Puluhan Warga Rohingya Tewas Akibat Serangan Drone saat Melarikan Diri dari Myanmar
Ilustrasi warga Rohingya. [Antara]
21:20
10 Agustus 2024

Puluhan Warga Rohingya Tewas Akibat Serangan Drone saat Melarikan Diri dari Myanmar

Serangan pesawat nirawak terhadap warga Rohingya yang melarikan diri dari Myanmar menewaskan puluhan orang, termasuk keluarga dengan anak-anak, kata beberapa saksi, menggambarkan para penyintas berkeliaran di antara tumpukan mayat untuk mengidentifikasi kerabat yang tewas dan terluka.

Empat saksi, aktivis, dan seorang diplomat menggambarkan serangan pesawat nirawak pada hari Senin yang menyerang keluarga yang menunggu untuk menyeberangi perbatasan ke negara tetangga Bangladesh.

Seorang wanita hamil tua dan putrinya yang berusia 2 tahun termasuk di antara korban dalam serangan itu, serangan paling mematikan yang diketahui terhadap warga sipil di negara bagian Rakhine selama beberapa minggu terakhir pertempuran antara pasukan junta dan pemberontak.

Pengungsi Rohingya di Desa Kwala Langkat, Kecamatan Tanjung Pura, Kabupaten Langkat, Sumatra Utara. [Antara]Pengungsi Rohingya di Desa Kwala Langkat, Kecamatan Tanjung Pura, Kabupaten Langkat, Sumatra Utara. [Antara]

Tiga saksi mengatakan kepada Reuters pada hari Jumat bahwa Tentara Arakan bertanggung jawab, tuduhan yang dibantah kelompok itu. Milisi dan militer Myanmar saling menyalahkan. Reuters tidak dapat memverifikasi berapa banyak orang yang tewas dalam serangan itu atau secara independen menentukan tanggung jawab.

Baca Juga: Serangan Israel Tewaskan 18 Korban di Gaza, Warga Palestina Tikam 2 Orang di Tel Aviv

Video yang diunggah ke media sosial menunjukkan tumpukan mayat berserakan di tanah berlumpur, koper dan ransel mereka berserakan di sekitar mereka. Tiga penyintas mengatakan lebih dari 200 orang telah meninggal sementara seorang saksi mata setelah kejadian mengatakan dia telah melihat sedikitnya 70 mayat.

Reuters memverifikasi lokasi video tersebut di luar kota pesisir Myanmar, Maungdaw. Reuters tidak dapat mengonfirmasi secara independen tanggal video tersebut direkam.

Seorang saksi, Mohammed Eleyas yang berusia 35 tahun, mengatakan istrinya yang sedang hamil dan putrinya yang berusia 2 tahun terluka dalam serangan itu dan kemudian meninggal. Ia berdiri bersama mereka di garis pantai ketika pesawat tanpa awak mulai menyerang kerumunan, kata Eleyas kepada Reuters dari sebuah kamp pengungsi di Bangladesh.

"Saya mendengar suara tembakan yang memekakkan telinga beberapa kali," katanya. Eleyas mengatakan ia berbaring di tanah untuk melindungi dirinya sendiri dan ketika ia bangun, ia melihat istri dan putrinya terluka parah dan banyak kerabatnya yang lain tewas.

Saksi kedua, Shamsuddin, 28 tahun, mengatakan ia selamat bersama istri dan putranya yang baru lahir. Juga berbicara dari sebuah kamp pengungsi di Bangladesh, ia mengatakan bahwa setelah serangan itu banyak yang tewas dan "beberapa orang berteriak kesakitan karena luka-luka mereka".

Baca Juga: Tragedi Gaza: Serangan Udara Israel Tewaskan 15 Warga Palestina di Sekolah Pengungsian

Pengungsi Rohingya di Pantai Kuala Parek, Kecamatan Sungai Raya, Kabupaten Aceh Timur. [Antara]Pengungsi Rohingya di Pantai Kuala Parek, Kecamatan Sungai Raya, Kabupaten Aceh Timur. [Antara]

Perahu yang membawa pengungsi Rohingya, anggota minoritas Muslim yang menghadapi penganiayaan ekstrem di Myanmar, juga tenggelam di Sungai Naf yang memisahkan kedua negara pada hari Senin, menewaskan puluhan orang lainnya, menurut dua saksi mata dan media Bangladesh.

Medecins Sans Frontieres mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa organisasi bantuan tersebut telah merawat 39 orang yang telah menyeberang dari Myanmar ke Bangladesh sejak Sabtu karena cedera terkait kekerasan, termasuk cedera akibat tembakan mortir dan luka tembak. Pasien menggambarkan melihat orang-orang dibom saat mencoba mencari perahu untuk menyeberangi sungai, kata pernyataan itu.

Seorang juru bicara Komisi Tinggi Perserikatan Bangsa-Bangsa untuk Pengungsi mengatakan bahwa badan tersebut "mengetahui kematian pengungsi akibat terbaliknya dua perahu di Teluk Benggala" dan telah mendengar laporan tentang kematian warga sipil di Maungdaw tetapi tidak dapat mengonfirmasi jumlah atau keadaannya.

Editor: Aprilo Ade Wismoyo

Tag:  #puluhan #warga #rohingya #tewas #akibat #serangan #drone #saat #melarikan #diri #dari #myanmar

KOMENTAR