannya tentang krisis migran di perbatasan selatan

Mantan presiden tersebut juga pernah melontarkan serangan yang sama terhadap para migran yang melintasi perbatasan AS dengan Meksiko, dengan menggambarkan banyak dari mereka sebagai "pemerkosa," "pembunuh," dan "penjahat," sembari mengklaim negara-negara seperti Venezuela mengosongkan penjara mereka untuk mengirim orang ke Amerika Serikat.

Tidak ada bukti yang mendukung klaim tersebut. Faktanya, penelitian terbaru menunjukkan bahwa imigran jauh lebih kecil kemungkinannya untuk dipenjara daripada orang-orang yang lahir di AS. Penelitian lain menunjukkan bahwa migrasi tanpa dokumen tidak meningkatkan kejahatan dengan kekerasan.

Trump juga mencoba menghubungkan lonjakan migrasi dengan Harris, menggemakan klaim Partai Republik bahwa dia adalah "raja perbatasan" pemerintahan Biden. Dia ditugaskan untuk menyelidiki akar penyebab gelombang imigrasi, tetapi klaim tentang peran yang mencakup semuanya adalah berlebihan.

2. Trump membanggakan hubungannya dengan Kim Jong Un, Vladimir Putin, dan Xi Jinping

Baca Juga: Cek Fakta: Elon Musk Bagikan Kekayaan di Situs Judi Online, Benarkah?

Pada satu titik, Musk memberi selamat kepada Trump atas "cuitan epiknya" selama pemerintahannya, termasuk ketika mantan presiden itu menyebut pemimpin Korea Utara Kim Jong Un sebagai "manusia roket." “Saya kenal Putin, saya kenal Presiden Xi, saya kenal Kim Jong Un dari Korea Utara. Saya kenal mereka semua,” kata Trump. “Saya tidak mengatakan hal yang baik atau buruk. Mereka berada di puncak karier mereka. Mereka tangguh, mereka cerdas, mereka kejam, dan mereka akan melindungi negara mereka. Apakah mereka mencintai negara mereka, mereka mungkin mencintainya. Itu hanya bentuk cinta yang berbeda, tetapi mereka akan melindungi negara mereka.”

Trump adalah presiden pertama yang bertemu dengan Kim, sebuah keputusan yang menurut para kritikus memberikan legitimasi kepada rezim otoriter Kim di panggung internasional.

3. Musk mengatakan para kritikus tidak boleh 'menjelek-jelekkan' industri minyak dan gas

Musk, yang kekayaannya yang sangat besar sebagian besar terkait dengan perusahaan kendaraan listriknya, mengatakan dunia harus "condong ke arah keberlanjutan" tetapi tidak menjelek-jelekkan bahan bakar fosil karena bahan bakar tersebut dibutuhkan untuk menjaga dunia tetap bergerak.

"Saya pro lingkungan, tetapi saya tidak menentangnya. Saya tidak berpikir kita harus menjelek-jelekkan industri minyak dan gas," kata Musk.

Trump, di sisi lain, mengolok-olok mereka yang peduli terhadap perubahan iklim dan memuji upayanya untuk membuka suaka margasatwa penting di Alaska untuk eksplorasi minyak dan gas selama pemerintahannya. (Presiden Joe Biden membatalkan rencana tersebut.)

4. Trump masih terobsesi dengan jumlah orang

Trump berulang kali menyebutkan jumlah audiensnya yang beragam selama percakapan. Pada satu titik, ia mengklaim bahwa "60 juta" orang mendengarkan siaran langsung pada Senin malam, meskipun hitungan pada X menunjukkan 1,3 juta pendengar pada puncaknya.

Ia juga menggambarkan upaya pembunuhan pada 13 Juli di sebuah rapat umum di dekat Butler, Pennsylvania, dengan mengatakan bahwa ia memiliki "kerumunan besar" di sana. Ukuran acara tersebut, katanya, membuatnya khawatir tentang berapa banyak orang yang bisa terbunuh. Seorang pengamat ditembak mati.

5. Trump terdengar aneh selama sebagian besar panggilan

Mantan presiden itu terdengar seperti tidak jelas dalam sebagian besar percakapan, meskipun tidak jelas apakah audio-nya yang menjadi penyebabnya. Video Trump yang dibagikan oleh seorang karyawan X tampaknya menunjukkan masalah serupa.

Editor: Aprilo Ade Wismoyo

Tag:  #momen #barbar #saat #donald #trump #ngobrol #akrab #secara #live #bareng #elon #musk

KOMENTAR