Donald Trump Puji Elon Musk setelah PHK Karyawan: Anda 'Pemotong' yang Hebat!
Donald Trump dan Elon Musk (instagram)
13:16
13 Agustus 2024

Donald Trump Puji Elon Musk setelah PHK Karyawan: Anda 'Pemotong' yang Hebat!

Wawancara calon presiden dari Partai Republik Donald Trump dengan pengusaha miliarder Elon Musk akhirnya dimulai di platform media sosial Musk, X, pada Senin malam, setelah penundaan panjang yang disebabkan oleh masalah teknis yang membuat banyak pengguna tidak dapat mengakses siaran langsung.

Musk, yang mendukung Trump, memulai acara tersebut pada pukul 20.42 (00.42 GMT Selasa), lebih dari 40 menit setelah waktu mulai yang dijadwalkan. Ia menyalahkan kesulitan tersebut pada serangan penolakan layanan terdistribusi, di mana server atau jaringan dibanjiri lalu lintas dalam upaya untuk mematikannya, meskipun klaimnya tidak dikonfirmasi.

Lebih dari 1,3 juta orang mendengarkan sekitar 45 menit dalam percakapan tersebut, menurut penghitung di X.

Trump berusaha mengubah masalah tersebut menjadi hal yang positif, memberi selamat kepada Musk atas banyaknya orang yang mencoba mendengarkan.

Baca Juga: Lagu 'My Heart Will Go On' Dipakai Tanpa Izin di Kampanye Trump, Tim Celine Dion Protes Keras

Donald Trump dan mobil Tesla. (Unsplash/Library of Congress/Dylan Calluy)Donald Trump dan mobil Tesla. (Unsplash/Library of Congress/Dylan Calluy)

Mantan presiden itu terkadang terdengar seperti cadel, banyak pendengar di X menunjukkan. Beberapa mengatakan itu membuatnya terdengar seperti karakter kartun, yang lain menyarankan itu mungkin karena masalah kompresi audio.

Masalah teknis tersebut mengingatkan kita pada peristiwa serupa di X pada bulan Mei 2023, ketika Gubernur Florida Ron DeSantis mengalami kekacauan saat memulai upayanya untuk mendapatkan nominasi presiden dari Partai Republik karena gangguan pada platform tersebut.

Saat itu, Trump mengejek DeSantis di platform media sosial miliknya sendiri, Truth Social. "Tombol Merah saya lebih besar, lebih baik, lebih kuat, dan berfungsi (TRUTH!)" Trump memposting, "Tombol Anda tidak."

Menjelang acara hari Senin, Musk telah menulis: "Saya akan melakukan beberapa uji penskalaan sistem malam ini & besok sebelum percakapan." X tidak menanggapi permintaan untuk rincian atau bukti dari dugaan serangan siber tersebut.

Musk menghabiskan sebagian besar bagian awal wawancara dengan memuji Trump atas keberaniannya selama upaya pembunuhan terhadapnya pada tanggal 13 Juli, ketika telinganya terkena peluru.

Baca Juga: Platform X Milik Elon Musk Jadi Media Subur untuk Konten 'Hamas', Organisasi Anti-Teror Ungkap Keresahan

Musk, orang terkaya di dunia, mengumumkan dukungannya untuk Trump tak lama setelah penembakan tersebut. Dia mendukung Presiden Demokrat Joe Biden pada tahun 2020 tetapi telah beralih ke kanan sejak saat itu.

Trump mengatakan bahwa ia berencana untuk kembali ke Butler, Pennsylvania, lokasi serangan, untuk sebuah rapat umum pada bulan Oktober.

Saat percakapan berlangsung, Trump menyampaikan campuran keluhan, klaim yang dilebih-lebihkan, dan serangan pribadinya yang biasa, sementara Musk sesekali memberikan dorongan.

Donald Trump dan Elon Musk (instagram)Donald Trump dan Elon Musk (instagram)

Trump mengklaim tanpa bukti bahwa Rusia tidak akan menginvasi Ukraina jika ia masih menjadi presiden dan memuji Presiden Rusia Vladimir Putin, Presiden Tiongkok Xi Jinping, dan pemimpin Korea Utara Kim Jong Un - semuanya orang kuat yang otoriter - sebagai orang yang berada di "puncak permainan mereka."

Ia juga mengungkapkan kemarahannya karena Wakil Presiden Kamala Harris telah ditukar dengan Biden dalam tiket Demokrat.

"Ia belum melakukan wawancara sejak seluruh penipuan ini dimulai," kata Trump, dengan klaim yang keliru bahwa Biden yang menyerahkan tiket itu adalah sebuah "kudeta." Trump telah mengungguli Biden dalam banyak jajak pendapat di negara bagian medan pertempuran yang kemungkinan akan menjadi kritis terhadap hasil pemilihan 5 November, tetapi sekarang tertinggal dari Harris di beberapa negara bagian yang sama.

Dalam sebuah wawancara yang tidak terlalu rinci tentang kebijakan, Trump juga tampak memuji Musk karena memecat para pekerja.

"Anda adalah pemotong yang paling hebat. Maksud saya, saya melihat apa yang Anda lakukan. Anda masuk, Anda hanya berkata: 'Anda ingin berhenti?' Mereka mogok kerja - saya tidak akan menyebutkan nama perusahaannya - tetapi mereka mogok kerja. Dan Anda berkata: 'Tidak apa-apa, Anda sudah keluar semua.'"

Editor: Aprilo Ade Wismoyo

Tag:  #donald #trump #puji #elon #musk #setelah #karyawan #anda #pemotong #yang #hebat

KOMENTAR