'Militer Rusia Paksa Warga Pendudukan Pilih Putin'
Foto spanduk pilpres Rusia 2024 
13:20
17 Maret 2024

'Militer Rusia Paksa Warga Pendudukan Pilih Putin'

Ukraina menuding Vladimir Putin melakukan kecurangan saat pemungutan suara di wilayah pendudukan Zaporizhzhia dan Kherson.

Di wilayah milik Ukraina yang direbut Moskow tersebut, pendukung Presiden Putin dituding mengarahkan warganya untuk memilih kandidat petahana.

Media-media lokal di Ukraina mengatakan, perwakilan panitia pemilu mendatangi warga dari rumah ke rumah warga didampingi oleh anggota militer.

Direktorat Intelijen Utama Kementerian Pertahanan Ukraina (GUR) menuding panitia pemilu dan tentara tersebut mengintimdasi agar mencoblos siapa yang harus dipilih.

"Para penjajah menekankan bahwa mereka dapat "menarik" lebih dari 200 persen suara untuk diktator Rusia, dan hasil "pemilihan" tersebut tidak akan berubah," demikian tulis GUR.

Sementara, jika warga wilayah pendudukan ini menolak memilih Putin, maka dianggap sebagai sikap anti-Rusia dan resikonya sangat berat.

GUR menekankan bahwa rezim Putin takut terhadap warga yang tidak setia yang dapat mengganggu stabilitas situasi selama pemilu palsu.

Itulah sebabnya di wilayah Kherson pada awal Maret, Rusia melakukan penyaringan dan menahan warga Ukraina yang tidak memiliki paspor Rusia.

Badan-badan intelijen menekankan bahwa pengusaha dan pendidik Ukraina di wilayah pendudukan berada di bawah tekanan “pemilu”.

Pertama, jika mereka menolak mendukung Putin, penjajah mengancam akan mencabut hak mereka untuk berwirausaha. Dan para pendidik terancam dipecat.

Dewan Keamanan PBB mengutuk diadakannya "pemilihan presiden" Federasi Rusia di wilayah pendudukan Ukraina

Para pensiunan di wilayah pendudukan diadili untuk disuap, atau dijanjikan “kehidupan yang lebih baik” dan “tunjangan sosial”.

GUR menegaskan, meski mendapat tekanan dan represi, warga TOT tidak mau ikut serta dalam pemilihan Presiden Federasi Rusia yang ilegal. Masyarakat melakukan perlawanan diam-diam terhadap penjajah, mengunci diri di rumah dan berusaha dengan segala cara untuk menghalangi pekerjaan perwakilan TPS keliling.

Ukraina Terus Menyerang

Sementara kantor berita pendukung Rusia, TASS mengabarkan Ukraina terus melakukan penyerangan saat pemilihan suara baik di wilayah pendudukan maupun di Rusia.

Beberapa wilayah Rusia diserang drone pada malam hari.

Menurut Kementerian Pertahanan Rusia, drone ditembak jatuh di Moskow (4), Belgorod (3), Kaluga (2), Oryol (1), Rostov (1), Yaroslavl (4), Kursk (3) dan Krasnodar (16) wilayah.

Berikut adalah fakta-fakta penting yang diketahui tentang insiden-insiden tersebut saat ini.
  • Walikota Moskow Sergey Sobyanin melaporkan dua drone jatuh di distrik kota Domodedovo dan masing-masing satu di distrik kota Ramensky dan Stupino. Berdasarkan laporan awal, tidak ada korban luka atau kerusakan.
  • Beberapa drone menyerang kilang minyak Slavyansky di Wilayah Krasnodar, menurut pusat anti-krisis regional. Kebakaran terjadi, namun segera padam.
  • Satu orang meninggal karena serangan jantung di Wilayah Krasnodar; pekerja kilang dievakuasi.
  • Tiga drone jatuh dalam upaya serangan terhadap fasilitas infrastruktur di Distrik Kirovsky Wilayah Kaluga, satu lagi jatuh di pinggiran Kaluga. Tidak ada kerusakan atau cedera yang terjadi, lapor Gubernur Vladislav Shapsha.
  • Empat drone jatuh di Wilayah Yaroslavl, tidak ada kerusakan atau cedera yang terjadi, kata Gubernur Mikhail Yevrayev.
  • Satu drone jatuh di Wilayah Rostov, konsekuensinya sedang diselidiki, kata Gubernur Vasiliy Golubev di saluran Telegram-nya.
Menyerang wilayah perbatasan
  • Menurut Gubernur Wilayah Belgorod Vyacheslav Gladkov, distrik kota Grayvoron diserang pada malam hari, yang menyebabkan sekitar selusin pemukiman tanpa aliran listrik. Bangunan tempat tinggal dan bangunan luar rusak.
  • Belakangan, empat drone Ukraina merusak pipa gas dan saluran listrik di pemukiman Oktyabrsky di Distrik Belgorod.
  • Pertahanan udara Rusia menjatuhkan rudal balistik S-200 di Wilayah Bryansk, lapor Gubernur Alexander Bogomaz.

Tag:  #militer #rusia #paksa #warga #pendudukan #pilih #putin

KOMENTAR