Pelaku yang Rencanakan Serang Konser Taylor Swift Pernah Lecehkan Teman Sekelas
Taylor Swift pada The Eras Tour (Twitter/taylorswift13)
00:20
11 Agustus 2024

Pelaku yang Rencanakan Serang Konser Taylor Swift Pernah Lecehkan Teman Sekelas

Tersangka utama dalam serangan teror terafiliasi ISIS yang direncanakan di konser Taylor Swift di Austria diduga meraba-raba dan melakukan kekerasan terhadap teman sekelas perempuan di sekolah, menurut laporan baru.

Pria Austria berusia 19 tahun itu, yang belum diidentifikasi secara publik oleh pihak berwenang, telah menunjukkan serangkaian kekerasan saat menghadiri sekolah bisnis di kota Neunkirchen, Jerman, dalam beberapa tahun terakhir, menurut laporan media lokal Profil.

Pejabat AS memberikan informasi tentang terorisme "untuk memungkinkan gangguan terhadap ancaman terhadap konser Taylor Swift," kata juru bicara Gedung Putih John Kirby pada hari Jumat — meskipun tersangka utama dikenal secara lokal karena pelanggaran yang lebih ringan.

Remaja itu melecehkan dan menyentuh gadis-gadis secara tidak pantas di kelasnya, kata mantan teman sekelasnya kepada Profil.

Baca Juga: Rencana Penyerangan Konser Taylor Swift Bikin Heboh, Ada Materi ISIS dan Al-Qaeda di Rumah Tersangka

Taylor Swift di konser The Eras Tour (Instagram/taylorswift)Taylor Swift di konser The Eras Tour (Instagram/taylorswift)

Dalam satu kejadian yang sangat kejam, ia juga mencengkeram leher seorang siswa laki-laki dan mendorongnya ke dinding, menurut dugaan teman-temannya.

Rincian tersebut muncul setelah penyelidik mengungkapkan bahwa remaja itu baru-baru ini menjadi radikal secara daring oleh ISIS.

Terduga dalang rencana minggu ini, yang ditangkap bersama dua remaja lainnya, berusia 18 dan 17 tahun, baru-baru ini bersumpah setia kepada kelompok teror tersebut dalam sebuah video daring, kata pejabat keamanan.

Ia diyakini telah dipengaruhi oleh seorang pendeta yang berdomisili di Berlin, Abul Baraa, demikian dilaporkan media Jerman Bild, mengutip sumber intelijen.

Pejabat Austria yang menangani penyelidikan tersebut mengatakan radikalisasi daring terhadap remaja tersebut terjadi dengan cepat.

Baca Juga: Kelompok ISIS dan Al-Qaeda Akan Lakukan Bom di Konser Taylor Swift

Selain bersumpah, tersangka remaja tersebut diduga memberi tahu orang-orang bahwa ia memiliki rencana "sesuatu yang besar" setelah berhenti dari pekerjaannya pada tanggal 25 Juli.

Orang lain yang mengenalnya juga mengatakan bahwa ia baru-baru ini mulai menunjukkan tanda-tanda radikalisasi.

Beberapa orang mengatakan bahwa ia memilih untuk memanjangkan jenggot dan menjadi lebih serius menjelang rencana yang digagalkan.

Penyidik mengatakan bahwa remaja tersebut membuat pengakuan penuh setelah ia ditangkap selama operasi polisi di rumahnya di Ternitz dekat perbatasan Hungaria. Bahan-bahan pembuat bom ditemukan di rumah tersebut. Ia diduga merinci keinginannya untuk melakukan serangan bunuh diri di Stadion Ernst Happel, Wina, dengan menggunakan bahan peledak rakitan dan pisau dalam upaya untuk membunuh sebanyak mungkin orang.

Seorang warga negara Austria berusia 17 tahun dengan akar Turki dan Kroasia dan seorang warga negara Irak berusia 18 tahun — yang juga telah menunjukkan hubungan dengan ISIS — juga ditangkap atas rencana yang digagalkan itu, kata pihak berwenang.

Editor: Aprilo Ade Wismoyo

Tag:  #pelaku #yang #rencanakan #serang #konser #taylor #swift #pernah #lecehkan #teman #sekelas

KOMENTAR