Kim Jong Un Pamer Kendarai Tank Tempur Saat Sidak Latihan Militer
Presiden Korea Utara Kim Jong Un memamerkan kemampuan mengendarai tank tempur baru, aksi unjuk gigi itu dilakukan Jong Un di sela latihan penembakan oleh militer Korea Utara. 
21:40
14 Maret 2024

Kim Jong Un Pamer Kendarai Tank Tempur Saat Sidak Latihan Militer

Presiden Korea Utara Kim Jong Un memamerkan kemampuan mengendarai tank tempur baru di sela latihan penembakan oleh militer Korea Utara.

Lewat unggahan foto yang dirilis media lokal Korut KCNA, Kim Jong Un tampil mengenakan pakaian serba hitam.

Dia terlihat menyaksikan simulasi tembak menembak langsung dari pos komando lapangan, dengan didampingi para jendral tinggi Korut, termasuk Menteri Pertahanan Kang Sun Nam.

"Setelah meninjau awak tank, Pemimpin Kim Jong Un menaiki tank tempur utama tipe baru, Kim mengambil tuas kendali dan mengemudikan tank itu sendiri," ujar laporan KCNA, dikutip dari Reuters.

Tak dijelaskan secara spesifik terkait jenis tank apa yang digunakan Kim Jong dalam latihan kali ini.

Namun menurut juru bicara pemerintahan Korut tank yang dijajal Presiden Kim Jong Un merupakan tank keluaran terbaru yang diklaim paling kuat di dunia.

“Dia menyatakan kepuasan yang besar atas fakta bahwa tank tempur utama tipe baru berhasil menunjukkan kekuatan serangan dan kemampuan manuver yang sangat baik, menunjukkan kinerja militan yang luar biasa untuk pertama kalinya dalam pertandingan tankmen,” imbuh KCNA.

Simulasi perang ini digelar Presiden Kim pasca Korea Selatan dan AS menerjunkan 300 pasukan untuk melakukan latihan tahunan bersama di Lapangan Pelatihan Pemadam Kebakaran Seungjin di Pocheon yang berjarak 25 kilometer dari perbatasan kedua Korea.

Korsel menjelaskan latihan tersebut merupakan bagian dari pelatihan Freedom Shield yang dirancang untuk meningkatkan pencegahan terhadap ancaman nuklir dan rudal musuh.

Namun Presiden Kim Jong Un menganggap latihan yang digelar Korsel-AS sebagai sesuatu yang mengancam kedaulatan Pyongyang.

Alasan tersebut yang membuat Kim geram hingga akhirnya ia mengutus militer Korut untuk melakukan "operasi pembersihan" di dalam "fasilitas utama" Korea Utara sebagai bentuk antisipasi apabila terjadi serangan di Pyongyang.

Sebagai informasi latihan seperti ini bukan kali pertama yang dilakukan militer Korut, sejak awal 2024 Kim Jong Un diketahui aktif meningkatkan kapabilitas senjata dan telah melakukan lima uji coba rudal.

Untuk menggertak Korsel dan AS, Korut juga turut melakukan latihan live-fire Angkatan Bersenjata yang melibatkan puluhan peluncur roket dan howitzer self-propelled di dekat perbatasan Korsel.

Editor: Choirul Arifin

Tag:  #jong #pamer #kendarai #tank #tempur #saat #sidak #latihan #militer

KOMENTAR