Video Pasukan Israel Ledakkan Markas Gerakan Fatah Saat Menyerbu Nablus di Tepi Barat
Tangkap layar video peledakan Markas gerakan Fatah oleh pendudukan Israel saat menyerbu kawasan Kamp Balata, wilayah Nablus, Tepi Barat, Rabu (7/8/2024). 
17:00
7 Agustus 2024

Video Pasukan Israel Ledakkan Markas Gerakan Fatah Saat Menyerbu Nablus di Tepi Barat

Sumber-sumber Palestina melaporkan, pasukan pendudukan Israel (IDF) meledakkan markas besar gerakan Fatah, Rabu (7/8/2024) saat mereka menyerbu kamp Balata, sebelah timur Nablus di Tepi Barat.

Badan Berita dan Informasi Palestina (Wafa) mengutip sumber yang mengatakan, “Pasukan pendudukan Israel menyerbu wilayah timur Jalan Al-Quds dan pos pemeriksaan militer Beit Furik, disertai dengan buldoser, dan menggerebek sejumlah rumah di wilayah Kamp Balata di tengah baku tembak, bom suara, dan gas, dan dilanjutkan dengan meledakkan markas gerakan Fatah di tengah kamp.”

Laporan menunjukkan kalau markas besar gerakan Fatah telah menjadi sasaran operasi pengeboman dan bombardemen sebelumnya.

"Setelah menyerbu di wilayah timur kota, beberapa kendaraan militer (israel) juga menyerbu kota dari daerah Jabal al-Tur, dan melakukan penggerebekan di sejumlah lingkungan di Kota Tua dan memotret beberapa situasi di sana, tanpa mencatat adanya korban jiwa," tulis laporan Khaberni mengutip Wafa.

Di bawah ini adalah video peledakan Markas Gerakan Fatah oleh IDF:

Ikut Bergabung dalam Perlawanan 

Perlawanan milisi Palestina di Tepi Barat kini meluas dan tidak hanya melibatkan dua faksi besar, Hamas dan PIJ, namun juga mulai mengusik gerakan Fatah untuk ikut bergabung melawan Israel.

Sepanjang Juli kemarin, bentrokan sengit meletus antara pejuang perlawanan dan pasukan Pendudukan Israel menyusul serangan ke kamp pengungsi Nur Shams di Tulkarem, Tepi Barat bagian utara,

Brigade Martir Al-Aqsa, sayap militer gerakan Fatah, mengumumkan pada awal Juli kalau para petempur mereka terlibat dalam konfrontasi bersenjata yang intens dengan pasukan Israel.

Bentrokan dimulai setelah pasukan Pendudukan Israel, disertai kendaraan militer dan buldoser, menyerbu kota tersebut.

Pendudukan Israel memberlakukan pengepungan di pintu masuk kamp Nur Shams pada Senin pagi, mengerahkan penembak jitu di atap-atap bangunan tempat tinggal.

Situasi masih tegang karena pejuang perlawanan dan pasukan Israel terus terlibat baku tembak besar-besaran.

Anggota gerakan Jihad Islam Palestina (PIJ) atau Brigade Al-Quds mengacungkan senjatanya, berparade di jalan-jalan Kota Gaza pada 5 Januari 2022. Anggota gerakan Jihad Islam Palestina (PIJ) atau Brigade Al-Quds mengacungkan senjatanya, berparade di jalan-jalan Kota Gaza pada 5 Januari 2022. (Mahmud ham / AFP)

Gabungkan Kekuatan

Pada Selasa (25/6/2024), milisi perlawanan Palestina menyatukan serangan di Tepi Barat dalam menanggapi serangan pasukan pendudukan Israel.

Operasi gabungan itu dilakukan dalam rangkaian operasi yang melibatkan bahan peledak dan tembakan.

Operasi itu menunjukkan sejumlah faksi militer perlawanan dari Hamas, Fatah, dan PIJ menyatukan serangan mereka dalam mengadang penyerbuan pasukan Israel (IDF) yang merangsek ke sejumlah kota di Tepi Barat.

