Masih Jadi Misteri, Penyebab Infeksi Berbahaya Streptokokus Melonjak Tinggi di Jepang
Masih Jadi Misteri, Penyebab Infeksi Streptokokus Berbahaya Melonjak Tinggi di Jepang./Sumber foto: The Guardian
15:33
15 Maret 2024

Masih Jadi Misteri, Penyebab Infeksi Berbahaya Streptokokus Melonjak Tinggi di Jepang

 

 - Para ahli memberi peringatan terkait adanya infeksi bakteri yang jarang namun berbahaya menyebar pada tingkat tertinggi di Jepang.

Dilansir dari The Guardian, Jumat (15/3), jumlah kasus tersebut pada tahun 2024 diperkirakan akan melampaui rekor tahun lalu.

Kekhawatiran juga semakin meningkat bahwa bentuk penyakit streptokokus grup A yang paling parah dan berpotensi mematikan, Sindrom Syok Toksik Streptokokus (STSS) akan terus menyebar.

Institut Penyakit Menular Nasional (NIID) mengatakan,“Masih banyak faktor yang tidak diketahui mengenai mekanisme di balik bentuk streptokokus fulminan (parah dan tiba-tiba), dan kami belum mampu untuk menjelaskannya.”

Angka sementara yang dikeluarkan NIID mencatat 941 kasus STSS dilaporkan pada tahun lalu, dimana dalam dua bulan pertama tahun 2024, 378 kasus telah tercatat, dengan infeksi teridentifikasi di semua prefektur kecuali dua dari 47 prefektur di Jepang.

Meskipun orang lanjut usia dianggap berisiko lebih besar, jenis virus grup A menyebabkan lebih banyak kematian di antara pasien berusia di bawah 50 tahun, menurut NIID.

Dari 65 orang berusia di bawah 50 tahun yang didiagnosis STSS antara Juli dan Desember 2023, sekitar sepertiganya, atau 21 orang, meninggal, lapor surat kabar Asahi Shimbun.

Sebagian besar kasus STSS disebabkan oleh bakteri yang disebut streptococcus pyogenes, atau lebih dikenal sebagai radang A.

Penyakit ini dapat menyebabkan sakit tenggorokan, terutama pada anak-anak, dan banyak orang yang mengidap tidak menyadarinya.

Namun bakteri yang menular dapat menyebabkan infeksi ini, di beberapa kasus juga mengakibatkan penyakit serius, komplikasi kesehatan, dan kematian terutama pada orang dewasa di atas 30 tahun.

Orang lanjut usia dapat mengalami gejala seperti pilek, namun dalam kasus yang jarang terjadi, gejalanya dapat memburuk seperti radang tenggorokan, radang amandel, pneumonia, dan meningitis.

***

Editor: Novia Tri Astuti

Tag:  #masih #jadi #misteri #penyebab #infeksi #berbahaya #streptokokus #melonjak #tinggi #jepang

KOMENTAR