Seorang Warga Jepang Tewas Usai Konsumsi Suplemen Penurun Kolesterol, 50 Lainnya Dirawat di RS
Benikoji Choleste Help, supplemen buatan Kobayashi Pharmaceutical Jepang yang membuat seorang warga meninggal dan 50 orang lainnya dirawat inap di rumah sakit. 
14:50
26 Maret 2024

Seorang Warga Jepang Tewas Usai Konsumsi Suplemen Penurun Kolesterol, 50 Lainnya Dirawat di RS

- Setidaknya seorang meninggal dunia akibat mengonsumsi suplemen Benikoji Choleste Help buatan Kobayashi Pharmaceutical, Jepang.

Sementara 50 orang lainnya dirawat inap di rumah sakit.

Menteri Kesehatan, Tenaga Kerja dan Kesejahteraan Jepang Keuzou Takemi marah karena terlambat menarik produk supplemen tersebut.

"Kami sangat menyesalkan bahwa lebih dari dua bulan telah berlalu antara laporan kasus pertama dan pengumuman penarikan sukarela, dan bahwa tidak ada informasi yang diberikan kepada pemerintah selama waktu itu dari produsen," kata Menteri Keuzou Takemi seusai rapat kabinet, Selasa (26/4/2024).

"Kami telah meminta pemerintah daerah secara nasional untuk melaporkan informasi apa pun tentang bahaya kesehatan, dan kami telah mulai memberikan informasi tentang penarikan di situs web Kementerian Kesehatan, Tenaga Kerja dan Kesejahteraan," ujarnya.

Pimpinan Kobayashi Pharmaceutical, kemarin sempat meminta maaf atas peristiwa ini.

Dia mengungkapkan hasil penelitian lebih lanjut, ternyata korban yang meninggal sempat terus membeli Benikoji Choleste Help, makanan dengan fungsi seharusnya untuk mengurangi kolesterol.

Pada tanggal 25 Maret, perusahaan mengungkapkan nomor seri 18 jenis produk yang mungkin mengandung bahan-bahan yang tidak terduga.

Korban meninggal disebut membeli nomor seri X304, H306, dan E301.

Nomor seri tertulis di sudut kiri bawah bagian belakang paket produk.

Kobayashi Pharmaceutical mengatakan bahwa mereka akan menarik seluruh produk itu terlepas dari nomor serinya.

Kobayashi Pharmaceutical telah mengumumkan bahwa mereka akan secara sukarela menarik tiga makanan kesehatan yang diproduksi oleh perusahaan, yakni Red Koji Choleste Help, Nattokinase Sarasara Grain GOLD, dan Naishi Help + Cholesterol.

● Toyama Pharmaceutical Co., Ltd., sebuah perusahaan farmasi di Kota Toyama, secara berurutan memberi tahu apotek nasional tentang penghentian penjualan dan penarikan sukarela dua produk makanan kesehatan, Redderm DX dan Rulen Gold.

● Produsen makanan Denshoku di Kota Tsuruga, Prefektur Fukui telah mengumumkan bahwa mereka akan secara sukarela menarik Soshokuan natto kinase.

Untuk jenis Makanan dan bumbu penarikan juga dilakukan.

● Kibun Foods, yang berkantor pusat di Tokyo, telah mengumumkan bahwa mereka akan secara sukarela menarik dua produk seperti (cumi-cumi domestik yang digunakan atau ikan asin).

Menurut situs web Kibun Foods, jika Anda mengirim produk ke tujuan yang ditentukan oleh perusahaan dengan cash on delivery, harga pembelian akan dikembalikan di kemudian hari.

● Otsuka Foods, yang berkantor pusat di Osaka, telah mengumumkan bahwa mereka akan secara sukarela menarik Awa Beni Tofu. Targetnya adalah mereka yang tanggal kedaluwarsanya hingga Juli tahun depan.

● Kanaya Hotel Bakery, sebuah perusahaan manufaktur dan penjualan roti yang berlokasi di Kota Nikko, Prefektur Tochigi, telah mengumumkan bahwa mereka akan secara sukarela menarik tiga produk: Strawberry Bread, Strawberry Roll, dan Spring Anpan.

Perusahaan meminta orang-orang yang telah membeli produk target untuk mengirim produk ke kantor pusat di Tozawa, Kota Nikko dengan cash on delivery, dan akan mengembalikannya di kemudian hari.

