Hamas Dituduh Pakai Senjata Selundupan dari Iran, Rusia dan Korut Diselundupkan Via Mesir
Penembak runduk sniper Brigade Al Qassam, sayap militer Hamas dengan senjata Al Ghoul dan amunisi berkaliber 12,7 mm yang diklaim sebagai buatan lokal hand made mereka. Unit sniper Brigade Al Qassam dikenal dengan unit Aynun Nasr. 
11:00
16 Januari 2024

Hamas Dituduh Pakai Senjata Selundupan dari Iran, Rusia dan Korut Diselundupkan Via Mesir

– Militan Hamas dituduh menggunakan senjata selundupan yang berasal dari banyak negara seperti China, Rusia, Korea Utara dan Iran.

Sebuah laporan dari Associated Press mengatakan bahwa Hamas menggunakan senjata yang dipasok oleh sejumlah negara untuk berperang melawan Israel.

“Senapan sniper dari Iran, enapan serbu AK-47 dari China dan Rusia, Granat berpeluncur roket buatan Korea Utara dan Bulgaria serta Roket anti-tank diam-diam dipasang di Gaza,” kata Associated Press (AP) dalam laporan tersebut.

Senjata-senjata tersebut diklaim merupakan hasil penyelundupan dan berhasil melewati blokade selama 17 tahun dengan tujuan menghentikan penumpukan militer.

Persenjataan tersebut juga terbukti mematikan, di mana para pejuang Hamas biasanya hanya dipersenjatai dengan apa yang dapat mereka bawa dan menggunakan taktik tabrak lari melawan keunggulan Israel dalam hal senjata dan teknologi.

“Kami mencari senjata ke mana-mana, mencari dukungan politik, mencari uang,” ujar Ghazi Hamad, juru bicara Hamas dalam sebuah wawancara dengan AP baru-baru ini, sembari menolak untuk membahas secara spesifik siapa yang menyediakan senjatanya atau bagaimana mereka bisa masuk ke Gaza.

Meskipun para ahli di bidang militer mampu mengidentifikasi ciri-ciri dan tanda-tanda yang menunjukkan di mana sebagian besar senjata yang digunakan oleh pejuang Hamas diproduksi, mereka tidak memberikan bukti apakah senjata tersebut disediakan oleh pemerintah negara-negara tersebut atau dibeli di pasar gelap Timur Tengah yang berkembang pesat.

“Sebagian besar senjata mereka berasal dari Rusia, China, atau Iran, namun senjata Korea Utara dan senjata yang diproduksi di negara-negara bekas Pakta Warsawa juga ada di gudang senjata tersebut,” kata N.R. Jenzen-Jones, pakar senjata militer yang merupakan direktur Layanan Penelitian Persenjataan yang berbasis di Australia.

Seorang pejabat militer Israel yang mengetahui persenjataan Hamas mengatakan kelompok tersebut menggunakan kombinasi persenjataan “siap pakai” yang diselundupkan, termasuk AK-47, RPG dan rudal anti-pesawat, serta banyak koleksi senjata buatan dalam negeri.

“Ada industri militer/pertahanan yang sangat besar di Jalur Gaza,” kata pejabat tersebut, yang berbicara tanpa mau disebutkan namanya berdasarkan aturan pengarahan militer.

Pejabat tersebut mengatakan, sebagian besar senjata selundupan diyakini dibawa melalui Mesir dan umumnya mudah dibeli serta tidak perlu dipasok oleh negara asal.

Israel Tuduh Iran Pasok Senjata ke Hamas

Pasukan Pertahanan Israel dan para pejabat Amerika Serikat telah lama menuduh Iran memasok uang, pelatihan serta senjata kepada Hamas dan militan sekutunya di Gaza, termasuk Jihad Islam Palestina.

Perwakilan Iran di PBB tidak menanggapi email dari AP tentang apakah pemerintah mereka memasok senjata ke Hamas, termasuk senapan sniper AM-50 Sayyad.

Editor: Choirul Arifin

Tag:  #hamas #dituduh #pakai #senjata #selundupan #dari #iran #rusia #korut #diselundupkan #mesir

KOMENTAR