Imbas Gempa Taiwan, Tim Penyelamat Mencari Lebih dari 100 Korban yang Terjebak di Tengah Tanah Longsor dan Gempa Susulan
Seorang pria berdiri di dekat bangunan tempat tinggal yang sebagian runtuh di Hualien. (Sumber Foto: Daniel Ceng/EPA)
18:09
4 April 2024

Imbas Gempa Taiwan, Tim Penyelamat Mencari Lebih dari 100 Korban yang Terjebak di Tengah Tanah Longsor dan Gempa Susulan

 – Setelah terjadinya bencana, tim penyelamat berusaha menjangkau lebih dari 100 orang yang terjebak di kawasan pertambangan dan taman nasional setelah gempa bumi terkuat dalam beberapa dekade melanda Taiwan.

Dilansir dari The Guardian, upaya pencarian di sekitar kota Hualien yang paling parah terkena dampak di pantai timur telah terhambat oleh lebih dari 50 gempa susulan yang tercatat sejak gempa terjadi pada Rabu pagi, kata Badan Cuaca Pusat (CWA) Taiwan.

Badan Cuaca Pusat (CWA) Taiwan memperkirakan akan terjadi lebih banyak gempa dalam empat hari ke depan dengan kekuatan antara 6,5 dan 7 SR.

Sekitar 80 orang diyakini terjebak di area pertambangan, meski tidak jelas apakah mereka berada di dalam tambang saat gempa terjadi.

Sekitar 50 pekerja hotel diyakini terdampar di Taman Nasional Taroko setelah konvoi empat minibus mereka terjebak di jalan pegunungan akibat tanah longsor.

Sinyal telepon seluler menunjukkan bahwa mereka mungkin berlindung di sistem gua Jiuqiu, kata laporan lokal, dan tim penyelamat kini berusaha membersihkan jalan untuk menjangkau mereka.

Media lokal melaporkan bahwa empat kematian, tiga pejalan kaki dan satu pengemudi terjadi di taman tersebut setelah terjadi longsor batu.

Taiwan masih melakukan penilaian dampak gempa  mengingat kekuatan gempa berkekuatan 7,2 skala Richter menurut lembaga pemantau gempa, 7,4 skala Richter oleh Amerika Serikat, dan 7,7 skala Jepang.

Gempa ini merupakan yang terkuat di Taiwan sejak tahun 1999, ketika gempa berkekuatan 7,6 skala richter yang terjadi di 93 mil (150 km) selatan Taipei menewaskan 2.400 orang dan melukai 10.000 orang.

Sementara itu sejumlah pekerja darurat berusaha menopang bangunan-bangunan yang rusak dan menghancurkan bangunan-bangunan yang dianggap mustahil untuk diselamatkan.

“Saya takut akan terjadi gempa susulan, dan saya tidak tahu seberapa parah guncangannya,” kata seorang warga Hualien berusia 52 tahun, yang menyebut nama keluarganya sebagai Yu, saat dia berjalan menuju tempat perlindungan.

Editor: Nicolaus Ade

Tag:  #imbas #gempa #taiwan #penyelamat #mencari #lebih #dari #korban #yang #terjebak #tengah #tanah #longsor #gempa #susulan

KOMENTAR