Kontroversi 'Perjamuan Terakhir' di Olimpiade Paris, Penghujatan atau Salah Paham?
Acara pembukaan Olimpiade Paris 2024 parodikan ''Perjamuan Terakhir'' tuai kecaman (X /Olympics)
13:48
29 Juli 2024

Kontroversi 'Perjamuan Terakhir' di Olimpiade Paris, Penghujatan atau Salah Paham?

Kalangan konservatif yang marah dengan Olimpiade Paris mungkin perlu mengubah kritik mereka terhadap upacara pembukaan hari Jumat lalu.

Beberapa orang marah atas sketsa yang tampak menyerupai interpretasi “Perjamuan Terakhir” karya Leonardo da Vinci, sebuah lukisan abad ke-15 yang menggambarkan Yesus Kristus dan 12 muridnya pada jamuan makan terakhir yang menentukan.

Namun hal tersebut, yang dikecam sebagai “penghujatan” oleh banyak orang di sayap kanan Amerika, sebenarnya mengacu pada sesuatu yang sama sekali berbeda, menurut Thomas Jolly, direktur artistik upacara pembukaan.

Logo Olimpiade (International Olympic Committee)Logo Olimpiade (International Olympic Committee)

Jolly mengklarifikasi visinya saat tampil di media Prancis pada hari Minggu, menjelaskan bahwa adegan tersebut merupakan penghormatan kepada Dionysus, dewa dekadensi dan perayaan Yunani.

Baca Juga: Laga Kedua Fase Grup, Apriyani/Fadia Kembali Gagal Raih Kemenangan

“Ada Dionysus yang hadir di meja ini,” kata Jolly kepada outlet televisi Prancis BFMTV tentang sosok berpakaian minim berwarna biru di tengah tablo, menurut interpretasi NBC News. “Dia ada di sana karena dia adalah dewa perayaan dalam mitologi Yunani.”

“Idenya adalah mengadakan perayaan pagan yang berhubungan dengan dewa-dewa Olympus,” katanya. “Anda tidak akan pernah menemukan dalam diri saya keinginan untuk mengejek dan merendahkan siapa pun.”

Jolly mendapat dukungan dalam postingan di akun resmi Olimpiade di X (sebelumnya Twitter), yang berbunyi: “Penafsiran Dewa Yunani Dionysus menyadarkan kita akan absurditas kekerasan antar manusia.”

Sebuah mozaik kaca di sebuah gereja di Belgia menggambarkan kisah perjamuan terakhir Yesus. Dalam pelukisan itu Yesus digambarkan sedang memegang piala berisi anggur (Shutterstock).Sebuah mozaik kaca di sebuah gereja di Belgia menggambarkan kisah perjamuan terakhir Yesus. Dalam pelukisan itu Yesus digambarkan sedang memegang piala berisi anggur (Shutterstock).

Meskipun adegan tersebut tidak ada hubungannya dengan mahakarya “The Last Supper” atau agama Kristen, juru bicara Paris 2024 Anne Descamps meminta maaf pada hari Minggu pada konferensi pers “jika ada yang tersinggung” dari pertunjukan tersebut.

Setelah empat jam pembukaan Olimpiade ditayangkan pada hari Jumat, banyak tokoh konservatif Amerika yang terkenal secara terbuka menentang tontonan tersebut.

Baca Juga: Hasil Bulu Tangkis Olimpiade 2024: Anthony Ginting Sikat Tunggal AS Dalam Tempo 34 Menit

Ketua DPR Mike Johnson (R-La.) mengatakan segmen Dionysus membuat “ejekan” terhadap iman Kristennya, dan Donald Trump Jr., menyebut upacara pembukaan Paris sebagai upaya “tampaknya setan” untuk mendorong “ideologi yang terbangun.”

Editor: Aprilo Ade Wismoyo

Tag:  #kontroversi #perjamuan #terakhir #olimpiade #paris #penghujatan #atau #salah #paham

KOMENTAR