Berikan Pemandangan Indah, Kawasan Oregon Dinobatkan Sebagai Suaka Langit Gelap Terbesar di Dunia
Berikan Pemandangan Indah, Kawasan Oregon Dinobatkan Sebagai Suaka Langit Gelap Terbesar di Dunia. Sumber foto: Joey Hamilton/Travel Oregon
14:57
17 Maret 2024

Berikan Pemandangan Indah, Kawasan Oregon Dinobatkan Sebagai Suaka Langit Gelap Terbesar di Dunia

 

 – Pedalaman Oregon, Amerika Serikat telah lama dianggap sebagai surga bagi para pengamat bintang karena memiliki langit cerah dan jarangnya pepohonan.  

Dilansir dari The Guardian, Minggu (17/3), kini wilayah Oregon menjadi rumah bagi suaka langit gelap terbesar di dunia, yang menawarkan pemandangan langit malam yang indah di lahan seluas 2,5 juta hektar.

Suaka langit gelap internasional pedalaman Oregon menerima sertifikasi minggu ini, menjadi yang terbesar dari 19 situs di seluruh dunia dengan sebutan yang sama.

Suaka ini mencakup daerah Lake di tenggara Oregon, sebuah daerah terpencil yang luasnya kira-kira setengah dari luas New Jersey, dan pada akhirnya dapat diperluas hingga mencakup lebih dari 11 juta hektar.

Langit di kawasan ini termasuk yang paling gelap di dunia, menurut pernyataan dari DarkSky International, dan sertifikasi ini akan memastikan kawasan tersebut tetap terlindungi.

“Seiring dengan meningkatnya populasi Oregon dan tren polusi cahaya, kualitas langit gelap di pedalaman akan menjadi tempat perlindungan bagi manusia serta satwa liar,” kata Dawn Nilson, konsultan lingkungan yang menulis laporan tersebut.

Wilayah gurun tinggi ini juga merupakan rumah bagi salah satu lokasi pemukiman manusia tertua yang diketahui di Amerika Utara dan bagian dari Jalur Terbang Pasifik.

Daerah ini merupakan jalan raya udara utama bagi burung-burung yang bermigrasi, dan merupakan habitat penting bagi domba bighorn dan burung belibis bijak.

Langitnya umumnya digambarkan sebagai hitam pekat, keterpencilan wilayah dan kurangnya kabel listrik sering kali mengejutkan pengunjung, menurut Travel Southern Oregon.

"Daerah ini sangat terpencil dan menakjubkan,” kata Bob Hackett, direktur eksekutif Travel Southern Oregon, yang membantu memfasilitasi nominasi.

***

Editor: Novia Tri Astuti

Tag:  #berikan #pemandangan #indah #kawasan #oregon #dinobatkan #sebagai #suaka #langit #gelap #terbesar #dunia

KOMENTAR