CENTCOM: Bangkai Kapal Rubymar Inggris yang Tenggelam Bawa Malapetaka, Bisa Cemari Biota Laut Merah
TERBAKAR DAN TENGGELAM - Kapal Inggris Rubymar terbakar di Teluk Aden setelah diserang beberapa rudal oleh kelompok Houthi Yaman di Teluk Aden, di dekat Selat Bab Al-Mandab. Kapal akhirnya rusak parah dan akhirnya tenggelam 
19:20
3 Maret 2024

CENTCOM: Bangkai Kapal Rubymar Inggris yang Tenggelam Bawa Malapetaka, Bisa Cemari Biota Laut Merah

Bangkai kapal MV Rubymar asal Inggris yang tenggelam di Teluk Aden berpotensi membawa malapetaka bagi kehidupan biota laut di wilayah Laut Merah. Hal tersebut diungkap oleh Komando Pusat AS (CENTCOM) dalam pernyataannya di platform media sosial X.

“Tenggelamnya kapal curah menimbulkan risiko menimbulkan risiko bagi kehidupan laut,” CENTCOM, dikutip dari Aawsat

Dalam cuitannya, CENTCOM menjelaskan bahwa tenggelamnya kapal kargo Rubymar yang mengangkut 21.000 metrik ton pupuk kimia sangat berbahaya bagi ekosistem bawah laut, karena pelepasan pupuk dalam jumlah besar dapat merangsang pertumbuhan alga yang berlebihan.

Apabila hal tersebut terjadi maka keberadaan alga liar bisa menyerap banyak oksigen bawah laut, alhasil kehidupan terumbu karang, hutan bakau pesisir, dan beragam kehidupan laut merah tidak dapat bertahan hidup.

"Tenggelamnya kapal Rubymar adalah bencana lingkungan yang belum pernah dialami Yaman dan wilayah sekitarnya sebelumnya,” ujar Ahmed Awad bin Mubarak, menteri luar negeri di pemerintahan Yaman.

Selain merusak ekosistem laut, bangkai kapal Rubymar juga dapat menghambat kapal-kapal lainnya yang akan melakukan transit di jalur pelayaran sibuk di jalur air tersebut.

Untuk mencegah dampak lebih lanjut akibat tenggelamnya bangkai kapal kargo Rubymar, rencananya negara-negara di sekitar Laut Merah dalam waktu dekat akan menetapkan agenda pemantauan wilayah serta mengadopsi strategi pembersihan.

Kronologi Tenggelamnya Kapal Rubymar

Kejadian tenggelamnya Rubymar ini terjadi saat kapal kargo berbendera Belize dan milik Inggris tengah melakukan perjalanan dari Asia dan Timur Tengah menuju ke wilayah.

Namun pada 18 Februari kemarin, ketika kapal Rubymar tiba di di perairan Teluk Aden dekat wilayah Laut Merah, kapal ini secara tiba – tiba dirudal oleh Houthi Yaman. Pusat Operasi Perdagangan Maritim Inggris, yang memantau jalur air di Timur Tengah, juga mengakui tenggelamnya Rubymar pada Sabtu sore kemarin.

Tak ada korban jiwa dalam insiden tersebut, namun akibat serangan tersebut sebagian bodi kapal hangus terbakar sementara sisi lainnya nyaris tenggelam. Karena kondisinya yang memprihatinkan kapal itu akhirnya ditinggalkan begitu saja di Laut Merah.

Hingga seorang pejabat militer Yaman, mengkonfirmasi bahwa MV Rubymar tenggelam ke dasar Laut Merah.

"MV Rubymar tenggelam tadi malam, bertepatan dengan faktor cuaca dan angin kencang di laut," kata sel krisis pemerintah Yaman yang bertanggung jawab atas kasus tersebut dalam sebuah pernyataan di hari Sabtu.

Editor: Hendra Gunawan

Tag:  #centcom #bangkai #kapal #rubymar #inggris #yang #tenggelam #bawa #malapetaka #bisa #cemari #biota #laut #merah

KOMENTAR