Si Jago Merah Mengamuk di Taman Nasional Kanada, Kota Jasper Dikepung Api!
Ilustrasi kebakaran hutan. [DESIREE MARTIN / AFP]
15:44
25 Juli 2024

Si Jago Merah Mengamuk di Taman Nasional Kanada, Kota Jasper Dikepung Api!

Salah satu dari dua kebakaran hutan yang mengancam kota Jasper di taman nasional terbesar Pegunungan Rocky Kanada meluas ke kota pada hari Rabu dan mulai membakar gedung-gedung.

Pejabat Taman Nasional Jasper mengatakan api memasuki tepi selatan komunitas tersebut pada Rabu malam dan para kru sedang memadamkan beberapa kebakaran struktural dan berupaya melindungi infrastruktur utama.

Petugas pemadam kebakaran hutan dan petugas lainnya yang tidak memiliki alat bantu pernapasan diminta untuk mengungsi ke kota terdekat, Hinton, sementara petugas pemadam kebakaran struktural tetap berada di belakang.

Juru bicara Parks Canada James Eastham mengatakan kepada wartawan di luar Jasper bahwa kota itu dipenuhi asap dan “telah terjadi kerusakan struktural.”

Baca Juga: Mau Kerja di Kanada Seperti Tengku Firmansyah? Ini Syarat dan Cara Mendapatkannya!

Petugas pemadam kebakaran berusaha memadamkan api kebakaran hutan di bagian timur laut Tenerife, Kepualuan Canary, Spanyol, Kamis (17/8/2023). [Handout / UME / AFP]Petugas pemadam kebakaran berusaha memadamkan api kebakaran hutan di bagian timur laut Tenerife, Kepualuan Canary, Spanyol, Kamis (17/8/2023). [Handout / UME / AFP]

“Saat ini saya belum bisa memastikan berapa jumlahnya, lokasinya, atau bangunan spesifiknya. Api terus menyala,” ujarnya.

Parks Canada mengatakan petugas pemadam kebakaran berupaya menyelamatkan “sebanyak mungkin bangunan dan melindungi infrastruktur penting, termasuk instalasi pengolahan air limbah, fasilitas komunikasi, Trans Mountain Pipeline, dan lainnya.”

Beberapa jam sebelumnya, banyak petugas pertolongan pertama diperintahkan keluar dari Taman Nasional Jasper demi keselamatan mereka.

Jasper terancam oleh kebakaran dari utara dan selatan, dan 5.000 penduduk kota – bersama dengan 20.000 pengunjung taman lainnya, melarikan diri dalam waktu singkat pada Senin malam ketika api berkobar.

Perdana Menteri Kanada, Justin Trudeau. (Ludovic MARIN / AFP)Perdana Menteri Kanada, Justin Trudeau. (Ludovic MARIN / AFP)

Perdana Menteri Justin Trudeau mengatakan mereka “memobilisasi setiap sumber daya yang diperlukan.” Perdana Menteri Alberta Danielle Smith mengatakan dia “patah hati.”

Baca Juga: Sumber Uang Tengku Firmansyah saat Tinggal di Indonesia, Kini Banting Setir Jadi Tukang Besi di Kanada

Jumlah kebakaran hutan yang mencapai rekor tertinggi pada tahun 2023 memaksa lebih dari 235.000 orang di seluruh Kanada untuk mengungsi dan menimbulkan asap tebal di beberapa bagian Amerika, yang menyebabkan langit berkabut dan peringatan kesehatan di beberapa kota di Amerika.

Kebakaran di utara terlihat 5 kilometer (sekitar 3 mil) dari Jasper pada hari sebelumnya. Kebakaran di bagian selatan dilaporkan terjadi pada jarak 8 kilometer (sekitar 5 mil) dari kota, namun Katie Ellsworth dari Parks Canada mengatakan hembusan angin kencang yang bertiup di belakangnya menyebabkan kebakaran tersebut melaju kencang.

Editor: Aprilo Ade Wismoyo

Tag:  #jago #merah #mengamuk #taman #nasional #kanada #kota #jasper #dikepung

KOMENTAR