Rusia Dituding Akan Jadikan Kota Kharkiv Sebagai 'Zona Abu-abu' Tak Berpenghuni
Bom FAB-1500 seberat 1,5 ton Rusia dipercaya dijatuhkan ke berbagai daerah di Ukraina untuk membumihanguskan wilayah tersebut. 
16:40
8 April 2024

Rusia Dituding Akan Jadikan Kota Kharkiv Sebagai 'Zona Abu-abu' Tak Berpenghuni

Serangan bertubi-tubi terus dilancarkan oleh Rusia di Kota Kharkiv atau Kharkov, Ukraina.

Berbagai jenis amunisi mengarah ke kota tersebut hingga warganya memilih untuk angkat kaki meninggalkan kota di selatan Ukraina itu.

Sementara sejumlah infrastruktur energi dihancurkan membuat warga Kharkiv tak mendapatkan listrik.

Masifnya serangan tersebut membuat media The Economist menuding Rusia ingin membuat kota terbesar kedua di Ukraina itu menjadi "zona abu-abu" yang tidak dihuni oleh warga sipil.

Sebelum perang, Kharkiv dihuni oleh sekitar 2 juta orang, akan tetapi saat ini kota itu ditinggalkan sebagian besar warganya. Mereka memilih mengungsi ke luar negeri.

Kini hanya ada 300 ribu orang yang berani menghuni Kharkiv.

Meski dituding bakalan jadi wilayah kelabu, namun Ihor Terekhov, Walikota Kharkiv, membantah keras hipotesis tersebut.

Dalam sebuah wawancara yang dilakukan di sebuah lokasi rahasia di kawasan industri, Terekhov mengatakan penduduk kotanya tidak punya niat untuk menyerah.

"Bagaimana Anda bisa membuat kota seperti ini menjadi zona abu-abu? Orang-orang tidak akan pergi, karena mereka sudah pergi, lalu kembali. Mereka sudah cukup tersiksa," kata Terekhov dikutip dari Pravda.

Terekhov menyatakan bahwa cukup sulit untuk memasok listrik ke kota tanpa pembangkit listrik atau trafo yang berfungsi, namun mereka telah berhasil melakukannya.

“Jika saya memberi tahu Anda bagaimana kami melakukannya, itu juga akan menjadi sasaran,” tambahnya.

The Economist mencatat bahwa banyak masalah Kharkiv akan terpecahkan jika Barat menyediakan lebih banyak sistem pertahanan udara atau jet tempur F-16 yang dapat memukul mundur jet tempur Rusia yang membawa bom layang.

Ia menambahkan bahwa Rusia menghancurkan beberapa unit pertahanan udara Patriot yang dipasok Barat yang digunakan Ukraina untuk melindungi kota-kota seperti Kharkiv.

Niat sebenarnya dari Rusia masih belum jelas pada saat ini, meskipun ada tanda-tanda tertentu bahwa Rusia sedang mempersiapkan serangan besar-besaran di musim panas.

“Sumber Ukraina yang mengetahui gambaran intelijen mengatakan Rusia saat ini melatih enam divisi (sekitar 120.000 tentara) di Siberia timur,” kata artikel itu.

Tank Ukraina sedang menembakkan pelurunya ke pasukan Rusia Tank Ukraina sedang menembakkan pelurunya ke pasukan Rusia (Staf Umum Angkatan Bersenjata Ukraina)

The Economist percaya bahwa "Kharkiv adalah salah satu dari beberapa kemungkinan arah serangan Rusia di masa depan".

Ini bukan kemungkinan yang paling mungkin terjadi, namun sudah banyak diikuti oleh media Rusia.

“Hal ini mungkin menunjukkan adanya kampanye informasi Kremlin untuk menakut-nakuti penduduk Kharkiv. Atau bisa juga merupakan isyarat ke arah kubu pro-perang yang melakukan agitasi untuk memberikan tanggapan yang lebih keras terhadap serangan yang sering dilakukan Ukraina di Belgorod, yang juga menyebabkan kegelisahan di kalangan Barat,” demikian tulis media Inggris tersebut.

The Economist mengakui bahwa operasi militer untuk menyerang Kharkiv akan menjadi misi yang sangat rumit bagi Rusia.

“Merebut kota ini memerlukan terobosan pertahanan Ukraina dan mengepungnya, yang mana Rusia sama sekali tidak mampu melakukannya; membangun superioritas udara, yang tidak bisa dipastikan; dan memenangkan kampanye berdarah di perkotaan.”

Serangan Rudal

Pada serangan terakhir hari Sabtu (6/4/2024) pagi, Rusia menggunakan puluhan rudal dan drone Shahed menghancurkan sejumlah gedung dan fasilitas energi.

Pravda mengabarkan, pejabat setempat mengatakan sebanyak delapan orang tewas dan 12 lainnya luka-luka setelah serangan rudal Rusia menghantam kota Kharkiv di Ukraina.

Serangan merusak bangunan tempat tinggal, pompa bensin, taman kanak-kanak, kafe, toko dan mobil, kata gubernur wilayah Kharkiv Oleh Syniehubov.

Tank Ukraina bertempur di garis depan Donbass, timur Ukraina Tank Ukraina bertempur di garis depan Donbass, timur Ukraina (Kementerian Pertahanan Ukraina)

Rusia menembakkan 32 drone Shahed buatan Iran dan enam rudal ke Ukraina semalam, menurut komandan angkatan udara.

