Amerika Serikat Panik? Pasang Jet Tempur dan Kapal Perang di Timur Tengah usai Israel Bunuh Haniyeh
Bendera Amerika Serikat (Freepik.com/vwaalakte)
12:52
5 Agustus 2024

Amerika Serikat Panik? Pasang Jet Tempur dan Kapal Perang di Timur Tengah usai Israel Bunuh Haniyeh

Amerika Serikat telah memesan kapal perang dan jet tempur tambahan ke Timur Tengah untuk mendukung Israel di tengah meningkatnya ketegangan di kawasan tersebut menyusul pembunuhan pemimpin Hamas Ismail Haniyeh di Iran dan komandan Hizbullah Fouad Shukur di Lebanon, Departemen Pertahanan AS (DOD) kata pada hari Jumat.

Haniyeh, kepala biro politik Hamas, tewas dalam serangan yang ditargetkan pada awal tanggal 31 Juli di sebuah wisma di ibu kota Iran, Teheran. Dia berada di kota itu untuk menghadiri upacara pelantikan Presiden Iran yang baru terpilih Masoud Pezeshkian.

Iran dan Hamas menuduh Israel melakukan serangan yang menewaskan Haniyeh. Namun, para pejabat Israel belum mengaku bertanggung jawab.

Pemimpin Hamas, Ismail Haniyeh (Instagram)Pemimpin Hamas, Ismail Haniyeh (Instagram)

Pasca pembunuhan Haniyeh, Pemimpin Tertinggi Iran Ayatollah Ali Khamenei memperingatkan bahwa Israel telah "menyiapkan hukuman berat bagi dirinya sendiri." Senada dengan itu, Korps Garda Revolusi Iran (IRGC) mengatakan dalam pernyataannya pada hari Sabtu bahwa balas dendam atas pembunuhan Haniyeh akan dilakukan “dengan cara yang kejam dan pada waktu, tempat, dan cara yang tepat.”

Baca Juga: Korps Garda Revolusi Iran Sebut Haniyeh Dibunuh dengan Proyektil Jarak Pendek

Pembunuhan Haniyeh terjadi sehari setelah Israel mengonfirmasi pihaknya telah membunuh komandan kelompok Hizbullah Shukur yang didukung Iran di Beirut, Lebanon. Serangan itu juga menewaskan sedikitnya lima warga sipil, menurut Kementerian Kesehatan Lebanon menurut Associated Press (AP), dan komandan Iran Milad Bidi.

Pada pemakaman Shukur pada hari Kamis, pemimpin Hizbullah Hassan Nasrallah memperingatkan “fase baru” dalam perang Israel-Hamas setelah serangan mematikan tersebut.

Pada hari Sabtu, setelah pemakaman Bidi, wakil komandan IRCG, Iraj Masjedi, mengatakan kepada outlet berita milik pemerintah Iran, Kantor Berita Republik Islam (IRNA) bahwa “Iran akan membalas dendam atas darah para martir perlawanan terhadap musuh Zionis.”

Kedua pembunuhan tersebut, yang terjadi di ibu kota kedua negara, telah meningkatkan ketegangan regional. Pada hari Sabtu, Kedutaan Besar AS di Beirut mengirimkan email yang memperingatkan warga di ibu kota “yang ingin meninggalkan Lebanon untuk memesan tiket apa pun yang tersedia bagi mereka,” dan mencatat bahwa beberapa maskapai penerbangan telah menangguhkan atau membatalkan penerbangan. Mereka memperingatkan mereka yang ingin tetap tinggal, untuk “mempersiapkan rencana darurat untuk situasi darurat dan bersiap untuk berlindung di tempat untuk jangka waktu yang lama.”

Dalam sebuah pernyataan pada hari Jumat, Wakil Sekretaris Pers Pentagon Sabrina Singh mengatakan Departemen Pertahanan mengambil langkah-langkah “untuk mengurangi kemungkinan eskalasi regional oleh Iran atau mitra dan proksi Iran,” dan menegaskan kembali “komitmen kuat AS terhadap pertahanan Israel.” "

Baca Juga: Nino Kuya Kuliah di Kampus Top Amerika Serikat, Berapa Sih Biayanya?

AS adalah sekutu terkuat Israel dan telah berulang kali menjanjikan dukungan diplomatik dan militer kepada negara tersebut setelah serangan Hamas terhadap Israel pada 7 Oktober 2023 yang menewaskan 1.200 orang dan mengakibatkan sekitar 250 orang disandera, dan sekitar 120 orang masih ditahan.

Israel sejak itu terlibat dalam berbagai serangan udara dan darat, menghancurkan sebagian besar Gaza sementara lebih dari 2,1 juta warga Palestina mengungsi dan membunuh lebih dari 39.000 orang, menurut Kementerian Kesehatan Gaza, menurut AP.

Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden. [Instagram/@joebiden]Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden. [Instagram/@joebiden]

Pada Kamis malam, Presiden Joe Biden menegaskan kembali komitmen AS untuk melindungi Israel dalam percakapan dengan Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu.

Singh menambahkan pada hari Jumat bahwa “untuk mempertahankan kehadiran kelompok tempur kapal induk di Timur Tengah, Menteri [Lloyd Austin] telah memerintahkan Kelompok Kapal Induk USS Abraham Lincoln untuk menggantikan Kelompok Kapal Induk USS Theodore Roosevelt, yang saat ini ditempatkan di Komando Pusat. bidang tanggung jawabnya."

Selain kesiapsiagaan laut, “Menteri juga telah memerintahkan pengerahan skuadron tempur tambahan ke Timur Tengah, memperkuat kemampuan dukungan pertahanan udara kami.”

DOD juga “memerintahkan tambahan kapal penjelajah dan kapal perusak berkemampuan pertahanan rudal balistik ke wilayah Komando Eropa AS dan Komando Pusat AS,” dan meningkatkan kesiapan “untuk mengerahkan tambahan pertahanan rudal balistik berbasis darat.”

Awal pekan ini, Menteri Departemen Pertahanan Lloyd Austin mengatakan kepada media di kapal USNS Millinocket, “Jika Israel diserang, kami pasti akan membantu membela Israel,” dan menambahkan, “Anda melihat kami melakukan hal itu pada bulan April; Anda dapat berharap melihat kami melakukan hal yang sama lagi. "

Pada hari Jumat, ia menegaskan kembali dukungan militer AS kepada Menteri Pertahanan Israel Yoav Gallant, dan memberitahunya tentang “perubahan postur kekuatan pertahanan yang sedang berlangsung dan di masa depan” yang akan diterapkan departemen tersebut untuk mendukung pertahanan Israel.

Pada bulan April, AS, bersama dengan sekutu Israel lainnya seperti Inggris dan Prancis, terlibat dalam mencegat serangan drone dan rudal Iran yang belum pernah terjadi sebelumnya yang ditembakkan ke Israel.

Editor: Aprilo Ade Wismoyo

Tag:  #amerika #serikat #panik #pasang #tempur #kapal #perang #timur #tengah #usai #israel #bunuh #haniyeh

KOMENTAR