Terekam Kamera Amatir, Detik-detik Mencekam Pesawat Jatuh di Brazil Viral
Pesawat jatuh du Brazil (instagram/balikpapanku)
21:32
10 Agustus 2024

Terekam Kamera Amatir, Detik-detik Mencekam Pesawat Jatuh di Brazil Viral

Kecelakaan menimpa pesawat maskapai domestik Voepass pada Jumat (9/8) siang waktu setempat. Pesawat tersebut jatuh di negara bagian Sao Paulo, Brasil, dan menewaskan seluruh 58 penumpang dan empat awak.

Pesawat buatan Prancis ini jatuh di Kota Vinhedo, Sao Paolo, ketika dalam penerbangan dari Cascavel, negara bagian Parana selatan, ke bandara internasional Guarulhos di Sao Paulo.

Dalam sebuah video yang diunggah akun Instagram balikpapanku, terlihat sebuah pesawat tampak hilang kendali di angkasa. Pesawat tersebut terlihat berputar-putar saat terjun bebas di area yang sekitarnya terlihat banyak pemukiman.

Perekam vibdeo tersebut juga diduga berada di pemukiman padat dengan jalan raya yang cukup ramai kendaraan.

Baca Juga: Detik-detik Menegangkan Pesawat Saurya Airlines Jatuh di Nepal, Petugas Bandara Hanya Bisa Terdiam

Pesawat tersebut tak lama kemudian benar-benar menghantam daratan hingga akhirnya menimbulkan kepulan asap hitam pekat yang membumbung.

Pejabat kota di Valinhos, dekat Vinhedo, mengatakan tidak ada yang selamat dan hanya satu rumah di kompleks kondominium setempat yang rusak sementara tidak ada penghuni yang terluka.

"Saya harus menjadi pembawa berita yang sangat buruk," kata Presiden Luiz Inacio Lula da Silva saat berbicara di sebuah acara tak lama setelah kecelakaan itu. Ia meminta hening cipta selama satu menit untuk para korban kecelakaan.

Maskapai penerbangan Voepass mengatakan pesawat itu, yang lepas landas dari Cascavel, di negara bagian Parana, menuju bandara internasional utama Sao Paulo, jatuh di kota Vinhedo, sekitar 80 km (50 mil) barat laut Sao Paulo.

Maskapai penerbangan yang tidak terdaftar itu mengatakan tidak dapat memberikan informasi lebih lanjut tentang apa yang menyebabkan pesawat, yang memiliki registrasi PS-VPB, jatuh.

Baca Juga: Pesawat Saurya Airlines Jatuh di Kathmandu Nepal, 18 Orang Tewas

Hanya beberapa menit setelah kecelakaan itu, brigade pemadam kebakaran negara bagian Sao Paulo mengatakan bahwa mereka segera mengerahkan tujuh kru ke lokasi kecelakaan.

Editor: Aprilo Ade Wismoyo

Tag:  #terekam #kamera #amatir #detik #detik #mencekam #pesawat #jatuh #brazil #viral

KOMENTAR