Sundar Pichai Akhirnya Buka Suara Mengenai PHK yang Terjadi di Google, Hal ini Jadi Alasannya!
CEO Google, Sundar Pichai ketika berkunjung ke Gedung Putih di Washington, Amerika Serikat pada 23 Juni 2023. (Sumber: REUTERS/Evelyn Hockstein)
17:09
19 Januari 2024

Sundar Pichai Akhirnya Buka Suara Mengenai PHK yang Terjadi di Google, Hal ini Jadi Alasannya!

Beberapa hari terakhir ini kabar tidak sedap tengah menghantui salah satu raksasa teknologi yang juga pemilik mesin pencari populer yakni Google.

Google telah putuskan untuk melakukan PHK pada karyawan yang bekerja di perusahaannya. Divisi pengembangan perangkat, periklanan hingga YouTube harus kehilangan pekerjaan mereka.

Sundar Pichai, CEO Alphabet dan Google akhirnya buka suara mengenai apa yang terjadi di perusahaan yang ia pimpin.

Dilansir dari The Verge, ia mengatakan tahun ini akan menjadi tahun yang kurang menyenangkan sebab semakin banyak keputusan untuk rumahkan karyawan di perusahaan tersebut.

“Kami memiliki ambisi besar pada tahun ini dan akan memilih bidang investasi yang jadi prioritas,” ujar Sundai pada memo yang dibagikan pada seluruh karyawan Google.

Ia mengatakan keputusan berat tersebut harus diambil oleh perusahaan demi mencapai tujuan Google di masa depan.

Pichai menyebut bahwa PHK yang terjadi tahun ini akan berbeda dengan yang terjadi di tahun sebelumnya, sebab tidak seluruh tim terkena dampak dari keputusan tersebut.

Ia juga menyebut keputusan merumahkan tenaga kerja mereka tahun ini bertujuan untuk ‘percepat kecepatan dan efisiensi’ di beberapa divisi mereka.

100 Karyawan YouTube Jadi Korban Terbaru

Mengutip TechCrunch, 100 karyawan yang bekerja pada layanan berbagi video milik Google yakni YouTube juga terkena imbas keputusan PHK tersebut.

Salah satu juru bicara perusahaan tersebut mengatakan keputusan untuk mengurangi jumlah karyawan tersebut sudah diambil sejak paruh kedua 2023 lalu.

“Perubahan yang kami lakukan bertujuan untuk efisiensi pekerjaan serta menyelaraskan tenaga kerja kami untuk bidang yang lebih besar,” ujar juru bicara tersebut pada TechCrunch.

Sementara itu dilansir dari Tubefilter, karyawan YouTube yang terkena dampak dari keputusan PHK tersebut adalah para pekerja yang berada di divisi Partnerships.

Mary Ellen Coe, Chief Business Officer YouTube menyebut bahwa tim yang bertugas menaungi para konten kreator kedepannya akan berada dalam satu manajemen terpusat di setiap negara.

Perubahan tersebut tidak akan berdampak pada para kreator YouTube, sebab mereka tidak akan kehilangan manajer mereka.

Selain itu, para manajer dapat berfokus untuk memberikan layanan terbaik di negara yang mereka pegang tanpa harus bingung membantu wilayah lainnya.

Coe menjelaskan perubahan tersebut terkait dengan perubahan perkembangan komunitas yang menggunakan aplikasi berbagi video populer tersebut.

Ia menyebut kehadiran Shorts dan teknologi berbasis Artificial Intelligence (AI) akan membawa YouTube menjadi media yang menyediakan berbagai kebutuhan bagi penggunanya.

Editor: Nicolaus Ade

Tag:  #sundar #pichai #akhirnya #buka #suara #mengenai #yang #terjadi #google #jadi #alasannya

KOMENTAR