Israel Mempertimbangkan Langkah Selanjutnya, Nasib Timur Tengah Berada di Ujung Tanduk
Israel Mempertimbangkan Langkah Selanjutnya, Nasib Timur Tengah Berada Di Ujung Tanduk. (Sumber Foto: Anadolu/Getty Images)
18:03
14 April 2024

Israel Mempertimbangkan Langkah Selanjutnya, Nasib Timur Tengah Berada di Ujung Tanduk

 – Kabinet perang Benjamin Netanyahu akan bertemu untuk memutuskan tanggapan Israel terhadap serangan pesawat tak berawak dan rudal Iran.

Dilansir dari The Guardian, Minggu (14/4), para menteri Netanyahu melakukan pemungutan suara pada tengah malam untuk mendelegasikan keputusan itu kepada kabinet perang kecil.

Orang-orang itu terdiri dari Netanyahu, menteri pertahanan Yoav Gallant dan Benny Gantz, lawan Netanyahu yang bergabung dengan pemerintah sebagai menteri tanpa jabatan setelah serangan Hamas pada 7 Oktober.

Ketiga negara yang bersaing ketat ini akan menentukan langkah selanjutnya, dan nasib kawasan kini berada di tangan mereka.

Di saat-saat menegangkan menjelang rapat kabinet perang, Netanyahu dan Biden berbicara melalui telepon selama 25 menit, di mana menurut beberapa laporan di media Israel, presiden AS mendesak agar mereka menahan diri.

Biden mengeluarkan pernyataan beberapa menit setelah pembicaraan telepon tersebut, ia tidak memberikan nasihat eksplisit kepada Netanyahu.

Namun ia mencatat bahwa dengan bantuan AS, hampir semua drone dan rudal yang masuk telah berhasil dijatuhkan.

Menurut Biden, kapasitas pertahanan yang luar biasa itu dengan sendirinya merupakan pesan yang jelas kepada musuh-musuhnya bahwa mereka tidak dapat secara efektif mengancam keamanan Israel.

Menjelang serangan Iran, para pejabat AS telah berhipotesis bahwa proyektil Iran akan jatuh di gurun dan tidak menimbulkan korban jiwa yang signifikan.

Jika hal ini terjadi, para pejabat memperkirakan, Washington akan mendesak keras agar Israel tidak melakukan tindakan gegabah.

Editor: Nicolaus Ade

Tag:  #israel #mempertimbangkan #langkah #selanjutnya #nasib #timur #tengah #berada #ujung #tanduk

KOMENTAR