Kisah Nyata! Selama 9 Tahun Alami Sakit Luar Biasa, Pria Ini Masih Hidup Meski Ada Pecahan Kaca di Hatinya
Ilustrasi Kisah Nyata! Selama 9 Tahun Alami Sakit Luar Biasa, Pria Masih Hidup Meski Ada Pecahan Kaca di Hatinya. (dokumen polisi)
16:32
23 Juli 2024

Kisah Nyata! Selama 9 Tahun Alami Sakit Luar Biasa, Pria Ini Masih Hidup Meski Ada Pecahan Kaca di Hatinya

Mungkin publik bertanya-tanya ketika mendengar pemberitaan ini. Pasalnya, meski sudah 9 tahun mengalami sakit luar biasa antaran ada pecahan kaca di hatinya yang menancap, seorang pria di Rusia ini masih hidup.

Kisah nyata ini dibagikan pria asal Rusia yang mengalami rasa sakit dan ketidaknyamanan di bawah tulang rusuknya selama sembilan tahun terakhir.

Dia tak menyangka dan sangat terkejut saat mengetahui ada pecahan kaca berukuran 9 cm yang tertanam di hatinya.

Pria itu sudah berusia 53 tahun yang tidak disebutkan namanya. Kisah nyata ini dibagikan dia dan mengatakan kepada dokter di Rumah Sakit Klinis Regional Kirov, di Rusia, bahwa ia telah lama mengalami rasa sakit dan ketidaknyamanan yang tajam di sisi kanan tubuhnya.

Baca Juga: Diabetes Anak Meroket 70 Kali Lipat! IDAI: Batasi Susu UHT, Perbanyak Real Food

Setelah akhirnya memutuskan untuk mencari pertolongan medis atas masalahnya, ia menjalani CT scan yang menunjukkan adanya benda tajam tertancap di lobus kanan hatinya.

Ketika dokter menanyakan benda apa itu, pasien mengatakan kepada mereka bahwa dia tidak tahu, karena dia tidak memiliki riwayat trauma, dan dia juga tidak dapat mengingat kejadian di mana benda tajam bisa masuk ke tubuhnya.

Setelah mengoperasi pria tersebut secara laparoskopi, ahli bedah mengeluarkan pecahan kaca sepanjang 9 cm dari hatinya.

“Kami takjub ketika melihat sepotong kaca berukuran 88x15x7mm dengan tepi tajam pada monitor endoskopi,” kata salah satu ahli bedah kepada media dilansir Selasa (23/7/2024).

“Saat operasi, ditemukan benda asing itu ditutupi kapsul jaringan ikat. Beginilah cara tubuh merespons masuknya benda asing ke dalam jaringan. Ini mengembangkan peradangan aseptik, dan kapsul terbentuk di sekitar benda asing, memisahkannya dari jaringan sehat," imbuhnya.

Baca Juga: RI Tekor Rp10 Triliun Per Tahun, Eks Menteri ESDM Minta Prabowo Benahi Polusi Udara

Tampaknya, pria berusia 53 tahun tersebut sangat beruntung bisa hidup dengan benda asing yang tertanam di hatinya selama lebih dari 9 tahun, karena benda tersebut dapat dengan mudah menyebabkan peradangan bernanah dan abses, sehingga memerlukan pembedahan darurat.

Meski begitu, prosedur laparoskopi untuk menghilangkan pecahan kaca ini sangat rumit karena pasokan darah yang kaya ke hati dan konsistensinya yang lembut, namun para ahli bedah berhasil melakukannya tanpa komplikasi apa pun.

Foto-foto pecahan kaca tersebut telah menjadi viral di media sosial Rusia, membuat orang bertanya-tanya bagaimana pria tersebut menanggung rasa sakit yang ditimbulkannya selama hampir satu dekade sebelum akhirnya menemui dokter mengenai hal tersebut.

Editor: Andi Ahmad S

Tag:  #kisah #nyata #selama #tahun #alami #sakit #luar #biasa #pria #masih #hidup #meski #pecahan #kaca #hatinya

KOMENTAR