● Toko khusus kembang gula kacang Kota Nagoya (Mamefuku) telah memutuskan untuk secara sukarela menarik 13 produk seperti (Mamedakusan) dan (Ebishio Almonds). Untuk saat ini, kami akan menangguhkan penjualan produk target.

● ZEROPLUS, perusahaan produk mail-order yang berkantor pusat di Hakata-ku, Kota Fukuoka, telah mengumumkan penarikan sukarela "kerupuk keju kaya yang membantu menurunkan kolesterol jahat".

Kami menyerukan kepada mereka yang telah membelinya untuk mengembalikannya tanpa memakannya.

Makanan Kibun "Ikan Domestik atau Asin"

● Pembuat miso [Takeya], yang berkantor pusat di Prefektur Nagano, telah mengumumkan bahwa mereka akan menangguhkan sementara penjualan [Takeya Miso "Shiohikaeme Red Koji Tailoring" dan secara sukarela menariknya.

Produk ini hanya dijual di kantor penjualan langsung di Kota Suwa, Prefektur Nagano dan toko online di situs web perusahaan, sehingga tidak ada produk yang didistribusikan di supermarket.

● "Kecap Kimise" Prefektur Okayama telah mengumumkan bahwa mereka akan secara sukarela menarik dua jenis produk, "Miso koji merah lima butir" dan "Nasi koji merah matang lima butir".

Bahan baku ragi merah koji yang digunakan dikatakan memiliki nomor produk yang berbeda dari yang dilaporkan telah mengembangkan penyakit ginjal, tetapi karena diproduksi di pabrik yang sama, diputuskan untuk menariknya untuk keamanan.

Penarikan berlaku untuk miso yang dibeli setelah 1 Januari, dan nasi matang dengan tanggal kedaluwarsa 1 Juni atau lebih baru.

Perusahaan mendorong orang untuk mengirim barang secara tunai saat pengiriman jika mereka memilikinya.

● Kecap Fujiyoshi, pembuat kecap yang berlokasi di Kota Beppu, Prefektur Oita, telah mengumumkan bahwa mereka akan berhenti menjual dua produk, Genki Miso Cattleya dan Miso Kabosu Dressing, dan akan secara sukarela menariknya.

Menurut perusahaan, beberapa bahan baku yang digunakan adalah bahan baku ragi merah koji yang diproduksi oleh Kobayashi Pharmaceutical.

Sejauh ini, tidak ada bahaya kesehatan yang dikonfirmasi, tetapi sampai keamanan dikonfirmasi, penjualan produk target akan dihentikan, dan penarikan sukarela akan dilanjutkan terlepas dari tanggal pembuatan dan tanggal kedaluwarsa.

Ragi Merah

Penyebab kerusakan tubuh yang terkait kolesterol ternyata penggunaan bahan baku Ragi Merah. Kobayashi Pharmaceutical juga menggunakan bahan tersebut.

Pada tahun 2014, Komisi Keamanan Pangan Kantor Kabinet Jepang mengeluarkan peringatan mengenai ragi merah, yang menyatakan bahwa bahaya kesehatan yang diduga disebabkan oleh konsumsi suplemen yang berasal dari jamur ragi - ragi merah telah dilaporkan di Eropa.

Di Prancis, ada laporan kerusakan hati yang diduga terkait dengan konsumsi suplemen yang berasal dari jamur ragi merah, dan diperingatkan untuk berkonsultasi dengan dokter sebelum meminumnya.

Demikian pula UE atau Uni Eropa pada saat itu, mikotoksin "citrinin" diproduksi oleh beberapa jamur ragi merah dan hal itu telah menetapkan nilai dasar untuk dimasukkan ke dalam suplemen.

Di sisi lain, Kobayashi Pharmaceutical mengatakan bahwa "citrinin" belum terdeteksi dalam ragi merah, yang merupakan bahan baku suplemen.

Sementara itu bagi para UKM Handicraft dan pecinta Jepang yang mau berpameran di Tokyo dapat bergabung gratis ke dalam whatsapp group Pecinta Jepang dengan mengirimkan email ke: [email protected] Subject: WAG Pecinta Jepang. Tuliskan Nama dan alamat serta nomor whatsapp.

Editor: Dewi Agustina

Tag:  #seorang #warga #jepang #tewas #usai #konsumsi #suplemen #penurun #kolesterol #lainnya #dirawat

KOMENTAR