Pada Sabtu sore, serangan lanjutan di Kharkiv menewaskan satu orang dan menyebabkan satu orang lagi terluka, kata Wali Kota Kharkiv Ihor Terekhov.

Pasukan pertahanan udara Ukraina menembak jatuh tiga rudal jelajah dan 28 drone, kata Letnan Jenderal Mykola Oleshchuk dalam sebuah pernyataan.

“Pembunuh Rusia terus meneror warga Ukraina dan menyerang Kharkiv serta kota-kota damai lainnya,” katanya.

Militer Rusia belum mengomentari serangan tersebut namun mengatakan Ukraina menembakkan roket Vampir ke Rusia pada Sabtu pagi.

Kesepuluh pesawat tersebut ditembak jatuh di wilayah perbatasan Rusia di Belgorod oleh sistem pertahanan udara, kata Kementerian Pertahanan Rusia.

Serangan itu terjadi setelah Ukraina melakukan "serangan terkoordinasi" pada Jumat dini hari terhadap pangkalan udara militer di Rusia, dengan sasaran pesawat tempur Rusia.

Operasi tersebut termasuk serangan terhadap pesawat pembom tempur SU-34, yang telah digunakan oleh militer Rusia untuk menyerang pasukan Ukraina di Ukraina, kata sumber Ukraina kepada Sky News.

Serangan 24 Jam Terakhir

Sementara media pemerintah Ukraina, Ukrinform menyebutkan, dalam 24 jan terakhir 76 pertempuran tercatat di garis depan Ukraina.

Musuh melancarkan tujuh serangan rudal, 104 serangan udara, dan 108 serangan MLRS terhadap posisi pasukan Ukraina dan wilayah berpenduduk.

Staf Umum Angkatan Bersenjata Ukraina mengatakan hal ini dalam pembaruan situasi operasionalnya.

“Pada malam hari, penjajah Rusia kembali menyerang Ukraina, menggunakan 24 UAV Shahed. Pasukan pertahanan udara Ukraina menghancurkan 17 UAV tempur,” kata pernyataan itu.

Selama sehari terakhir, serangan udara Rusia menghantam Hremyach di wilayah Chernihiv; Kharkiv dan Berestove di wilayah Kharkiv; Chasiv Yar, Diliyivka, New York, Novobakhmutivka, Netailove, Pervomaiske, Novoselivka Persha, Ocheretyne, Yasnobrodivka, Novomykhailivka, Vodiane, Urozhaine, Staromayorske di wilayah Donetsk; Orikhiv, Robotyne, Mala Tokmachka di wilayah Zaporizhzhia.

Lebih dari 100 pemukiman di wilayah Chernihiv, Sumy, Kharkiv, Luhansk, Donetsk, Zaporizhzhia, Dnipropetrovsk, Kherson, dan Mykolaiv berada di bawah tembakan artileri musuh.

Situasi di sektor Volyn dan Polissia sebagian besar masih tidak berubah.

Di sektor Sivershchyna dan Slobozhanshchyna, musuh mempertahankan kehadiran militernya di daerah perbatasan, melakukan kegiatan subversif untuk mencegah pengerahan pasukan Ukraina ke sektor berbahaya dan meningkatkan kepadatan ladang ranjau di sepanjang perbatasan negara.

Musuh tidak melakukan operasi ofensif (penyerangan) di sektor Kupiansk.

Di sektor Lyman, tentara Ukraina berhasil menghalau dua serangan musuh di dekat Terny, wilayah Donetsk, dimana musuh mencoba menerobos pertahanan pasukan Ukraina.

Di sektor Bakhmut, tentara Ukraina berhasil menghalau 31 serangan di wilayah Bilohorivka di wilayah Luhansk; Chasiv Yar, Spirne, Vyimka, Fedorivka, Rozdolivka, Vesele, Bohdanivka, Ivanivske, Klishchiivka, Andriivka di wilayah Donetsk.

Di sektor Avdiivka, pasukan bertahan Ukraina berhasil menghalau delapan serangan di dekat Pervomaiske, Nevelske dan Netailove di wilayah Donetsk, tempat musuh mencoba mengusir unit Ukraina dari posisi mereka.

Di sektor Novopavlivka, TNI terus menahan musuh di wilayah Krasnohorivka, Pobeda, dan Novomykhailivka, dimana musuh dengan dukungan pesawat mencoba menerobos pertahanan pasukan Ukraina sebanyak 22 kali.

Di sektor Orikhiv, musuh menyerang posisi pembela Ukraina sebanyak 5 kali di dekat Staromayorske di wilayah Donetsk; Robotyne di wilayah Zaporizhzhia.

Di sektor Kherson, musuh terus berupaya mengusir unit Ukraina dari pijakan mereka di tepi kiri Sungai Dnipro. Jadi, selama sehari terakhir, musuh melakukan delapan serangan yang gagal terhadap posisi pasukan pertahanan.

Sehari yang lalu, pesawat Ukraina menyerang satu pos komando Rusia, lima sistem rudal anti-pesawat, satu menara komunikasi, dan 13 kelompok tenaga kerja, senjata dan peralatan militer.

Unit pasukan rudal Ukraina menghancurkan satu sistem rudal anti-pesawat, satu stasiun kendali UAV, satu sistem artileri, tiga kelompok tenaga kerja, senjata dan peralatan militer.

Editor: Hendra Gunawan

Tag:  #rusia #dituding #akan #jadikan #kota #kharkiv #sebagai #zona #berpenghuni

KOMENTAR