Kamala Harris Tanggapi Isu Ras, Sebut Rakyat Amerika Layak Dapat yang Lebih Baik dari Trump
Kamala Harris (Instagram/kamalaharris)
17:16
1 Agustus 2024

Kamala Harris Tanggapi Isu Ras, Sebut Rakyat Amerika Layak Dapat yang Lebih Baik dari Trump

Wakil Presiden Kamala Harris mengatakan pada hari Rabu bahwa rakyat Amerika berhak mendapatkan yang lebih baik daripada mantan Presiden Donald Trump setelah dia mempertanyakan etnisnya.

Trump kembali melontarkan kecaman pada hari Rabu di sebuah konvensi jurnalis kulit hitam, dan menuduh Harris “mengubah [ing] Kulit Hitam” demi kepentingan politik. Harris dijadwalkan menyampaikan pidato pada konferensi dua tahunan mahasiswi kulit hitam Sigma Gamma Rho di Houston, Texas, hanya beberapa jam kemudian.

“Kami semua di sini ingat seperti apa empat tahun itu, dan hari ini kami diberi pengingat lain,” kata Harris kepada hadirin. “Itu adalah pertunjukan lama yang sama, perpecahan dan rasa tidak hormat.”

“Rakyat Amerika berhak mendapatkan pemimpin yang mengatakan kebenaran, pemimpin yang tidak menanggapi dengan permusuhan dan kemarahan ketika dihadapkan pada fakta,” lanjutnya. “Kita berhak mendapatkan pemimpin yang memahami bahwa perbedaan tidak memecah belah kita.”

Baca Juga: 4 Film India Terbaik yang Dibintangi Dulquer Salmaan, Ada Sita Ramam

Donald Trump (instagram/donaldtrump)Donald Trump (instagram/donaldtrump)

Trump telah lama mempertanyakan identitas ras lawan-lawannya, dan merupakan pendukung teori konspirasi “birther” yang tidak berdasar yang menyatakan bahwa mantan Presiden Barack Obama bukan warga negara AS.

“Saya sudah lama mengenalnya – secara tidak langsung, tidak secara langsung – dan dia selalu merupakan keturunan India dan dia hanya mempromosikan warisan India,” kata Trump saat menjawab pertanyaan dari moderator Rachel Scott dari ABC News. “Saya tidak tahu dia berkulit hitam sampai beberapa tahun yang lalu ketika dia berubah menjadi Hitam. Dan sekarang dia ingin dikenal sebagai Black.”

“Jadi, saya tidak tahu, apakah dia orang India atau dia berkulit hitam?”

Haris lahir di Kalifornia. Dia adalah putri imigran Jamaika dan India.

Dalam wawancaranya pada hari Rabu, mantan presiden tersebut juga menyerang Scott dan majikannya karena bersikap “jahat” dan “kasar” setelah dia menanyainya mengenai tuduhannya terhadap Obama dan pernyataannya bahwa imigran mengambil “pekerjaan kulit hitam.”

Baca Juga: Elon Musk Protes 'Donald Trump' Jadi 'Donald Duck', Begini Respons Google

Trump telah meningkatkan kritiknya terhadap ABC News, yang akan mengadakan debat presiden lagi pada 10 September, karena ia berusaha untuk tidak memenuhi komitmennya untuk hadir.

Awal pekan ini, dia mengatakan bahwa meskipun dia “mungkin” akan berhadapan dengan Harris di panggung debat, dia tidak yakin hal itu akan menguntungkan pencalonannya sendiri.

Kamala Harris. (Instagram @kamalaharris & ANTARA FOTO/REUTERS/Steve Marcus/ama/cfo)Kamala Harris. (Instagram @kamalaharris & ANTARA FOTO/REUTERS/Steve Marcus/ama/cfo)

“Semua orang tahu siapa saya,” katanya kepada Fox News.

Harris memberikan tantangannya sendiri sebagai tanggapan, mendesak mantan presiden untuk hadir.

Di Houston, wakil presiden memilih pencalonannya sebagai pilihan antara masa depan dan masa lalu, dan meminta mereka yang berkumpul untuk membantu memberikan suara menjelang bulan November.

“Saat kita berorganisasi, gunung-gunung akan bergerak,” kata Harris. “Saat kita melakukan mobilisasi, negara-negara berubah. Dan ketika kami memilih, kami membuat sejarah.”

Editor: Aprilo Ade Wismoyo

Tag:  #kamala #harris #tanggapi #sebut #rakyat #amerika #layak #dapat #yang #lebih #baik #dari #trump

KOMENTAR