Selamat Tinggal Susu Sapi! Startup yang Disokong Bill Gates Ciptakan Mentega Vegan dari Karbon Dioksida
Ilustrasi mentega (freepik.com)
12:44
20 Juli 2024

Selamat Tinggal Susu Sapi! Startup yang Disokong Bill Gates Ciptakan Mentega Vegan dari Karbon Dioksida

Savor, sebuah startup berbasis di California yang didukung oleh pengusaha legendaris Bill Gates, telah menemukan metode untuk memproduksi lemak seperti mentega hanya dari karbon dioksida dan hidrogen.

Berawal dari gagasan bahwa semua lemak terdiri dari rantai atom karbon dan hidrogen, Savor mematenkan proses termokimia untuk membangun molekul lemak dan kemudian menghasilkan alternatif bebas susu dibandingkan produk seperti susu, mentega, keju, dan es krim yang tidak hanya memiliki teksturnya sama dengan aslinya tetapi rasanya juga sama.

Proses ini tidak melepaskan gas rumah kaca, dan tidak menggunakan lahan pertanian dan kurang dari seperseribu air dibandingkan pertanian tradisional, sehingga lemak sintesis ini memiliki jejak karbon yang jauh lebih rendah dibandingkan lemak hewani sebenarnya. Sejauh ini, uji rasa menunjukkan bahwa alternatif Savor selain mentega memiliki rasa yang hampir tidak dapat dibedakan dari aslinya, namun perusahaan masih memiliki banyak tantangan yang harus diatasi sebelum memasarkannya.

“Kami saat ini sedang melakukan pra-komersial dan mengupayakan persetujuan peraturan untuk dapat menjual mentega kami,” kata Kathleen Alexander, CEO Savor. “Kami tidak berharap dapat melanjutkan penjualan apa pun setidaknya hingga tahun 2025.”

Baca Juga: Bill Gates Bakal Berikan Vaksin Polio Buat Jemaah Haji di Arab Saudi

Dalam postingan blog baru-baru ini, pendiri dan filantropis Microsoft, Bill Gates, menjelaskan bahwa Savor mempunyai peluang nyata untuk menghasilkan alternatif mentega yang sukses, karena versi mereka “rasanya sangat enak – seperti aslinya, karena secara kimia memang demikian.” Hal ini adalah sesuatu yang dihadapi oleh banyak startup lain. Banyak orang yang enggan mencoba makanan alternatif yang diproduksi di laboratorium, jadi rasa adalah komponen yang sangat penting.

“Mereka memulai dengan fakta bahwa semua lemak terbuat dari berbagai rantai atom karbon dan hidrogen,” tulis Gates dalam sebuah postingan blog. “Kemudian mereka mulai membuat rantai karbon dan hidrogen yang sama – tanpa melibatkan hewan atau tumbuhan. Mereka akhirnya mengembangkan proses yang melibatkan pengambilan karbon dioksida dari udara dan hidrogen dari air, memanaskannya, dan mengoksidasinya untuk memicu pemisahan asam lemak dan kemudian pembentukan lemak.”

Miliarder teknologi ini juga menyoroti pentingnya alternatif makanan hewani seperti mentega versi Savor dalam mengurangi jejak karbon kita. Industri peternakan menyumbang 14,5 persen emisi rumah kaca global, dan dengan meningkatnya populasi manusia, emisi juga diperkirakan akan meningkat, kecuali kita melakukan sesuatu untuk mengatasinya.

“Tantangan terbesarnya adalah menurunkan harga sehingga produk seperti Savor’s dapat terjangkau oleh banyak orang – baik dengan harga yang sama dengan lemak hewani atau lebih murah,” tulis Gates.

Mentega yang disintesis dengan CO2 dan hidrogen tampaknya hanyalah permulaan. Savor memiliki rencana untuk membuat susu, keju, dan es krim, antara lain, dalam waktu yang tidak terlalu lama.

Baca Juga: Kurma Butter Lagi Viral di Malaysia, Begini Tips Membuatnya

Editor: Aprilo Ade Wismoyo

Tag:  #selamat #tinggal #susu #sapi #startup #yang #disokong #bill #gates #ciptakan #mentega #vegan #dari #karbon #dioksida

KOMENTAR