Reaksi AS Terhadap Serangan Iran pada Area Dekat  Konsulat AS di Irak, Begini Kata Adrienne Watson
Presiden AS Joe Biden dan Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu di Tel Aviv pada 18 Oktober 2023. 
10:50
16 Januari 2024

Reaksi AS Terhadap Serangan Iran pada Area Dekat Konsulat AS di Irak, Begini Kata Adrienne Watson

Tanggapan Pemerintahan Joe Biden terhadap serangan Iran pada area dekat dengan konsulat Amerika Serikat di Irak.

Pemerintahan Biden mengutuk serangan Iran di dekat Konsulat Amerika Serikat di Irak.

Pemerintahan Biden mengecam Korps Garda Revolusi Islam Iran karena melancarkan serangan rudal di dekat Konsulat AS di Erbil di wilayah semi-otonom Kurdistan Irak pada Senin malam.

Gambaran besarnya, Juru bicara Dewan Keamanan Nasional Adrienne Watson mengatakan dalam sebuah pernyataan melalui email pada Senin malam bahwa para pejabat AS telah melihat laporan klaim IRGC bahwa mereka menargetkan “pusat spionase” Israel dan target lainnya dan mencatat tidak ada personel atau fasilitas Amerika yang menjadi sasaran yang ditargetkan.

Dewan Keamanan Wilayah Kurdistan mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa serangan rudal balistik tersebut menewaskan sedikitnya empat warga sipil dan melukai enam lainnya.

Adrienne Watson mengatakan para pejabat AS telah melacak rudal-rudal tersebut, yang berdampak di Irak utara dan Suriah utara.

IRGC mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa mereka menggunakan rudal balistik untuk menghancurkan pusat spionase dan pertemuan kelompok teroris anti-Iran di wilayah tersebut malam ini, menurut media pemerintah. Kelompok itu mengatakan mereka juga menyerang ISIS di Suriah.

Dalam pernyataan selanjutnya yang disiarkan oleh kantor berita IRNA yang dikelola pemerintah Iran, IRGC mengklaim “pusat spionase” Israel di Erbil termasuk di antara sasarannya.

“Kami telah berhubungan dengan pejabat senior Irak serta pejabat di Wilayah Kurdistan,” kata Watson.

“Iran mengklaim ini sebagai respons terhadap serangan teroris di Kerman, Iran, dan Rask, Iran, dengan fokus pada ISIS,” tambahnya.

“Kami akan terus menilai situasi, namun indikasi awal menunjukkan bahwa ini adalah serangkaian serangan yang ceroboh dan tidak tepat. Amerika Serikat mendukung kedaulatan, kemerdekaan, dan integritas wilayah Irak.”

Sementara itu, juru bicara Departemen Luar Negeri AS Matthew Miller mengatakan dalam pernyataan Senin malam bahwa AS mengutuk keras serangan Iran di Erbil hari ini dan menyampaikan belasungkawa kepada keluarga mereka yang terbunuh.

Dia menambahkan AS menentang serangan rudal Iran yang ceroboh, yang merusak stabilitas Irak dan mendukung pemerintah Irak dan wilayah Kurdistan. Secara terpisah, Gubernur Erbil Omed Khoshnaw mengecam apa yang disebutnya sebagai "serangan teroris, tindakan tidak manusiawi yang telah dilakukan" terhadap kota tersebut, menurut media Kurdi Irak, Rûdaw.

Milisi pro-Iran telah melakukan lebih dari 100 serangan terhadap pasukan Amerika di Suriah dan Irak sejak perang Israel-Hamas dimulai pada bulan Oktober, dan AS melakukan beberapa serangan sebagai pembalasan.

Iran sebelumnya telah menyerang wilayah Kurdistan di Irak utara, mengklaim wilayah tersebut memiliki hubungan dengan “musuhnya”, Israel, dan merupakan tempat persembunyian separatis Iran.

Tidak ada tanggapan segera dari pemerintah Israel terhadap ledakan tersebut.

(Sumber: Axios)

Tag:  #reaksi #terhadap #serangan #iran #pada #area #dekat #konsulat #irak #begini #kata #adrienne #watson

KOMENTAR