Minat Menginap? Bunker Nazi di Jerman Disulap Jadi Hotel Mewah, Ini Fasilitasnya
Ilustrasi hotel. (Unsplash.com/ Dan Gold)
15:12
5 Agustus 2024

Minat Menginap? Bunker Nazi di Jerman Disulap Jadi Hotel Mewah, Ini Fasilitasnya

Sebuah bekas bunker besar Nazi di Jerman yang dianggap terlalu rumit untuk dihancurkan telah diubah menjadi pusat hotel mewah yang dipenuhi restoran, ruang konser, dan teras atap.

Bangunan lima lantai di distrik St Pauli di Hamburg telah menjulang di kota selama beberapa dekade sebagai salah satu bunker terbesar di dunia dengan sejarah kelam yang terkait dengan rezim Nazi.

Kini atap beton abu-abunya telah ditumbuhi tanaman hijau sebagai bagian dari proyek renovasi lima tahun senilai $100 juta yang mencakup hotel dengan 134 kamar tidur.

Bukan hanya itu, hotel yang memanfaatkan bangunan kuno dan bersejarah ini juga dilengkapi dengan fasilitas mewah. Mulai dari restoran dengan makanan lezat, gedung konser berkapasitas 2.000 kursi, dan taman komunitas untuk dinikmati penduduk setempat, lapor AFP.

Baca Juga: Ratusan Banser Bersiaga di Depan Kantor PBNU Usai Ada Perintah Sikat dan Gebuk Pendemo

Ilustrasi hotel bintang 5. (Envato)Ilustrasi hotel bintang 5. (Envato)

“Gagasan untuk meninggikan gedung dengan tanaman hijau adalah untuk menambah sesuatu yang damai dan positif pada blok besar peninggalan kediktatoran Nazi ini,” kata Anita Engels dari asosiasi lingkungan setempat Hilldegarden.

Selama Perang Dunia II, Nazi membangun bunker St Pauli pada tahun 1942 sebagai serangkaian “menara antipeluru” besar yang berfungsi sebagai tempat berlindung selama serangan udara, serta propaganda pemerintahan Hitler atas Jerman.

Dua bunker era Nazi dibangun di Hamburg, tiga di Berlin, dan tiga lainnya di Wina. Semuanya tetap berdiri hingga saat ini kecuali salah satu bangunan di Berlin yang dihancurkan karena risiko keamanan.

Para pejabat telah memperingatkan bahwa bahan peledak yang diperlukan untuk menghancurkan bunker – yang memiliki dinding luar setebal lebih dari 8 kaki dan atap yang terbuat dari beton bertulang setinggi 11,5 kaki – akan menimbulkan risiko yang terlalu besar bagi daerah berpenduduk padat.

Kompleks St Pauli menampung hingga 25.000 warga sipil selama pemboman Sekutu pada Operasi Gomora pada Juli 1943, yang menyebabkan kota Hamburg hancur.

Baca Juga: 4 Anime Isekai dengan Konsep Reinkarnasi yang Super Aneh

Setelah perang, Bunker St. Pauli digunakan untuk menampung para tunawisma di Hamburg sebelum diubah menjadi ruang kantor untuk pusat penyiaran TV dan perusahaan periklanan pada tahun 1950-an.

Lantai bawah akhirnya menjadi tempat para musisi dan kehidupan malam, sementara bagian lain menjadi stasiun radio dan bahkan pusat kebugaran pendakian.

Pada tahun 2019, kota Hamburg dan investor swasta meluncurkan proyek renovasi untuk mengubah bunker sepenuhnya – sebagai bagian dari “proses deNazifikasi” yang baru, menurut situs web properti tersebut.

Proposal tersebut muncul setahun setelah markas besar Gestapo, polisi rahasia Nazi, dibuka kembali sebagai ruang mewah yang menampung butik, kantor, dan apartemen di Hamburg.

Kota ini sebelumnya mengubah menara antipeluru lainnya menjadi pembangkit listrik mini yang menghasilkan listrik dari sumber terbarukan.

Sementara Jerman dan Austria terus menangani masalah renovasi bangunan Nazi untuk keperluan modern, St Pauli akan mengenang masa lalunya dengan pameran museum yang terletak di lantai pertama.

Ilustrasi bunker. (Pixabay/tobbo)Ilustrasi bunker. (Pixabay/tobbo)

Saat renovasi sedang berlangsung, asosiasi lingkungan Hilldegarden mengumpulkan kesaksian dari orang-orang yang tinggal di bunker selama perang.

Kelompok ini juga menelusuri catatan orang-orang yang terpaksa membangunnya hanya dalam kurun waktu 300 hari, dan kisah mereka kini dapat dilihat di lokasi pameran.

Bersamaan dengan dua menara Hamburg, pejabat Jerman mengubah dua bunker yang tersisa di Berlin menjadi dua taman kota setelah menguburnya di bawah bukit buatan.

Salah satu menara antipeluru di Wina direnovasi menjadi akuarium umum seluas 43.000 kaki persegi.

Editor: Aprilo Ade Wismoyo

Tag:  #minat #menginap #bunker #nazi #jerman #disulap #jadi #hotel #mewah #fasilitasnya

KOMENTAR