Hari Ke-187 Perang Israel-Hamas: Warga Palestina Rayakan Lebaran di Tengah Dengungan Drone di Langit
Suasana Salat Idul Fitri 1445 H di Jabalia, Gaza. Di malam takbiran, Selasa (9/4/2024), serangan udara Israel menyasar kamp Nuseirat di Gaza tengah menewaskan sedikitnya 14 warga Palestina, di antaranya termasuk empat anak-anak. 
16:40
10 April 2024

Hari Ke-187 Perang Israel-Hamas: Warga Palestina Rayakan Lebaran di Tengah Dengungan Drone di Langit

Berikut ini rangkuman peristiwa yang terjadi dalam perang Israel-Hamas hari ke-187 pada Rabu (10/4/2024).

Warga Palestina merayakan hari raya Idul Fitri 1445 H pada Rabu (10/4/2024).

Pada malam takbiran, Selasa (9/4/2024), serangan udara Israel menyasar kamp Nuseirat di Gaza tengah menewaskan sedikitnya 14 warga Palestina, di antaranya termasuk empat anak-anak.

Tareq Abu Azzoum dari Al Jazeera mengatakan warga Palestina di Rafah mulai merayakan lebaran di tengah dengungan drone Israel di atas langit.

Sekretaris Jenderal PBB Antonio Guterres mengungkapkan kesedihannya atas kekerasan dan kesulitan yang dialami umat Islam di Gaza dan di tempat lain dalam ucapan tahunannya pada Idul Fitri.

“Hati saya hancur mengetahui bahwa di Gaza, Sudan dan banyak tempat lainnya, karena konflik dan kelaparan, banyak umat Islam tidak dapat merayakan Idul Fitri dengan baik,” kata Guterres dalam pesan video yang diunggah di X.

Dalam pesan ucapan “Idul Fitri”, Perdana Menteri Australia Anthony Albanese mengakui bahwa “penderitaan di Gaza berarti banyak warga muslim Australia akan merayakan Idul Fitri dengan kesedihan”.

Hari Ke-187 Perang Israel-Hamas:

Perjuangan dan krisis kemanusiaan

  • Secara terpisah, para pemimpin dunia mengakui penderitaan di Gaza dan Sudan dalam pesan Idul Fitri mereka pada hari Rabu (10/4/2024).
  • Menteri Luar Negeri Amerika Serikat (AS), Antony Blinken mengatakan Israel belum memberi tahu Washington mengenai tanggal spesifik dimulainya invasi ke kota Rafah.

    Meski demikian, pejabat AS dan Israel masih berkomunikasi untuk memastikan rencana tersebut.

Diplomasi dan ketegangan geopolitik

  • Dalam sebuah wawancara yang diterbitkan pada Selasa (9/4/2024), Presiden Joe Biden menyebut pendekatan Perdana Menteri Israel, Benjamin Netanyahu terhadap perang di Gaza adalah sebauh "kesalahan".

    Secara terpisah, di hari yang sama, Netanyahu menyinggung bahwa tidak ada kekuatan di dunia yang bisa menghentikan rencananya untuk melenyapkan Hamas.
  • Beberapa anggota keluarga para tawanan yang ditahan oleh Hamas bertemu dengan Wakil Presiden AS Kamala Harris di Gedung Putih pada hari Selasa (9/4/2024).

    Mereka menyerukan kesepakatan guna memastikan pembebasan orang yang mereka cintai dan menerapkan gencatan senjata sementara di Gaza.
  • Dalam sidang pada hari Selasa (9/4/2024), Menteri Pertahanan Lloyd Austin mengatakan kepada Komite Angkatan Bersenjata Senat bahwa AS tidak “memiliki bukti” bahwa Israel melakukan genosida di Gaza.
  • Menteri Luar Negeri Irlandia Micheal Martin mengatakan kepada situs berita lokal The Journal pada hari Selasa (9/4/2024) Irlandia akan mengakui negara Palestina “dalam beberapa minggu ke depan”.

(Tribunnews.com, Andari Wulan Nugrahani)

Editor: Febri Prasetyo

Tag:  #hari #perang #israel #hamas #warga #palestina #rayakan #lebaran #tengah #dengungan #drone #langit

KOMENTAR