Orang Beramai-ramai Beri Persembahan untuk Hantu yang Haus, Kuil Ini Tenggelam di Lautan Botol Plastik
Ilustrasi kuil terpencil di atas gunung. (Dok. Envato Elements)
03:04
11 Agustus 2024

Orang Beramai-ramai Beri Persembahan untuk Hantu yang Haus, Kuil Ini Tenggelam di Lautan Botol Plastik

Sebuah kuil kecil di sepanjang Gata Loops yang berbahaya di wilayah pegunungan Ladakh, India, menjadi terkenal karena banyaknya botol plastik yang ditinggalkan sebagai persembahan bagi roh yang dikenal sebagai Hantu Gata Loops.

Pembalap sepeda dan motor yang melintasi Gata Loops sebagai bagian dari tur Trans-Himalaya mereka sering kali bingung dengan tumpukan besar botol plastik di sekitar tempat yang tampak seperti kuil darurat.

Sebagian orang mengira itu hanya polusi biasa, akibat dari meningkatnya popularitas wilayah tersebut di kalangan penggemar wisata petualangan, tetapi penjelasan untuk pemandangan aneh di antah berantah ini jauh lebih menarik.

Banyak dari mereka yang mencoba menyeberangi Gata Loops meninggalkan botol air di kuil sebagai persembahan bagi Hantu Gata Loops, arwah pengembara seorang pria miskin yang meninggal di sini beberapa dekade lalu karena kehausan dan kedinginan yang ekstrem. Sebagian orang percaya bahwa melewati tempat itu tanpa meninggalkan botol air akan membuat hantu itu marah dan membawa nasib buruk bagi mereka dalam perjalanan yang sulit.

Baca Juga: Kondisi Terkini Eks PM Bangladesh Sheikh Hasina Setelah Kabur ke India

Tempat sampah dari botol bekas yang berada di kawasan Situ Gintung, Tangerang Selatan, Banten, Kamis (9/9/2021). [Suara.com/Angga Budhiyanto]Ilustrasi botol plastik [Suara.com/Angga Budhiyanto]

Kisah Ghost Of The Gata Loops dapat ditelusuri kembali ke tahun 1999 ketika sebuah truk dan pembantunya terjebak di sepanjang jalan setapak yang berbahaya setelah truk mereka mogok di jalur ke-19. Dengan hujan salju yang mengancam akan mengisolasi mereka sepenuhnya, pengemudi memutuskan untuk mencoba dan mencapai pemukiman terdekat dan kembali dengan bantuan sementara pembantu tetap tinggal untuk menjaga truk dan muatan mereka. Sayangnya, badai salju semakin parah, dan ketika pengemudi kembali tiga hari kemudian, pembantunya telah meninggal karena kedinginan dan kekurangan makanan dan air. Pria itu dikubur di sisi jalan kerikil, tetapi kemudian para pelancong mulai melaporkan penampakan aneh.

Pada tahun-tahun setelah kematian pria malang itu, para pelancong yang melewati Gata Loops mulai menyebarkan cerita tentang seorang pria yang mengemis air tetapi menghilang begitu saja ketika orang-orang mendekatinya. Khawatir bahwa daerah itu dihantui oleh hantu pengemudi truk yang meninggal, penduduk setempat membangun sebuah kuil untuk menghormatinya dan mencoba menenangkan roh yang gelisah dengan memberinya sebotol air sebagai persembahan. Tak lama kemudian, setiap orang yang melewati Kuil Hantu dan mengetahui kisahnya mulai meninggalkan botol air di sana untuk memastikan mereka tidak mengalami kemalangan dalam perjalanan.

Saat ini, mereka yang mengetahui tentang Hantu Gata Loops dan berencana untuk melewati kuil sederhananya memastikan untuk membawa botol air ekstra untuk ditinggalkan sebagai persembahan bagi arwah yang haus.

Legenda Hantu Gata Loops dan kuil sederhananya yang dikelilingi oleh tumpukan kecil botol air telah dikenal di kalangan petualang selama bertahun-tahun, tetapi baru-baru ini menjadi viral di media sosial berkat sebuah video yang dibagikan oleh Akarsh Sharma, seorang pengendara sepeda yang melakukan perjalanan selama sebulan dari Jaipur ke Ladakh. Dalam video tersebut, pengendara sepeda tersebut menjelaskan keberadaan tumpukan botol plastik di antah berantah dan juga menuangkan sedikit air untuk menghormati hantu tersebut, alih-alih meninggalkan sebotol air miliknya sendiri.

Video Sharma telah ditonton lebih dari 10 juta kali di Instagram saja, dan memicu perdebatan lingkungan. Beberapa orang mengusulkan bahwa akan lebih bijaksana untuk membangun pancuran air di dekat kuil daripada membiarkan ribuan botol plastik mencemari Gata Loops yang murni karena angin dapat dengan mudah membawanya ke tempat yang sangat jauh, sehingga sangat sulit untuk diambil kembali.

Baca Juga: Update Tragedi Longsor di India: 215 Orang Tewas, Ratusan Lainnya Hilang

Editor: Aprilo Ade Wismoyo

Tag:  #orang #beramai #ramai #beri #persembahan #untuk #hantu #yang #haus #kuil #tenggelam #lautan #botol #plastik

KOMENTAR