Kamala Harris Resmi Menjadi Calon Presiden Amerika Serikat dari Partai Demokrat
Kamala Harris (Instagram/kamalaharris)
14:32
6 Agustus 2024

Kamala Harris Resmi Menjadi Calon Presiden Amerika Serikat dari Partai Demokrat

Wakil Presiden Amerika Serikat, Kamala Harris secara resmi ditetapkan sebagai calon presiden dari Partai Demokrat. Perempuan yang memiliki darah India itu dipilih setelah tidak ada penantang yang muncul sebelum batas waktu pada 27 Juli.

Hal ini menghilangkan kemungkinan konvensi terbuka Partai Demokrat di Chicago pada bulan Agustus.

Pengesahan resmi untuk Harris datang setelah dukungan dari mantan Presiden Barack Obama dan mantan Ibu Negara Michelle Obama bulan lalu. Dalam sebuah panggilan telepon yang direkam untuk media sosial, Presiden Obama mengatakan kepada Harris, akan melalukan upaya untuk mendukungnya.

Kamala Harris dan Joe Biden (Instagram/kamalaharris)Kamala Harris dan Joe Biden (Instagram/kamalaharris)

"Kami menelepon untuk mengatakan bahwa Michelle dan saya sangat bangga mendukung Anda dan akan melakukan segala yang kami bisa untuk membantu Anda memenangkan pemilihan ini dan masuk ke Gedung Putih." kata Obama, dikutip Suara.com dari Mirror.

Baca Juga: Video 'Deepfake' Kamala Harris Dinilai Meresahkan, Suasana Kampanye Makin Panas usai Elon Musk 'Usil'

Selain Obama, dukungan untuk Harris juga datang dari Bill dan Hillary Clinton, mantan Ketua DPR Nancy Pelosi, aktor George Clooney, serta penyanyi Cardi B, Ariana Grande, dan Charli XCX. Mereka semua menyatakan dukungan mereka untuk Harris dalam melawan Donald Trump pada pemilihan mendatang.

Setelah Presiden Joe Biden mengumumkan bahwa ia tidak akan mencalonkan diri kembali, sumbangan untuk Partai Demokrat melonjak.

Hampir seketika, dukungan senilai $50 juta (£38,7 juta) mengalir masuk, dengan serikat pekerja dan kelompok advokasi juga mendukung Harris.

Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden AS Kamala Harris pada KTT ASEAN-AS, di Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta, Rabu (06/09/2023). (Foto: Media Center ASEAN 2023)Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden AS Kamala Harris pada KTT ASEAN-AS, di Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta, Rabu (06/09/2023). (Foto: Media Center ASEAN 2023)

Kamala Harris adalah seorang politisi dan pengacara Amerika Serikat yang saat ini menjabat sebagai Wakil Presiden Amerika Serikat, mendampingi Presiden Joe Biden. Ia memulai kariernya sebagai jaksa, dan pada tahun 2004, dan terpilih sebagai Jaksa Distrik San Francisco.

Pada tahun 2010, Harris terpilih sebagai Jaksa Agung California, menjadikannya wanita pertama dan orang kulit berwarna pertama yang memegang posisi tersebut. Ia terpilih kembali pada tahun 2014.

Baca Juga: Cari Pemimpin yang Serius Urus Rakyat, Demokrat DKI: Jangan Jadikan Pilkada Jakarta Sebagai Lompatan ke Pilpres

Kemudiian pada tahun 2016, Harris terpilih sebagai Senator Amerika Serikat dari California. Selama masa jabatannya, ia aktif dalam berbagai isu seperti reformasi peradilan pidana, perawatan kesehatan, dan hak-hak imigran.

Istri dari Doug Emhoff itu lantas terpilih sebagai Wakil Presiden Amerika Serikat pada pemilihan presiden 2020, mendampingi Joe Biden. Pelantikan mereka berlangsung pada 20 Januari 2021.

Harris adalah wanita pertama, orang Afrika-Amerika pertama, dan orang Asia-Amerika pertama yang menjabat sebagai Wakil Presiden Amerika Serikat.

Editor: Bella

Tag:  #kamala #harris #resmi #menjadi #calon #presiden #amerika #serikat #dari #partai #demokrat

KOMENTAR