Biden Diam-diam Izinkan Beli Bom dan Pesawat Tempur untuk Israel, Nilai Fantastis Miliaran Dolar AS
Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden dan sahabatnya Benjamin Netanyahu 
09:40
30 Maret 2024

Biden Diam-diam Izinkan Beli Bom dan Pesawat Tempur untuk Israel, Nilai Fantastis Miliaran Dolar AS

- Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden diam-diam telah mengizinkan pembelian bom  dan jet tempur senilai miliaran dolar untuk Israel.

Hal itu kata pejabat Departemen Luar Negeri dan Pertahanan AS yang tidak disebutkan namanya kepada surat kabar Washington Post, yang diterbitkan Jumat (29/3/2024). 

Senjata yang disetujui oleh presiden AS itu mencakup 1.800 bom MK84 seberat 2.000 pon dan 500 bom MK82 seberat 500 pon.

Diketahui Tel Aviv telah berjanji untuk melakukan serangan ke kota Rafah di selatan tempat sekitar 1,5 juta pengungsi mencari perlindungan meskipun ada peringatan akan dampak kemanusiaan yang akan terjadi.

Departemen Luar Negeri AS pekan lalu juga menyetujui pengalihan 25 jet tempur dan mesin F-35A, tambah seorang pejabat AS.

Pesawat dan mesinnya itu diperkirakan bernilai sekitar $2,5 miliar, mengutip Anadolu Agency.

Penjualan tersebut belum diberitahukan secara publik, dan tidak ada pengumumannya di situs Badan Kerja Sama Keamanan Pertahanan, di mana pemberitahuan semacam itu biasanya dipasang.

Hubungan Biden dan Netanyahu Dikabarkan Renggang 

Di sisi lain Biden dan Perdana Menteri (PM) Israel Benjamin Netanyahu dikabarkan semakin berselisih dalam beberapa pekan terakhir.

Yang terbaru adalah bentrokan setelah AS gagal memveto resolusi Dewan Keamanan PBB yang menuntut gencatan senjata segera di Gaza.

Netanyahu membalas dengan tiba-tiba membatalkan rencana kunjungan delegasi antarlembaga Israel ke Washington untuk membahas alternatif AS selain invasi Israel ke Rafah. 

Kini pertemuan tersebut dijadwalkan ulang. 

Namun perselisihan tersebut tampaknya tidak mempengaruhi kesediaan Biden untuk terus memasok senjata ke Israel.

Keputusan untuk secara diam-diam memberi lampu hijau pada senjata bernilai miliaran dolar ini muncul karena adanya tuntutan dari rekan Biden di Partai Demokrat yang mendesak presiden untuk menekan pengiriman senjata ke Israel lantaran perilaku militernya dan menghilangkan hambatan terhadap penyediaan bantuan kemanusiaan internasional yang masuk ke Gaza.

Dua minggu lalu, setengah lusin senator Partai Demokrat mengirim surat kepada Biden yang mendesaknya untuk menghentikan penjualan senjata ke Tel Aviv, karena saat ini Tel Aviv melanggar undang-undang tahun 1961 yang melarang penjualan senjata ke negara-negara yang menghalangi pengiriman bantuan Amerika.

“Amerika Serikat tidak boleh memberikan bantuan militer kepada negara mana pun yang mengganggu bantuan kemanusiaan AS,” tulis senator Bernie Sanders, Chris Van Hollen, Jeff Merkley, Mazie Hirono, Peter Welch, Tina Smith, Elizabeth Warren dan Ben Ray Lujan.

“Hukum federal sudah jelas, dan mengingat urgensi krisis di Gaza, dan berulang kali penolakan PM Netanyahu untuk mengatasi kekhawatiran AS mengenai masalah ini, tindakan segera diperlukan untuk menjamin perubahan kebijakan oleh pemerintahannya,” tambah mereka.

(Tribunnews.com/Garudea Prabawati)

Editor: Facundo Chrysnha Pradipha

Tag:  #biden #diam #diam #izinkan #beli #pesawat #tempur #untuk #israel #nilai #fantastis #miliaran #dolar

KOMENTAR