Terima Bantuan Rusia, Kim Jong Un Siapkan Putrinya untuk Memimpin Korea Utara?
Kim Jong Un dan Kim Ju Ae dengan jaket yang diduga senilai puluhan juta rupiah (KCNA via KNS)
13:40
30 Juli 2024

Terima Bantuan Rusia, Kim Jong Un Siapkan Putrinya untuk Memimpin Korea Utara?

Korea Utara diduga telah menerima bantuan dari Rusia atas upayanya yang gagal pada bulan Mei dalam meluncurkan satelit pengintaian, kata anggota parlemen Korea Selatan pada hari Senin, seperti yang diungkap agen mata-mata negara tersebut.

Korea Utara menyebut pihaknya menggunakan "mesin oksigen cair dan minyak bumi" baru di satelit tersebut, yang meledak beberapa menit setelah lepas landas.

Namun Badan Intelijen Nasional (NIS) Seoul mengatakan kepada anggota parlemen bahwa tidak ada tanda-tanda Korea Utara telah mengembangkan mesin semacam itu, dan kemungkinan mesin tersebut berasal dari Rusia.

“Mengingat oksigen cair dan minyak tanah digunakan dalam mesin untuk pertama kalinya, kemungkinan besar mereka mendapat dukungan Rusia,” Lee Seong-kweun, anggota komite intelijen parlemen, mengatakan kepada wartawan setelah diberi pengarahan oleh NIS.

Baca Juga: Peringatan Perang! Korea Utara Bersumpah Hancurkan Total Siapa Saja Musuhnya

Badan tersebut mengatakan bahwa Moskow juga membantu keberhasilan peluncuran satelit pengintaian pertama Pyongyang pada November lalu, dua bulan setelah kunjungan langka pemimpin Korea Utara Kim Jong Un ke Rusia, di mana Presiden Vladimir Putin berjanji untuk membantunya membangun satelit.

Putin membalasnya dengan kunjungan ke Pyongyang pada bulan Juni, di mana kedua belah pihak menandatangani pakta “kemitraan strategis yang komprehensif”. Rusia dan Korea Utara membantah adanya transaksi senjata namun berjanji untuk meningkatkan kerja sama militer.

Kim Jong Un dan Kim Ju Ae dengan jaket yang diduga senilai puluhan juta rupiah (KCNA via KNS)Kim Jong Un dan Kim Ju Ae dengan jaket yang diduga senilai puluhan juta rupiah (KCNA via KNS)

Lee juga mengatakan putri Kim, Ju Ae, sedang dilatih untuk menjadi pemimpin berikutnya, mengutip NIS. Media pemerintah Korea Utara telah memberitakan aktivitas publiknya, namun tidak memberitakan masa depan politiknya.

Park Sun-won, anggota komite lainnya, mengatakan NIS mengatakan kepada mereka bahwa dakwaan baru-baru ini di Amerika Serikat terhadap Sue Mi Terry, seorang pakar kebijakan luar negeri yang pernah bekerja untuk CIA dan Dewan Keamanan Nasional Gedung Putih, tidak berdampak apa pun. tentang kerja sama intelijen antara Washington dan Seoul.

Terry didakwa awal bulan ini atas tuduhan bahwa dia bekerja sebagai agen tidak terdaftar pemerintah Korea Selatan dengan imbalan barang-barang mewah dan hadiah lainnya.

Baca Juga: AIN, Panji Atlet Rusia-Belarus di Olimpiade Paris 2024

Dakwaan tersebut mengejutkan banyak pejabat Seoul pada saat Presiden Joe Biden dan Yoon Suk Yeol meningkatkan kemitraan keamanan.

“NIS mengatakan mereka bekerja keras untuk mengambil pelajaran dari kejadian ini,” kata Park. “Tetapi tidak ada masalah besar dengan kerja sama intelijen antara kedua negara, dan kerja sama ini sebenarnya sedang berkembang.”

Editor: Aprilo Ade Wismoyo

Tag:  #terima #bantuan #rusia #jong #siapkan #putrinya #untuk #memimpin #korea #utara

KOMENTAR