Kontingen Ukraina Girang, Atlet Rusia di Olimpiade Paris Terbatas dan Tak Wakili Negaranya
Potret Bendera Rusia dan Ukraina. (Allkpop)
20:16
1 Agustus 2024

Kontingen Ukraina Girang, Atlet Rusia di Olimpiade Paris Terbatas dan Tak Wakili Negaranya

Ketua delegasi Olimpiade Ukraina memuji terbatasnya jumlah atlet Rusia di Olimpiade Paris, yang harus bersaing secara netral (tak bertanding atas nama negara Rusia), karena perang antara kedua negara sudah memasuki tahun ketiga.

Vadym Guttsait mengatakan kepada Associated Press dalam sebuah wawancara bahwa Ukraina memulai upaya untuk mengurangi jumlah atlet Rusia dan Belarusia setelah pasukan Kremlin menginvasi Ukraina pada tahun 2022 dan terus menekannya hingga dimulainya Olimpiade di Paris. Belarus adalah sekutu utama Moskow.

“Selama perang, mereka tidak mendapat tempat di dunia internasional,” kata Guttsait. “Karena setiap hari rakyat, perempuan dan anak-anak kami dibunuh. Setiap hari mereka mengebom kami, dan rudal-rudalnya terbang di atas negara kami.”

Logo Olimpiade (International Olympic Committee)Logo Olimpiade (International Olympic Committee)

Hanya 15 atlet Rusia yang akan berkompetisi di Olimpiade tersebut dan mereka tidak akan secara resmi mewakili Rusia. Rusia dan negara tetangganya Belarus dilarang mengirimkan tim nasional karena perang di Ukraina, sehingga atlet yang disetujui untuk berkompetisi dari negara-negara tersebut akan melakukannya dengan status netral, termasuk bintang tenis Daniil Medvedev, yang memenangkan AS Terbuka pada tahun 2021.

Baca Juga: Kontroversi Olimpiade Paris: Atlet Transgender Ikuti Tinju Putri, Lawan Auto Babak-belur!

“Bukan apa-apa,” kata Guttsait soal kehadiran Rusia di Olimpiade 2024. “Ini sudah merupakan kemenangan.”

Di Rusia, Olimpiade ditampilkan secara negatif atau tidak ditampilkan sama sekali di media. Pendekatan utama surat kabar adalah membesar-besarkan hal-hal negatif, menulis tentang kejahatan di Paris dan ketidaknyamanan barikade yang ditempatkan di seluruh kota. Saluran TV pemerintah Rusia tidak menyiarkan acara apa pun.

Juru bicara Kremlin Dmitry Peskov dan juru bicara Kementerian Luar Negeri Maria Zakharova keduanya mengecam upacara pembukaan Olimpiade karena pertunjukan ramah LGBTQ. Zakharova juga menyinggung hujan yang membasahi upacara dan mengganggu kebersihan Sungai Seine.

Rusia menolak mengirimkan atlet di beberapa cabang olahraga, termasuk gulat dan judo. Federasi gulat Rusia keberatan dengan pilihan Komite Olimpiade Internasional (IOC) yang memilih pegulat mana yang akan diundang, dengan mengatakan bahwa pertarungan tersebut tidak akan lengkap tanpa atlet Rusia dan bahwa “setiap orang yang waras memahami bahwa status Olimpiade sebagai acara olahraga paling penting sedang dipertanyakan. ”

Penampilan atlet Rusia di Paris merupakan perubahan besar dari Olimpiade Tokyo yang diadakan pada tahun 2021, di mana Rusia memiliki lebih dari 300 atlet yang berpartisipasi di bawah nama tim ROC (Komite Olimpiade Rusia) karena skandal doping. Mereka meraih 71 medali.

Baca Juga: Indonesia Sisakan 2 Wakil di Badminton Olimpiade Paris 2024, Fajar/Rian dan Gregoria Berjuang Rebut Medali

Editor: Aprilo Ade Wismoyo

Tag:  #kontingen #ukraina #girang #atlet #rusia #olimpiade #paris #terbatas #wakili #negaranya

KOMENTAR