Viral! Tukang Batu Ini Bangun Kembali Masjid yang Dibakar Perusuh di Inggris
Tukang Batu Inggris bangun kembali masjid yang dihancurkan perusuh (X/Barney Davis)
17:41
7 Agustus 2024

Viral! Tukang Batu Ini Bangun Kembali Masjid yang Dibakar Perusuh di Inggris

Inggris baru-baru ini diguncang oleh serangkaian kerusuhan, vandalisme, dan kekerasan yang sebagian menargetkan umat Islam, namun seorang pria menjadi viral di media sosial karena membuktikan bahwa perilaku tercela seperti itu adalah pengecualian, bukan aturan, di Jolly Olde England.

Masjid di Southport dibakar Selasa lalu, namun tukang batu setempat Tony Hill telah diberi label sebagai “legenda” karena membantu komunitas Southport membangunnya kembali, memasang batu bata di tengah panas terik dengan kecepatan dan efisiensi yang mencengangkan.

Dalam video klip X yang viral, Hill terlihat berkeringat dan mengolesi mortar saat mencoba menjelaskan motifnya. Kutipan di bawah ini diedit untuk mencerminkan pemikirannya, yang mungkin sulit dipahami oleh pembaca AS.

“Kami berbicara dengan perusahaan tempat kami bekerja, dan [kru bangunan lainnya] mulai turun, jadi kami bergabung saja dengan mereka. Dan ya, coba selesaikan saja sebelum seseorang kembali.”

Baca Juga: Daftar Sasaran Kerusuhan di Inggris Bocor, 38 Wilayah Jadi Target

“Kami benar-benar ingin melakukan hal ini agar masyarakat aman,” katanya kepada seseorang di tempat kejadian yang mewawancarainya. “Itu hanya sebuah komunitas bukan? Anda bisa mengetahuinya dari… hanya dengan melihat semua orang di sini, itu cukup beragam.”

Masjid tersebut dibakar setelah tiga wanita muda ditikam hingga tewas pada hari Senin.

“Para perusuh di Southport dipicu oleh banyaknya informasi yang salah di media sosial, khususnya setelah sebuah situs web secara keliru mengklaim bahwa pembunuh gadis-gadis muda tersebut adalah seorang migran dari negara mayoritas Muslim yang masuk dalam daftar pantauan MI6,” menurut London Economic.

Meskipun ada tuduhan rasial terhadap masalah ini, Bricklayer Hill adalah orang yang murah hati dan diplomatis. Ketika ditanya apakah ia mempunyai pesan kepada mereka yang merobohkan tembok tersebut, ia menjawab dengan penuh simpati, “Sampaikan fakta yang ada sebelum Anda mulai melakukan sesuatu. Facebook adalah hal yang berbahaya.”

Hill berharap tembok itu selesai dalam beberapa jam ke depan, dan mengatakan jika dia harus membangunnya kembali, dia tidak akan ragu.

Baca Juga: PM Inggris Kecam Komentar Elon Musk soal 'Perang Saudara Tak Bisa Dihindari'

Dilihat 5,4 juta kali di X, para komentator memuji Hill yang mendemonstrasikan apa itu “menjadi orang Inggris.”

Anggota parlemen Konservatif Saqib Bhatti menyebutnya sebagai “legenda”. Direktur Islamic Relief UK, Tufail Hussain, setuju dengan gambaran tersebut, dan mengatakan bahwa “Tony Hill dan semua yang hadir hari ini untuk mendukung komunitas lokal di Southport adalah legenda yang mutlak.” Pengguna X lainnya berkomentar bahwa “kita semua harus menjadi lebih seperti Tony Hill.”

Editor: Aprilo Ade Wismoyo

Tag:  #viral #tukang #batu #bangun #kembali #masjid #yang #dibakar #perusuh #inggris

KOMENTAR