Kelompok Ksatria Malam Brigade Martir Al-Aqsa (cabang Brigade Al-Quds sayap militer Fatah), bersama dengan Brigade Martir Izz al-Din al-Qassam (sayap militer Hamas) di Tulkarem, mengumumkan melaksanakan operasi melawan pasukan pendudukan.

Brigade Tulkarm, yang berafiliasi dengan Brigade Al-Quds (sayap militer PIJ), mengatakan hari ini, kalau para petempurnya, pada hari Minggu, membunuh dan melukai tentara pendudukan dalam penyergapan terkendali di Bat Hefer dengan meledakkan alat peledak dari jarak jauh.

"Tentara pendudukan meninggalkan kami dalam keadaan tewas dan terluka," tulis pernyataan Brigade Tulkarm dilansir Khaberni, Selasa (25/6/2024).

Batalyon Tulkarm, cabang tempur Brigade Al-Quds, sayap militer gerakan PIJ Batalyon Tulkarm, cabang tempur Brigade Al-Quds, sayap militer gerakan PIJ.

Israel Legalisasi Lima Pos Kolonial di Tepi Barat

Selain karena intensitas penyerbuan IDF ke kota-kota di Tepi Barat, gencaranya perlawanan para faksi milisi Palestina di Tepi Barat juga dipicu oleh pencaplokan lahan yang kian masif oleh pihak pendudukan. 

Terbaru, Kementerian Luar Negeri dan Ekspatriat Palestina mengecam keras persetujuan Kabinet Pendudukan Israel atas legalisasi lima pos terdepan di Tepi Barat dan kemajuan rencana pembangunan ribuan “unit kolonial” baru di Tepi Barat.

Dalam sebuah pernyataan yang dirilis pada hari Jumat, Kementerian Palestina menyatakan keprihatinan besar atas kejahatan yang terus dilakukan oleh pemerintah Israel dalam memperluas pemukiman dan memperdalam politik apartheid, yang bertujuan untuk menutup pintu terhadap setiap peluang untuk mewujudkan negara Palestina.

Keputusan ini menyatakan, pemerintah Pendudukan Israel bertanggung jawab penuh dan langsung” atas konsekuensi dan dampak serius terhadap konflik dan seluruh wilayah.

PERLUASAN PEMUKIMAN YAHUDI DI TEPI BARAT - Dua pasukan pendudukan Israel terlihat dengan latar belakangan pemukiman Yahudi Israel di kawasan Tepi Barat. Israel dilaporkan menyetujui perluasan pemukiman di Tepi Barat, termasuk Yerusalem dan Betlehem, dalam serangkaian pembangunan besar-besaran yang belum pernah terjadi sebelumnya. PERLUASAN PEMUKIMAN YAHUDI DI TEPI BARAT - Dua pasukan pendudukan Israel terlihat dengan latar belakangan pemukiman Yahudi Israel di kawasan Tepi Barat. Israel dilaporkan menyetujui perluasan pemukiman di Tepi Barat, termasuk Yerusalem dan Betlehem, dalam serangkaian pembangunan besar-besaran yang belum pernah terjadi sebelumnya. (File Photo/JN)

Kementerian menegaskan bahwa meningkatnya aktivitas pemukiman di Tepi Barat yang diduduki, termasuk Yerusalem Timur, merupakan tantangan besar terhadap resolusi internasional yang relevan, khususnya Resolusi 2334.

Hal ini mewakili pengabaian resmi Israel terhadap konsensus internasional yang menolak penjajahan sebagai hambatan dalam penerapan solusi dua negara – sesuai dengan pernyataan tersebut.

Kementerian Palestina menyerukan intervensi mendesak Amerika dan internasional untuk menghentikan tindakan sepihak ilegal ini, menerapkan sanksi internasional yang bersifat memberikan efek jera terhadap seluruh sistem apartheid kolonial, dan memberikan tekanan nyata pada pemerintah “Israel” untuk menghentikan kegiatan pemukiman dan mematuhi keinginan internasional untuk perdamaian.

(oln/khbrn/rntv/*)

Tag:  #video #pasukan #israel #ledakkan #markas #gerakan #fatah #saat #menyerbu #nablus #tepi #barat

KOMENTAR