Wanita Tuna Rungu Dinobatkan Jadi Miss Afrika Selatan, Kemenangannya Penuh Kontroversi
Ilustrasi mahkota ratu kecantikan. (Unsplash/Church of the King)
09:28
13 Agustus 2024

Wanita Tuna Rungu Dinobatkan Jadi Miss Afrika Selatan, Kemenangannya Penuh Kontroversi

Seorang wanita berusia 28 tahun telah menjadi wanita tuna rungu pertama yang dinobatkan sebagai Miss Afrika Selatan setelah kompetisi yang memecah belah, menurut laporan di BBC.

Mia Le Roux, yang didiagnosis dengan gangguan pendengaran parah saat berusia satu tahun, menyampaikan harapannya dalam pidato kemenangannya bahwa kesuksesannya akan menginspirasi mereka yang merasa dikucilkan untuk mengejar "mimpi terliar mereka, seperti saya." Dia juga mengatakan bahwa dia ingin membantu mereka yang "dikucilkan secara finansial atau berkemampuan berbeda".

Le Roux dinyatakan sebagai pemenang kontes kecantikan setelah finalis Chidimma Adetshina, berusia 23 tahun, mengundurkan diri karena kritik mengenai asal usulnya dari Nigeria dan tuduhan mengenai identitas ibunya. Khususnya, Adetshina lahir di Afrika Selatan dari ayah Nigeria dan ibu Afrika Selatan, tetapi keluarganya berasal dari Mozambik.

Kontes Kecantikan Untuk Remaja Indonesian Stars Search & Miss teen Beauty Indonesia (Dok. Istimewa)Ilustrasi kontes kecantikan (Dok. Istimewa)

Menteri Kebudayaan Afrika Selatan Gayton McKenzie, pemimpin partai Aliansi Patriotik juga mempertanyakan identitas Adetshina untuk mewakili dalam kontes tersebut. "Kami benar-benar tidak bisa membiarkan warga Nigeria berkompetisi di kompetisi Miss SA kami. Saya ingin mendapatkan semua fakta sebelum berkomentar, tetapi itu sudah membuat suasana menjadi aneh," katanya di X.

Baca Juga: Viral Pemuda Jadi Penerjemah Ceramah Ustaz Abdul Somad Bagi Penyandang Tunarungu

Ibu Adetshina mengatakan bahwa seluruh acara terasa seperti "kebencian antar-kulit hitam," yang menarik perhatian pada bentuk xenofobia spesifik yang dikenal sebagai "Afrofobia" yang ada di Afrika Selatan dan menargetkan warga Afrika lainnya. Ia mengatakan bahwa meskipun ada kontestan lain dengan nama Asia Selatan dan Eropa di antara 16 wanita tersebut, ia adalah satu-satunya yang mendapat kritik paling banyak.

Menteri Dalam Negeri Leon Schreiber mengatakan pada tanggal 6 Agustus bahwa departemen sedang menyelidiki kewarganegaraannya atas permintaan organisasi Miss Afrika Selatan. Setelah penyelidikan, kementerian mengungkapkan: "Ada alasan prima facie untuk percaya bahwa penipuan dan pencurian identitas mungkin telah dilakukan oleh orang yang tercatat dalam catatan urusan dalam negeri sebagai ibu Chidimma Adetshina."

Menurut Guardian, "Seorang ibu Afrika Selatan yang tidak bersalah, yang identitasnya mungkin telah dicuri sebagai bagian dari dugaan penipuan yang dilakukan oleh ibu Adetshina, menderita akibatnya karena dia tidak dapat mendaftarkan anaknya."

Pada tanggal 8 Agustus, wanita berusia 23 tahun itu mengumumkan keputusannya untuk mengundurkan diri dari kompetisi melalui Instagram. "Setelah mempertimbangkan dengan saksama, saya telah membuat keputusan yang sulit untuk mengundurkan diri dari kompetisi demi keselamatan dan kesejahteraan keluarga saya dan saya. Dengan dukungan penuh dari Miss South Africa Organisation, saya meninggalkan kontes dengan hati yang penuh rasa syukur atas pengalaman yang luar biasa ini," tulisnya.

Sementara itu, Ms Le Roux menggunakan implan koklea untuk membantunya mendengar. Dia mengklaim bahwa sebelum dia dapat mengucapkan kata-kata pertamanya, dia harus menjalani perawatan bicara selama dua tahun. Model yang juga seorang manajer pemasaran itu berkata, "Saya adalah wanita tuna rungu Afrika Selatan yang bangga dan saya tahu bagaimana rasanya dikucilkan. Saya tahu sekarang bahwa saya ditempatkan di planet ini untuk mendobrak batasan dan saya melakukannya malam ini."

Baca Juga: Afrika Selatan Berduka, 12 Murid dan Sopir Bus Tewas dalam Kecelakaan Mengerikan

Editor: Aprilo Ade Wismoyo

Tag:  #wanita #tuna #rungu #dinobatkan #jadi #miss #afrika #selatan #kemenangannya #penuh #kontroversi

KOMENTAR