Panas Ekstrem, Cara Unik Kebun Binatang di Florida Bikin Satwa Tetap 'Segar'
Ilustrasi Berang-Berang. (Pixabay.com/veverkolog)
15:00
23 Juli 2024

Panas Ekstrem, Cara Unik Kebun Binatang di Florida Bikin Satwa Tetap 'Segar'

Harimau Malaya dan kura-kura Aldabra berasal dari daerah yang panas dan lembab, namun bukan berarti mereka tidak menikmati makanan beku di hari musim panas Florida yang terik.

Suhu di Florida Selatan pada bulan ini telah mencapai 90an Fahrenheit (pertengahan 30an Celcius) dengan kelembapan mencapai 70%, sehingga menghasilkan suhu yang “terasa seperti” yang biasanya melebihi 100 F (38 C).

Staf di Kebun Binatang & Masyarakat Konservasi Palm Beach menggunakan berbagai teknik untuk menjaga hewan mereka tetap sejuk. Penjaga kebun binatang melemparkan tumpukan besar es ke dalam kandang beruang hitam agar hewan-hewan tersebut dapat berkubang, sehingga kolam mereka menjadi dingin hingga suhu 74 F (23 C). Berang-berang mendapatkan balok es dan ikan beku yang dilemparkan ke dalam air untuk bermain dan makan.

Ilustrasi harimau sumatera. (Shutterstock)Ilustrasi harimau sumatera. (Shutterstock)

Harimau berpesta dengan makanan yang lebih cerdik. Mereka memasukkan tulang sapi beku ke dalam balok es, bersama dengan susu kambing beku. Kucing besar juga suka berenang.

Baca Juga: Hadapi Suhu Panas Ekstrem, Mahasiswi Indonesia Bagikan Tutorial Bertahan Hidup di India

Kura-kura raksasa, yang berasal dari pulau-pulau di Samudera Hindia, menikmati pancuran air dingin dari selang, yang dapat mereka rasakan melalui cangkangnya.

“Meskipun semua hewan kami telah menyesuaikan diri dengan cuaca Florida Selatan, mereka mencari cara untuk mendinginkan diri selama hari-hari panas, sama seperti kami,” kata Mike Terrell, kurator pengalaman hewan di kebun binatang. “Semua hewan yang kami miliki di kebun binatang ini dipilih secara khusus karena mereka terbiasa dengan iklim hangat. Jadi mereka sangat senang berada di lingkungan yang tinggi, panas tinggi, dan kelembapan tinggi.”

Para tamu kebun binatang senang menyaksikan hewan-hewan itu menenangkan diri dan anak-anak menempelkan wajah mereka ke kaca agar dapat melihat lebih jelas, kata Terrell.

Ilustrasi Otter atau Berang-berang (wikipedia/bernard landgraf)Ilustrasi Otter atau Berang-berang (wikipedia/bernard landgraf)

“Kami sangat menyukai cetakan hidung,” kata Terrell.

Mencari tahu aktivitas pendinginan apa yang disukai hewan memerlukan sedikit percobaan dan kesalahan, katanya.

Baca Juga: Bangkit dari Pandemi, Gembira Loka Zoo Yogyakarta Tetap Eksis Lestarikan Satwa

“Mereka benar-benar memberi tahu kami apa yang mereka sukai,” kata Terrell. “Kami dapat mengambil tebakan terbaik kami, tetapi jika kami memberi mereka sesuatu yang tidak mereka sukai atau mereka tidak berinteraksi dengannya, kami tidak akan terus memberikannya kepada mereka.”

Editor: Aprilo Ade Wismoyo

Tag:  #panas #ekstrem #cara #unik #kebun #binatang #florida #bikin #satwa #tetap #segar

KOMENTAR