Kate Middleton Akhirnya Buka Suara, Umumkan Derita Kanker dan Jalani Kemoterapi
Kate Middleton merilis klarifikasi terkait rumor dan kontroversi dirinya beberapa waktu belakangan ini pada Jumat (22/4/2024). Ia akhirnya mengumumkan dirinya selama ini berusaha menutupi bahwa dirinya sedang melalui perawatan kanker 
06:50
23 Maret 2024

Kate Middleton Akhirnya Buka Suara, Umumkan Derita Kanker dan Jalani Kemoterapi

Teka-teki terkait drama yang sedang ditutup-tutupi oleh Kate Middleton dari muka publik akhirnya terungkap juga.

Pada Jumat (22/4/2024), sosok Putri Wales akhirnya mengungkapkan apa yang selama ini ia rahasiakan dari muka publik hingga menuai perhatian media.

Usut punya usut, Kate ternyata mencoba merahasiakan bahwa dirinya telah didiagnosis menderita kanker.

Dikutip Tribunnews dari Guardians, hal ini diungkapkan oleh istri Pangeran Wiliam tersebut dalam rekaman di taman Istana Windsor yang dibagikan oleh BBC.

Membuka pernyataannya dalam video tersebut, Kate mengaku dirinya saat ini berada dalam tahap awal menerima perawatan kemoterapi.

Dalam pesan pribadi tersebut Catherine menceritakan bahwa indikasi tersebut ditemukan setelah ia menjalani operasi perut besar pada bulan Januari lalu.

Sejak itu, dia telah menjadi bahan desas-desus liar oleh media gossip di Inggris yang kemudian membuat banyak spekulasi dan konspirasi di ruang publik dalam beberapa pekan terakhir.

Catherine mengatakan bahwa dirinya dan suaminya, Pangeran William, membutuhkan waktu untuk menjelaskan situasi kepada ketiga anak mereka, George yang berusia 10 tahun, Charlotte yang berusia delapan tahun, dan Louis yang berusia lima tahun.

"Ini tentu saja merupakan kejutan besar, dan William dan saya telah melakukan segala yang kami bisa untuk memproses dan mengelola ini secara pribadi demi kebaikan keluarga muda kami," kata dia.

"Seperti yang dapat Anda bayangkan, ini membutuhkan waktu. Ini membutuhkan waktu bagi saya untuk pulih dari operasi besar agar bisa memulai perawatan saya. Tetapi, yang paling penting, ini membutuhkan waktu bagi kami untuk menjelaskan segalanya kepada George, Charlotte, dan Louis dengan cara yang sesuai untuk mereka, dan untuk meyakinkan mereka bahwa saya akan baik-baik saja."

Raja Charles, 75 tahun, yang juga sedang menjalani perawatan kanker dan berada di rumah sakit pada waktu yang sama dengan Catherine pada bulan Januari, berbicara tentang kebanggaannya atas keberaniannya untuk berbicara ke publik seperti yang dilakukannya.

"Mengikuti waktu mereka di rumah sakit bersama, [Yang Mulia] 'telah tetap berhubungan erat dengan menantunya yang terkasih sepanjang beberapa pekan terakhir," kata Istana Buckingham.

"Kedua Yang Mulia 'akan terus menawarkan cinta dan dukungan mereka kepada seluruh keluarga dalam masa sulit ini'," lanjut pernyataan Istana.

Pihak Kerajaan Inggris juga mengatakan Catherine memulai perawatan kemoterapinya pada akhir Februari.

Catherine, mengenakan sweater putih dengan garis hitam, berbicara tanpa terlihat gugup tetapi menunduk sejenak ketika berbicara tentang kejutan keluarganya atas berita tersebut.

Pihak Kerajaan Inggris juga mengatakan Catherine telah ingin memberikan pembaruan medis untuk mengakhiri spekulasi yang dipicu oleh masuknya ke Klinik London pada tanggal 16 Januari untuk menjalani operasi perut besar.

Saat itu, pihak istana menolak untuk mengonfirmasi apa yang sedang diobati Catherine, tetapi mengatakan bahwa kondisinya tidak bersifat kanker.

"Beberapa bulan terakhir ini telah sangat sulit bagi seluruh keluarga kami, tetapi saya memiliki tim medis yang fantastis yang telah merawat saya dengan sangat baik, yang mana saya sangat bersyukur," ungkap Catherine

"Pada bulan Januari, saya menjalani operasi perut besar di London dan pada saat itu, diduga bahwa kondisi saya tidak bersifat kanker. Operasinya berhasil. Namun, tes setelah operasi menemukan bahwa kanker telah ada. Tim medis saya oleh karena itu menyarankan agar saya menjalani serangkaian kemoterapi pencegahan dan saya sekarang berada dalam tahap awal dari perawatan itu."

Catherine mengatakan bahwa dia telah bisa meyakinkan anak-anaknya bahwa dia akan sembuh dari diagnosa tersebut.

"Seperti yang saya katakan kepada mereka; Saya baik-baik saja dan semakin kuat setiap hari dengan fokus pada hal-hal yang akan membantu saya sembuh; dalam pikiran, tubuh, dan semangat saya," katanya.

"Memiliki William di samping saya adalah sumber kenyamanan dan jaminan yang besar juga. Demikian juga dengan cinta, dukungan, dan kebaikan yang telah ditunjukkan oleh begitu banyak dari Anda. Ini sangat berarti bagi kami berdua."

Dipahami bahwa diagnosa kanker adalah "masalah pribadi" yang menyebabkan William mundur dari sebuah upacara peringatan untuk bapak baptisnya, Raja Konstantinus II, pada akhir Februari.

Pasangan kerajaan ini, yang akan merayakan ulang tahun pernikahan ke-13 mereka bulan depan, telah menanggung berbagai desas-desus tentang kondisi Catherine.

Spekulasi tersebut semakin bergulir liar ketika foto resmi pertama Putri Wales yang dirilis setelah operasi perutnya dua bulan yang lalu dipanggil kembali oleh beberapa agensi foto terbesar di dunia atas klaim bahwa foto tersebut telah dimanipulasi.

Tak lama kemudian, ia mengeluarkan permintaan maaf publik atas "kebingungan" yang ditimbulkan oleh foto tersebut dan mengatakan bahwa dia bertanggung jawab atas pengeditan digital foto keluarga Hari Ibu.

Catherine meminta dalam pernyataan yang dikeluarkan pada Jumat untuk waktu dan ruang bagi dirinya untuk menyelesaikan perawatannya dan mengatakan bahwa dia berharap dapat kembali ke tugas kerajaan.

"Kami berharap bahwa Anda akan memahami bahwa, sebagai keluarga, kami sekarang membutuhkan waktu, ruang, dan privasi sementara saya menyelesaikan perawatan saya."

"Pekerjaan saya selalu memberi saya rasa sukacita yang mendalam dan saya berharap untuk melakukan hal itu kembali ketika jasmani saya bisa sehat kembali, tetapi untuk saat ini saya harus fokus untuk sembuh sepenuhnya."

"Pada saat ini, saya juga memikirkan semua orang yang hidupnya telah terpengaruh oleh kanker. Bagi semua orang yang menghadapi penyakit ini, dalam bentuk apa pun, jangan kehilangan iman atau harapan. Anda tidak sendiri," pungkasnya.

(Tribunnews.com/Bobby Wirartama)

Editor: Sri Juliati

Tag:  #kate #middleton #akhirnya #buka #suara #umumkan #derita #kanker #jalani #kemoterapi

KOMENTAR