Ada yang Berumur 88 Tahun, Geng Kakek Perampok Mengguncang Jepang Curi Perhiasan dan Wiski
ilustrasi pencurian, pencuri, maling. [Envato Elements]
16:28
27 Juli 2024

Ada yang Berumur 88 Tahun, Geng Kakek Perampok Mengguncang Jepang Curi Perhiasan dan Wiski

Polisi Jepang baru-baru ini menangkap sekelompok penjahat yang tidak biasa, tiga kakek berusia akhir enam puluhan, tujuh puluhan, dan delapan puluhan yang dituduh membobol setidaknya dua rumah dan mencurigai sepuluh perampokan lainnya.

Hideo Umino, 88, Hidemi Matsuda, 70, dan Kenichi Watanabe, 69 diduga bertemu di balik jeruji besi dan memutuskan untuk bekerja sama setelah dibebaskan agar dapat melakukan kejahatan dengan lebih efisien. Ketiganya, yang dijuluki “G3S” oleh polisi (homofon untuk 'kakek' dalam bahasa Jepang), dituduh membobol sebuah rumah kosong di Sapporo, kota utama di pulau Hokkaido pada bulan Mei dan mencuri 200 yen ($1,3) dan tiga botol wiski bernilai sekitar 10.000 yen ($65). bulan berikutnya, mereka diduga merampok rumah kosong lainnya dan mencuri perhiasan senilai sekitar satu juta yen (US$6.400). Polisi saat ini sedang menyelidiki keterlibatan kelompok tersebut dalam 10 perampokan lainnya di kota Sapporo dan Ebetsu.

Di usia di mana sebagian besar masyarakat sibuk menikmati masa pensiun atau merawat tubuh yang sakit, G3S disinyalir sedang merencanakan perampokan. Menurut pernyataan polisi, ketiga mantan narapidana tersebut berencana untuk bekerja sama di balik jeruji besi, menetapkan peran yang jelas dan tepat untuk diri mereka sendiri. Hideo Umino, 88 tahun, melakukan perampokan, sementara Matsuda adalah sopir yang melarikan diri, dan Watanabe bertanggung jawab menjual barang curian tersebut.

Ilustrasi pria tua sedang beristirahat (Unsplash @andressalas)Ilustrasi pria tua sedang beristirahat (Unsplash @andressalas)

Polisi memulai penyelidikan setelah pemilik salah satu rumah yang dirampok memberi tahu mereka tentang barang curian. Setelah memeriksa rekaman pengawasan dan melacak barang-barang yang dicuri, mereka terkejut saat mengetahui bahwa kejahatan tersebut terkait dengan tiga orang tua yang dilaporkan perlu didukung secara fisik oleh petugas polisi selama penangkapan mereka. Ketika diinterogasi tentang kejahatan mereka, ketiga penjahat lanjut usia tersebut mengatakan bahwa mereka melakukannya “untuk mencari nafkah”.

Baca Juga: Mencicipi Sirloin Gyukatsu nan Juicy dan Lembut di Restoran Beef Katsu ala Jepang yang Autentik

Menariknya, pada awal tahun ini, kami menulis tentang sekelompok penjahat lansia yang sangat mirip di Italia yang melakukan serangkaian perampokan bersenjata sebelum ditangkap. Pemimpin mereka adalah penjahat kawakan berusia akhir 60an dan 70an.

Meskipun pencuri berusia 70-an dan 80-an mungkin bukan hal yang biasa, mengingat masyarakat Jepang mengalami penuaan yang sangat cepat, tidak mengherankan jika tingkat kejahatan di kalangan lansia di negara tersebut meningkat dalam beberapa tahun terakhir.

Editor: Aprilo Ade Wismoyo

Tag:  #yang #berumur #tahun #geng #kakek #perampok #mengguncang #jepang #curi #perhiasan #wiski

KOMENTAR