Pakai Robot Spektakuler! Tumor Paru-Paru Lenyap Berkat Operasi Jarak Jauh Ribuan KM
Ilustrasi robot sedang mengetik (Shutterstock).
18:04
7 Agustus 2024

Pakai Robot Spektakuler! Tumor Paru-Paru Lenyap Berkat Operasi Jarak Jauh Ribuan KM

Seorang dokter bernama Luo Qingquan menggunakan pusat kendali canggih untuk memandu seperangkat alat bedah robotik untuk mengangkat tumor dari paru-paru pasien yang berjarak 3.000 mil.

Dokter Luo ditempatkan di Rumah Sakit Dada Shanghai di Pantai Pasifik Tiongkok, sementara pasiennya dibius di tempat tidur di dalam sebuah rumah sakit di Kashgar, Daerah Otonomi Xinjiang.

Medbot 5G buatan Tiongkok memungkinkan Luo untuk mengirimkan ketepatan dan pengalaman puluhan tahunnya secara instan di tiga zona waktu, mengantarkan era telesurgery yang dapat menyelamatkan ribuan orang di daerah pedesaan di mana kurangnya staf medis ahli mungkin merupakan hukuman mati di tahun-tahun sebelumnya. .

Menurut Shanghai Daily, Rumah Sakit Dada Shanghai adalah fasilitas medis pertama di Tiongkok yang melakukan operasi dengan bantuan robot, dan juga merupakan fasilitas yang melakukan operasi semacam itu dalam jumlah terbesar di Tiongkok.

Baca Juga: Meski Legal, IDI Tetap Tak Perbolehkan Aborsi Dilakukan Sembarang: Beresiko

ilustrasi sel kanker. (Pixabay.com)ilustrasi sel kanker. (Pixabay.com)

Kekurangan dokter spesialis bedah global merupakan hambatan besar bagi kemajuan medis di negara-negara berpendapatan rendah dan menengah. Dengan jumlah dokter bedah yang berjumlah lebih dari 1,1 juta orang, namun jumlah ahli anestesi hanya setengah dari jumlah tersebut, negara-negara berpendapatan tinggi juga mengalami kekurangan, namun sebuah tinjauan dari Lancet menghitung bahwa untuk setiap 100.000 orang di negara-negara berpendapatan rendah dan menengah, hanya terdapat 0,7 juta dokter bedah. ahli bedah spesialis, dibandingkan dengan 5,5 di negara-negara berpendapatan tinggi.

48% populasi dunia hanya menikmati layanan dari 20% tenaga bedah global, lanjut makalah ini.

Dibutuhkan lebih dari satu dekade untuk menjadi seorang ahli bedah terlatih, namun robot dapat dikirim dan dipasang hanya dalam beberapa bulan, sehingga memungkinkan ahli bedah di negara-negara kaya untuk melakukan operasi tertentu di negara-negara miskin, atau ahli bedah di daerah kaya untuk melakukan operasi di daerah miskin di negara-negara miskin. negara yang sama. Apa pun kasusnya, ini merupakan perkembangan yang benar-benar revolusioner.

Editor: Aprilo Ade Wismoyo

Tag:  #pakai #robot #spektakuler #tumor #paru #paru #lenyap #berkat #operasi #jarak #jauh #ribuan

KOMENTAR