Seluruh Kantor Polisi di Bangladesh Hancur, Senjata Api Dicuri, Petugas Sembunyi Ketakutan
Demonstran antipemerintah mengibarkan bendera nasional Bangladesh saat menyerbu istana Perdana Menteri Sheikh Hasina di Dhaka pada tanggal 5 Agustus 2024. - Kepala militer Bangladesh Waker-Uz-Zaman menghabiskan hampir empat dekade untuk naik ke puncak militer dan mengatakan pada tanggal 5 Agustus, dia ''mengambil tanggung jawab penuh'' setelah Perdana Menteri Sheikh Hasina digulingkan dan melarikan diri. (Photo by K M ASAD / AFP) 
19:20
7 Agustus 2024

Seluruh Kantor Polisi di Bangladesh Hancur, Senjata Api Dicuri, Petugas Sembunyi Ketakutan

Sebagian besar kantor polisi di Bangladesh termasuk ibu kota Dhaka, saat ini tidak memiliki personel. Mereka semua mengungsi di lokasi yang aman dan terhindar dari amukan massa yang beringas.

Banyak dari mereka yang tinggal bersama kerabatnya demi keamanan pribadi, atau dibantu oleh pejabat tinggi yang dekat dengan pemerintahan Liga Awami yang baru saja digulingkan.

Petugas polisi telah melaporkan bahwa lebih dari empat ratus kantor polisi di seluruh Banglades telah mengalami serangan, vandalisme, pembakaran, dan penjarahan.

Dalam situasi ini, tidak ada seorang pun yang merasa aman untuk tinggal di kantornya masing-masing, sehingga semua orang mencari perlindungan yang aman.

Selain itu, di banyak tempat banyak anggota polisi yang terjebak oleh kemarahan masyarakat telah diselamatkan dan dipindahkan ke lokasi yang aman dengan bantuan tentara.

Seorang petugas polisi yang bertanggung jawab melaporkan bahwa setidaknya lima puluh personel polisi telah kehilangan nyawa karena kemarahan publik sejak Senin(6/8/2024) sore. Karena kondisi buruk tersebut, jumlah pasti korban jiwa belum diketahui. Namun diperkirakan jumlahnya ratusan lebih.

Seorang sumber menyebutkan aksi penyerangan dan penjarahan oleh massa terjadi sejak Senin sore hingga malam hari di berbagai kantor polisi, termasuk di Jatrabari, Badda, Vatara, Mohammadpur, Adabor, Mirpur, Paltan, Shah Ali, dan Uttara East.

Di banyak tempat, bentrokan juga terjadi antara polisi dan massa yang beringas. Akibatnya, aparat penegak hukum mengosongkan berbagai kantor dalam semalam.

Sumber melaporkan bahwa banyak kantor polisi telah berubah menjadi reruntuhan. Barang-barang seperti kipas angin, kursi, meja, dan barang-barang lainnya telah dijarah dari dalam kantor. Senjata dan amunisi juga telah dicuri.

Seorang inspektur polisi di luar Dhaka mengatakan bahwa perlu waktu bagi kantor polisi untuk kembali ke keadaan semula karena kerusakan yang parah.

Selain itu, anggota polisi sendiri merasa tidak aman sehingga menimbulkan pertanyaan bagaimana mereka dapat menjamin keselamatan masyarakat. Tidak ada yang bisa memprediksi sampai kapan situasi ini akan berlangsung.

Seorang pejabat polisi Bangladesh menyebutkan bahwa institusinya belum pernah menghadapi situasi kerusuhan dan penjarahan seperti ini sejak tahun 1971.

Setelah serangan terhadap markas polisi pada Senin malam, para pejabat senior dievakuasi ke tempat aman dengan helikopter. Banyak yang memanjat tembok untuk melarikan diri dari markas. Para penjahat juga menyerang garis polisi Rajarbagh pada malam hari.

Seorang perwira tinggi polisi yang tidak ingin disebutkan namanya, mengatakan bahwa penderitaan polisi disebabkan oleh kepatuhan politik beberapa petugas. Para petugas ini memaksa bawahannya untuk menindas dan menyiksa masyarakat biasa dan pemimpin politik oposisi demi keuntungan pribadi. Siapa pun yang tidak mematuhi akan dipecat atau dipindahkan ke posisi yang kurang penting.

Ia menambahkan, dalam penegakan hukum, perintah atasan adalah hal yang terpenting. Perwira senior yang melakukan kepatuhan politik telah menempatkan anggota polisi biasa berhadapan langsung dengan masyarakat.

Aparat di berbagai tingkatan juga telah menyatakan ketidakpuasan mereka terhadap politisasi polisi, sehingga menghalangi mereka untuk menegakkan hukum secara independen.

Sumber mengatakan bahwa setiap pemerintahan politik yang berkuasa telah menggunakan polisi secara politik. Politisasi tersebut meningkat setelah pemerintahan Liga Awami berkuasa pada tahun 2008.

Seorang petugas polisi yang enggan disebutkan namanya mengatakan, pelaku utama politisasi ini adalah DIG Pralay Kumar Jowardar.

Petugas angkatan ke-24 ini menjabat sebagai petugas protokol kepada Perdana Menteri Sheikh Hasina yang baru saja mengundurkan diri pada tahun 2009.

Pada tahun 2012 bertugas di kepolisian pusat Bangladesh. Karena posisinya sebagai petugas protokol Perdana Menteri, ia mempunyai pengaruh besar dalam kepolisian.

Promosi tidak akan terjadi tanpa persetujuannya. Dia secara selektif mempromosikan dan menunjuk perwira yang berafiliasi dengan sayap mahasiswa Liga Awami atau partai itu sendiri.

Seorang petugas angkatan 24 mengungkapkan kekesalannya dengan menyatakan bahwa ia telah digantikan untuk promosi sebanyak delapan kali.

Setiap kali Pralay Kumar Jowardar masuk daftar promosi selalu berhasil. Pada tahun 2016 misalnya, meski menduduki peringkat 134 dalam daftar, Pralay berhasil masuk ke dalam peringkat 25 besar dan mendapatkan promosi.

Pralay telah menjadi begitu berkuasa bahkan atasannya pun tunduk kepadanya. Petugas polisi lainnya mengatakan, secara total, 10 hingga 15 petugas aktif menjalankan agenda politik dalam penegakan hukum. Banyak orang lain akan menghormati dan bersekutu dengan mereka untuk mendapatkan postingan yang menguntungkan. Sekarang, semua orang menanggung akibatnya atas tindakan 10-15 petugas ini. (Dhaka Tribune)

Editor: Muhammad Zulfikar

Tag:  #seluruh #kantor #polisi #bangladesh #hancur #senjata #dicuri #petugas #sembunyi #ketakutan

KOMENTAR