Seorang Ibu Meninggal Akibat Memakan Jamur Beracun yang Ada di Sushi
Donna terbaring lemah saat racun dari jamur perlahan-lahan menghancurkan hati dan ginjalnya. (KBZK & Pixabay)
18:03
23 April 2024

Seorang Ibu Meninggal Akibat Memakan Jamur Beracun yang Ada di Sushi

 - Seorang ibu asal Montana, Amerika Serikat menemui ajal yang berkepanjangan, dan menyakitkan setelah makan jamur beracun mentah dari Tiongkok di sebuah restoran sushi.

Perempuan tersebut menghabiskan hari-hari terakhirnya dengan mengatakan kepada orang-orang yang dicintainya, "Saya tidak yakin dapat bertahan hidup lebih lama lagi," demikian yang diungkapkan oleh suaminya.

Dikutip dari KBZK, perempuan tersebut bernama Donna Ventura, berusia 64 tahun tersebut jatuh sakit parah akibat keracunan makanan hanya satu jam setelah mengkonsumsi sushi yang berisi salmon, dan jamur morel di sebuah restoran lokal, Dave's Sushi.

Dia kemudian menghabiskan dua minggu berikutnya dengan putus asa untuk bertahan hidup, di unit perawatan intensif di Bozeman Deaconess Regional Medical Center disaat racun dari jamur tersebut perlahan-lahan menghancurkan hati dan ginjalnya.

Sebelum meninggal, penyakitnya telah merusak tenggorokannya sehingga ia tidak dapat berbicara. Donna hanya bisa berkomunikasi dengan mencoret-coret pesan dengan spidol merah.

"Saya tidak yakin bisa bertahan lebih lama lagi, bagaimana kita akan bertahan, saya tidak tahan dengan rasa sakitnya'," kata suaminya, Jon Ventura yang menuturkan kata-kata terakhir istrinya.

"Pesan terakhir yang ia tulis adalah untuk saya dan putra kami, dimana ia menulis, 'Aku mencintaimu,' serta untuk putra kami, ia menulis, 'Aku mencintaimu, Tn. C'."

Menurut Departemen Kesehatan Gallatin County setempat, mengungkapkan jika Donna adalah salah satu dari dua orang yang meninggal karena penyakit pencernaan setelah makan di restoran sushi tersebut di tahun 2023.

Penyelidikan menunjukkan jamur morel yang diimpor dari Tiongkok sebagai sumber wabah tersebut, demikian ungkap Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit, serta setidaknya 51 orang jatuh sakit.

Meskipun jamur morel umumnya dianggap dapat dimakan, Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit memperingatkan bahwa jamur ini harus dimasak dengan sempurna untuk mencegah potensi efek toksik.

"Sungguh tidak masuk akal untuk berpikir bahwa tindakan sederhana seperti makan siang, akan berakhir dengan memasukkannya ke unit perawatan intensif," kata Ventura.

Pada hari-hari terakhirnya, Ventura mengatakan bahwa istrinya yang saat itu sangat kesakitan, dan menambahkan bahwa kulitnya terasa kencang, serta cairan menumpuk di dalam tubuhnya.

Dia bersumpah di ranjang kematian Donna untuk meminta pertanggungjawaban atas apa yang telah mereka (pihak yang menyajikan jamur morel) lakukan padanya.

Setelah penyelidikan, Ventura menggugat restoran tersebut dengan tuntutan kematian yang tidak semestinya. Restoran sushi ini sempat tutup beberapa saat setelah kejadian tersebut, namun dibuka kembali pada bulan berikutnya.

"Saya sangat mengkhawatirkan orang-orang yang makan di Dave's Sushi," kata Ventura.

"Jika Anda melihat catatan yang tersedia di Departemen Kesehatan Gallatin County, mereka telah melakukan beberapa pelanggaran kode kesehatan."

New York Post mencoba menghubungi pengacara yang mewakili Dave's Sushi, namun hingga saat ini pihak terkait belum memberikan tanggapan.

Editor: Nicolaus Ade

Tag:  #seorang #meninggal #akibat #memakan #jamur #beracun #yang #sushi

KOMENTAR